Sambut Peringatan Hari Santri, Wamenag Jelaskan Kontribusi Santri pada Bangsa

Sambut Peringatan Hari Santri, Wamenag Jelaskan Kontribusi Santri pada Bangsa
Hari Santri Nasional 2020. ©2020 Merdeka.com
JATENG | 2 Oktober 2020 11:33 Reporter : Shani Rasyid

Merdeka.com - Sejarah peradaban Bangsa Indonesia tak bisa lepas dari peran para santri. Kemunculan dunia santri di negeri ini telah ada sejak masuknya Islam.

Pada saat itu, para Wali Songo mengajar para santri di padepokan-padepokan yang mereka dirikan. Oleh karena itu muncullah istilah pesantren. Di sana para santri tinggal menetap dan fokus belajar agama dengan para ulama atau kiayi yang kaya ilmu.

Setelah selesai belajar agama, para santri kemudian pulang ke daerah asal dan mengajarkan ilmu agama yang mereka peroleh kepada masyarakat setempat. Tak hanya itu, dari kalangan santri inilah muncul tokoh-tokoh besar Indonesia seperti pujangga Ronggowarsito dan pahlawan Perang Jawa, Pangeran Diponegoro.

Hal tersebut lah yang menjadikan Hari Santri layak diperingati setiap tahunnya setiap tanggal 22 Oktober. Seperti rilis yang diterima Merdeka.com, Wakil Menteri Agama (Wamenag) Zainut Tauhid Sa’adi mengatakan ada tiga alasan yang menunjukkan besarnya kontribusi santri kepada Indonesia. Berikut selengkapnya:

Baca Selanjutnya: Tiga Alasan Utama...

Halaman

(mdk/shr)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami