Suarakan Krisis Iklim dengan 'Sepatu', Ini Tiga Tuntutan Extinction Rebellion

Suarakan Krisis Iklim dengan 'Sepatu', Ini Tiga Tuntutan Extinction Rebellion
JATENG | 30 Agustus 2020 10:30 Reporter : Siwi Nur Wakhidah

Merdeka.com - Masih dalam semarak perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75, sekelompok anak muda yang menyebut diri mereka sebagai Extinction Rebellion (XR), melakukan Aksi Sepatu atau Shoe Strike. Aksi ini dilakukan di dua kota, Jakarta dan Yogyakarta, Sabtu (29/8) sore, secara bersamaan.

Berbeda dari aksi penyampaian aspirasi yang biasa dihadiri massa, XR melakukan inovasi kreatif. Gerakan non-partisan bertaraf internasional ini, mengajak masyarakat untuk menyumbangkan sepatu mereka sebagai perwakilan kehadiran. Masyarakat yang mendonasikan sepatu juga dapat menyampaikan aspirasi tentang krisis iklim lewat pesan di secarik kertas. Aksi Sepatu ini dipilih karena dianggap lebih aman, mengingat kondisi pandemi Covid-19 yang belum mereda.

“Dikarenakan krisis kesehatan pandemi Covid-19 yang belum teratasi di Indonesia, kami merasa belum sepenuhnya aman untuk masyarakat turun ke jalan dan menyuarakan aspirasinya. Sepatu-sepatu ini dikumpulkan secara sukarela dari selama 10 hari untuk mewakili suara masyarakat dan selanjutnya akan didonasikan ke beberapa yayasan yang membutuhkan. Aksi sepatu ini mewakili harapan akan bumi yang layak huni dan menuntut merdeka dari krisis iklim. Aksi ini dilangsungkan dengan protokol kesehatan ketat yang hanya melibatkan 15 relawan,” ujar Koordinator Nasional Extiction Rebellion Indonesia, Defri Nandi dalam siaran pers mereka.

Aksi ini juga disiarkan langsung lewat media sosial XR, dan diisi dengan orasi beberapa peserta. Di Jakarta, Aksi Sepatu dilakukan di depan Istana Merdeka, sedangkan di Yogyakarta, dilaksanakan di Monumen Serangan Umum 1 Maret, Malioboro.

Baca Selanjutnya: Aksi Sepatu di Jogja...

Halaman

(mdk/kho)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami