Heboh Video Bullying Purworejo, Ini 4 Dampak Psikis yang Mungkin Akan Dialami Korban

Heboh Video Bullying Purworejo, Ini 4 Dampak Psikis yang Mungkin Akan Dialami Korban
JATENG | 14 Februari 2020 10:00 Reporter : Shani Rasyid

Merdeka.com - Kasus bullying kembali menggemparkan warganet Indonesia. Kali ini menimpa salah seorang siswi SMP di Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. Dalam sebuah video yang tersebar melalui media sosial Twitter, tampak tiga orang siswa SMP melakukan pemukulan terhadap seorang siswi yang tengah duduk.

Awalnya, siswi itu ditendang sekitar enam kali, dipukul sekali, dan sempat dipukul menggunakan sapu. Belum diketahui secara pasti motif pengeroyokan itu. Video ini mengundang berbagai reaksi negatif dari masyarakat.

Kasus bullying tidak bisa dianggap sepele. Menerima bully akan berdampak pada kondisi psikis korban, apalagi korban masih menginjak usia remaja. Di usia ini, kondisi emosional seseorang belum sepenuhnya matang. Berikut empat dampak psikis yang mungkin akan dialami oleh para korban bullying bila tidak ditangani dengan tepat:

1 dari 4 halaman

Timbul Rasa Takut dan Kurang Percaya Diri

Dikutip dari buku Bullying Mengatasi Kekerasan Di Sekolah Dan Lingkungan Sekitar Anak, anak-anak yang menjadi korban bullying kemungkinan akan menderita depresi dan kurang percaya diri dalam masa dewasa.

sendirian

TheRichest.com

Bahkan, seorang anak yang menjadi korban bullying akan takut bertemu anak-anak lain yang mem-bully dirinya. Termasuk kasus-kasus yang terjadi di sekolah. Para Korban bullying cenderung akan malas berangkat ke sekolah karena rasa takut yang dialaminya.

2 dari 4 halaman

Berdampak pada Kesehatan Fisik

Dampak selanjutnya yang bisa dialami korban bully adalah kesehatan fisik yang menurun. Orang yang terus-menerus di-bully akan membuat kondisi fisiknya mengalami penurunan dan dapat memicu penyakit lain.

Keluhan sakit fisik yang biasa dirasakan para korban bullying antara lain seperti sakit kepala, sakit perut, ketegangan otot, bahkan menurunnya daya tahan tubuh. Para korban bully biasanya selalu terlihat lemas dan tidak bersemangat, terlebih saat bertemu dengan para perundungnya.

3 dari 4 halaman

Jadi Anti Sosial

Anak-anak yang menjadi korban bullying cenderung akan menjadi pribadi yang anti sosial. Dia akan mengurung diri, tidak mau bergaul dengan teman sebayanya karena takut di-bully.

004 siti rutmawati

www.underworldtales.com

Bukannya meminimalisir perilaku bully, anak yang anti sosial ini akan tambah di-bully lagi karena tidak mau bergaul dengan kelompok. Pada akhirnya teman-temannya menjauh karena tidak mau berteman dengan korban bully. Ada kemungkinan, mereka tidak mau dekat dengan korban karena takut mendapat perlakuan yang sama.

4 dari 4 halaman

Ingin Bunuh Diri

Di Jepang, sebanyak 10 persen orang yang pernah menjadi korban bullying melakukan usaha bunuh diri paling tidak sekali. Bahkan, seorang siswa sekolah dasar di Ohio, Amerika Serikat tewas gantung diri menggunakan dasi karena di-bully oleh teman sekolahnya.Di sekolah, ia sering dipukuli oleh teman-temannya.

Selain itu, ada seorang remaja perempuan nekat menghabisi nyawanya sendiri dengan menembakkan pistol ke dada.

Di Bali, seorang anak berusia 15 tahun yang menjadi korban bullying tega membunuh teman yang sukamelakukan bullying padanya. Motif pembunuhan ini adalah dendam sejak kelas 1 SMP karena kerap menerima perlakuan tidak menyenangkan dari temannya itu.

Kasus-kasus bunuh diri dan pembunuhan tersebut merupakan dampak psikis pada korban bullying yang nyata. Perlu penanganan dan peran penting orang-orang di sekitar korban, agar tidak terjadi dampak negatif yang lebih mengerikan. (mdk/shr)

Baca juga:
Setop Perundungan di Sekolah
Ganjar Pertimbangkan Tutup SMP di Purworejo yang Jadi Tempat Perundungan
3 Siswa di Purworejo Aniaya Siswi karena Aksi Pemalakan Dilaporkan ke Guru
Ganjar Nilai Hukuman Pendidikan Militer bagi Pelaku Bullying Lebih Mengena
Cegah Kasus Bully di Purworejo Terulang, Ganjar Minta Setiap Sekolah Dipasang CCTV
Ganjar Rayu Korban Perundungan Purworejo Pindah ke Sekolah Khusus, Biaya Ditanggung

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami