Suporter Semarang Gelar Doa Bersama untuk Korban Kanjuruhan, Bentuk Solidaritas

Suporter Semarang Gelar Doa Bersama untuk Korban Kanjuruhan, Bentuk Solidaritas
Solidaritas suporter Semarang untuk korban Tragedi Kanjuruhan. ©Instagram/@psisfcofficial
JATENG | 3 Oktober 2022 13:40 Reporter : Shani Rasyid

Merdeka.com - Tragedi Kanjuruhan menjadi duka bagi seluruh pelaku sepak bola Indonesia. Berbagai kelompok suporter hingga pemain, menggelar doa bersama untuk para korban yang meninggal dalam peristiwa itu.

Aksi ini juga dilakukan kelompok suporter sepak bola Semarang. Bersama para pemain dan ofisial tim PSIS Semarang, mereka menggelar doa bersama di Stadion Jatidiri pada Minggu (2/10).

Aksi ini merupakan bentuk belasungkawa sesama fans sepak bola. Tragedi Kanjuruhan menjadi peristiwa paling mengenaskan di sejarah sepak bola Indonesia.

2 dari 5 halaman

Tetap Datang ke Stadion

solidaritas suporter semarang untuk korban tragedi kanjuruhan

©Instagram/@psisfcofficial

Sejatinya, PSIS Semarang akan bertanding melawan Bhayangkara FC pada Minggu malam (2/10) pukul 20.30 WIB di Stadion Jatidiri, Semarang. Tiket sudah dijual, namun pertandingan itu dibatalkan sebagai imbas dari kerusuhan pada pertandingan Arema FC melawan Persebaya pada malam sebelumnya.

Walau pertandingan tidak jadi digelar, para suporter PSIS Semarang tetap datang ke stadion. Mereka memadati tribun utara dan selatan Stadion Jatidiri.

Bersama para manajemen dan pemain PSIS Semarang, mereka meneriakkan dukungan yel-yel untuk pendukung Arema FC, terutama yang menjadi korban dalam peristiwa Tragedi Kanjuruhan.

3 dari 5 halaman

Bentuk Solidaritas

solidaritas suporter semarang untuk korban tragedi kanjuruhan
©Instagram/@psisfcofficial

Kehadiran para pendukung PSIS Semarang beserta manajemen dan pemain itu merupakan bentuk solidaritas mereka atas Tragedi Kanjuruhan.

Sebagai rasa simbolis, mereka menyalakan lilin dan membentangkan spanduk bertuliskan “TAK ADA SEPAK BOLA YANG SEBANDING DENGAN NYAWA”.

Solidaritas dari kami PSIS Semarang bersama Panser Biru dan Snex di Stadion Jatidiri untuk mendoakan korban atas insiden di Stadion Kanjuruhan semalam. Kami turut berdukacita atas insiden di Stadion Kanjuruhan semoga seluruh korban mendapat tempat terbaik di sisi-Nya. Dari Semarang untuk Malang,” tulis akun Instagram resmi PSIS Semarang.

4 dari 5 halaman

Evaluasi Menyeluruh

solidaritas suporter semarang untuk korban tragedi kanjuruhan
©Instagram/@psisfcofficial

CEO PSIS Semarang A.S.Sukawijaya mengatakan pertandingan antara PSIS melawan Bhayangkara FC disepakati ditunda oleh kedua tim. Menurutnya, peristiwa di Kanjuruhan merupakan suatu musibah yang memukul sepak bola Indonesia.

"Kita sepakat menunda dan mengevaluasi secara menyeluruh," kata Sukawijaya dikutip dari ANTARA.

5 dari 5 halaman

Reaksi Ganjar Pranowo

solidaritas suporter semarang untuk korban tragedi kanjuruhan
©Instagram/@psisfcofficial

Kerusuhan yang terjadi di Stadion Kanjuruhan, Malang, mendapat perhatian dari banyak pihak, tak terkecuali Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo.

Dia berharap ada sebuah pertemuan besar yang melibatkan seluruh kelompok suporter di Indonesia untuk mencari solusi agar kejadian serupa tidak terulang lagi.

"Para suporter harus bisa menahan diri, saling menjaga. Kayaknya penting dibuat satu pertemuan, kongres antarsuporter agar mereka punya value bersama untuk kemudian mereka bisa saling menjaga. Sehingga setiap pertandingan ada code of conduct-nya, ada PAC yang bisa mengontrol teman-temannya sendiri,” kata Ganjar.

(mdk/shr)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini