10 Jenis Makanan yang Cocok Disajikan Bersama Ketupat Saat Lebaran, Mudah Dibuat

10 Jenis Makanan yang Cocok Disajikan Bersama Ketupat Saat Lebaran, Mudah Dibuat
JATIM | 23 Mei 2020 13:03 Reporter : Rakha Fahreza Widyananda

Merdeka.com - Lebaran merupakan momen yang tepat untuk bersilaturahmi bersama keluarga. Momen yang indah dan hanya diperingati selama 1 tahun sekali ini biasanya dihabiskan dengan saling memaafkan. Selain itu, berkumpul bersama keluarga saat Lebaran akan lebih hangat pastinya jika ada acara makan-makan bersama.

Berbicara tentang makanan, Lebaran biasanya identik dengan adanya ketupat. Ketupat ini ternyata memiliki arti yaitu laku papat, atau empat perilaku yang dapat dijabarkan menjadi lebaran, luberan, leburan dan laburan. Ketupat biasanya terbuat dari beras dan dibungkus dengan daun janur.

Ketupat biasanya dimakan dengan beberapa sayur atau lauk. Rasa ketupat yang hambar dengan tekstur padat, paling nikmat dimakan dengan makanan berbumbu kuat. Misalnya makanan yang sangat pedas, bersantan dan lauk dari berbagai daging.

Beberapa makanan berkuah seperti opor ayam, gulai, ataupun rendang memang telah identik dengan perayaan lebaran. Namun perlu Anda ketahui juga, beberapa jenis makanan ternyata juga cocok disandingkan dengan ketupat saat momen lebaran tiba.

Makanan saat lebaran tidak melulu harus berkuah ataupun dimasak dengan santan yang kental. Namun, Anda bisa lebih bekreasi untuk menghidangkan sajian istimewa saat momen lebaran tiba.

Untuk mengetahui secara lebih rinci tentang jenis makanan yang cocok disajikan bersama ketupat saat lebaran, berikut kami rangkum 10 jenis makanan yang cocok disajikan bersama ketupat saat lebaran, yang dilansir dari Brilio.net

1 dari 10 halaman

Opor Ayam

ayam

© Shutterstock

Opor ayam, merupakan jenis makanan yang cocok disajikan bersama ketupat dan telah menjadi menu wajib saat perayaan lebaran. Perpaduan daging ayam empuk dengan kuah santan yang gurih sangat nikmat disantap bareng ketupat. Jika suka pedas, bisa tambahkan beberapa cabai pada opor ayam.

2 dari 10 halaman

Soto Ayam atau Daging

ilustrasi soto

©Instagram/velza_kuro

Soto menjadi jenis makanan yang cocok disajikan bersama ketupat saat lebaran. Pada hari biasa memang soto kerap disajikan dengan nasi, namun tidak ada salahnya untuk mencoba perpaduan soto dan ketupat. Kuah hangat yang gurih sangat nikmat dimakan bareng ketupat bertekstur padat.

3 dari 10 halaman

Gulai Kambing

kambing

©iStock

Gulai kambing merupakan jenis makanan yang cocok disajikan bersama ketupat saat lebaran. Padatnya ketupat akan sangat cocok disajikan dengan kuah kental yang ada pada gulai kambing.

Selain itu, gulai yang terbuat dari beberapa remah berbau kuat pastinya akan menggugah selera makan Anda dan menghangatkan momen Lebaran bersama keluarga di rumah.

4 dari 10 halaman

Sate Ayam

ilustrasi sate ayam

©Shutterstock

Jika Anda bosan dengan makanan yang berkuah, jenis makanan yang cocok disajikan saat lebaran selanjutnya adalah sate ayam. Rasa yang manis yang dihasilkan bumbu kacang bersama dengan gurihnya daging ayam yang dibakar akan sangat cocok disajikan bersama ketupat saat momen lebaran.

5 dari 10 halaman

Tahu Telur

ilustrasi tahu telur

©ResepKoki

Selain memiliki bahan yang murah dan mudah didapat, tahu telur juga menjadi jenis makanan yang cocok disajikan saat lebaran bersama ketupat selanjutnya.

Perpaduan tahu dan telur digoreng dan disiram dengan sambal kacang akan sangat nikmat bila disajikan dengan tambahan ketupat.

Selain mengenyangkan, menu ini juga cocok jika Anda tidak ingin repot mengeluarkan biaya namun dengan sajian yang tak kalah menarik dari menu yang lainnya.

6 dari 10 halaman

Bakso

ilustrasi bakso urat

©Shutterstock

Memang, bakso biasanya identik dengan makanan yang berkuah dan dipadukan dengan mie kuning ataupun bihun saat penyajiannya.

Namun, apabila Anda juga telah memasak ketupat sebelumnya, tidak ada salahnya untuk mencoba perpaduan gurihnya kuah bakso dan ketupat saat momen lebaran tiba. Selain itu, jangan lupa taburkan bawang goreng agar lebih nikmat.

7 dari 10 halaman

Pecel

002 tantri setyorini

©iStock

Jika Anda ingin tetap menginginkan khasiat sayuran hijau dalam hidangan lebaran Anda, tidak ada salahnya untuk memilih pecel sebagai jenis makanan yang cocok disajikan bersama ketupat saat lebaran.

Perpaduan ketupat, bumbu kacang, sayur segar, rempeyek dan gorengan dijamin akan menggugah selera makan Anda.

8 dari 10 halaman

Ayam dan Telur Balado

ilustrasi telur balado

©Shutterstock

Bagi Anda pecinta makanan pedas, cobalah untuk memasak ayam dan telur balado sebagai hidangan saat momen lebaran tiba.

Perpaduan rasa pedas dengan gurihnya ketupat akan sangat cocok disajikan saat momen lebaran tiba bersama keluarga Anda.

9 dari 10 halaman

Sayur Lodeh

resep sayur lodeh

©2020 Merdeka.com

Jenis makanan yang cocok disajikan bersama ketupat saat lebaran yang selanjutnya adalah sayur lodeh. Sayur lodeh sepertinya telah identik dan menjadi makanan kesukaan semua orang.

Sayur yang khas dengan bumbu santan dan rasa pedas ini cocok jadi makanan pendamping ketupat. Apalagi jika ditambahi bawang goreng, akan semakin terasa lezat dan gurih.

10 dari 10 halaman

Semur Daging

ilustrasi semur daging

©Shutterstock

Jenis makanan yang cocok disajikan bersama ketupat saat lebaran yang berikutnya adalah semur daging. Semur daging terkenal memiliki cita rasa yang gurih dengan aroma rempah yang nikmat.

Akan tambah nikmat jika ditambahkan dengan ketupat sebagai pengganti nasi saat momen lebaran tiba. Ketupat akan paling cocok jika disantap bareng kuah semur daging.

(mdk/raf)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami