Waspadai Ini Tanda-Tanda Melemahnya Sistem Imun Tubuh

Waspadai Ini Tanda-Tanda Melemahnya Sistem Imun Tubuh
sistem imun tubuh. ©2020 Merdeka.com/freepik
JATENG | 30 Desember 2020 23:41 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Pada masa pandemi seperti sekarang ini, menjaga kesehatan menjadi fokus utama agar kita sehat dan terjaga dari ancaman virus Corona Covid-19. Seperti menerapkan 3M, mencuci tangan selama 20 detik, memakai masker hingga menjaga jarak sangat diperlukan.

Tetapi, daya tahan tubuh yang kuat juga tidak boleh dilupakan. Pasalnya jika sistem imun tubuh lemah, tentunya menyebabkan tubuh mengalami penurunan kemampuan dalam melawan bakteri dan virus yang dapat menimbulkan penyakit.

Fungsi sistem imun atau sistem kekebalan tubuh sendiri adalah untuk melawan infeksi penyakit. Jadi, saat sistem imun kamu lemah, maka tubuh tidak dapat mempertahankan diri dari berbagai macam masalah kesehatan, penyakit pun akan lebih mudah menyerang.

Penyebab sistem imun lemah dan cara mengatasinya perlu benar-benar diperhatikan. Menjalankan pola hidup sehat dan mengonsumsi suplemen untuk meningkatkan imunitas tubuh bisa menjadi solusi saat sistem imun kamu lemah. Namun, seringkali sistem imun yang lemah tidak disertai gejala awal yang jelas sehingga banyak orang tidak menyadarinya.

Berikut Merdeka.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (30/12/2020), ini tanda-tanda melemahnya sistem imun tubuh.

1. Tingkat Stres Tinggi.

sistem imun tubuh
©2020 Merdeka.com/freepik

Tingkat stres tinggi bisa melemahkan sistem imun lemah tubuh. Sakit kepala, rasa sakit di dada, rasa gelisah, dan perasaan tegang secara keseluruhan merupakan gejala stres. Hampir semua orang mungkin pernah merasakan stres.

Berbagai gejala yang dirasakan saat stress tersebut dapat menyebabkan sistem kekebalan tubuh harus bekerja lebih keras untuk mempertahankan tubuh dari ancaman kesehatan.

2. Dehidrasi.

Dehidrasi juga dapat menjadi salah satu penyebab sistem imun lemah. Setiap jaringan dan organ di dalam tubuh bergantung pada air, karena membantu membawa nutrisi dan mineral ke sel, dan menjaga mulut, hidung, dan tenggorokan lembap, hingga untuk menghindari penyakit.

Meskipun tubuh terdiri dari 60 persen air, kamu kehilangan cairan melalui buang air kecil, buang air besar, berkeringat, dan bahkan bernapas. Dehidrasi terjadi ketika kamu tidak cukup mengganti cairan yang hilang.

Dehidrasi ringan hingga sedang terkadang sulit diidentifikasi, tetapi bisa menimbulkan penyakit. Gejala dehidrasi ringan hingga sedang dapat disalahartikan sebagai nyeri, kelelahan, sakit kepala, dan sembelit.

2 dari 2 halaman

3. Sering Pilek.

sistem imun tubuh
©2020 Merdeka.com/freepik

Jika kamu sering mengalami pilek atau meriang itu menjadi salah satu tanda melemahnya sistem imun tubuh. Pilek memang bisa sembuh dengan sendirinya hanya dalam hitungan hari. Sistem kekebalan tubuh juga membutuhkan tiga hingga empat hari untuk mengembangkan antibodi dan melawan patogen penganggu.

Namun, terus-menerus pilek dan meriang bisa menjadi tanda bahwa sistem kekebalan tubuh sedang kewalahan mengatasi gangguan yang ada pada tubuh kita.

4. Merasa Lelah.

JIka kamu merasa lelah sepanjang hari meski sudah cukup tidur, bisa jadi daya tahan tubuhmu sedang lemah. Hal ini terjadi karena sistem kekebalan tubuh juga turut mempengaruhi tingkat energi.

5. Proses Penyembuhan Luka Berangsur Lama.

Ketika kulit mengalami luka, tubuh akan bekerja untuk menyembuhkannya dengan mengirimkan darah kaya nutrisi agar terjadi regenerasi kulit baru. Namun, proses ini bergantung pada kekuatan sistem kekebalan tubuh. Jadi, sistem kekebalan tubuh yang lemah akan membuat regenerasi kulit berjalan lambat sehingga luka sulit sembuh.

Reporter: Dwiyana Pangesthi

(mdk/snw)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami