11 Tempat Wisata Bali yang Ikonik dan Nyaman Dikunjungi untuk Refreshing

11 Tempat Wisata Bali yang Ikonik dan Nyaman Dikunjungi untuk Refreshing
JATIM | 23 April 2020 10:04 Reporter : Edelweis Lararenjana

Merdeka.com - Pulau Bali yang terletak di sebelah timur Pulau Jawa, merupakan pulau Dewata yang menjadi primadona pariwisata Indonesia. Ketenaran pulau Bali sudah mencapai taraf internasional, dan membuatnya masuk dalam jajaran daerah kunjungan wisata terbaik di dunia. Bali menawarkan banyak tempat wisata yang patut untuk dikunjungi.

Tempat wisata Bali terkenal dengan keindahan alam, pantai, dan juga budaya lokalnya. Hal ini menjadikan Bali sebagai tempat wisata paket lengkap bagi Anda yang ingin beristirahat sejenak dari kepenatan aktivitas sehari-hari.

Berikut adalah rekomendasi 11 tempat wisata Bali yang paling ikonik dan wajib Anda kunjungi apabila berlibur ke sana.

1 dari 11 halaman

1. Pura Luhur Uluwatu

wisata bali

2020 Merdeka.com

Pura Luhur Uluwatu adalah salah satu tempat wisata Bali yang terletak pada ujung atas tebing yang menjorok ke laut. Hal ini membuat Pura Luhur Uluwatu tidak hanya menawarkan suasana dan nuansa religius khas Bali, tetapi sekaligus menawarkan keindahan alam. Panorama alam dan keindahan pemandangan laut, langit, tebing dan matahari terbenamnya sangat sempurna untuk dinikmati.

Pura Luhur Uluwatu adalah tempat wisata Bali yang sangat ikonik dan jarang dilewatkan oleh para turis domestik maupun mancanegara. Selain itu, di kawasan Pura Luhur Uluwatu ini pengunjung juga dapat menikmati pertunjukan tarian Kecak yang sangat terkenal itu.

Di sini pengunjung juga dapat berjumpa dengan kera-kera yang dipercaya sebagai penjaga kesucian Pura. Sebelum masuk, pengunjung juga diwajibkan untuk mengenakan sarung atau selendang khusus, yang adalah simbol kehormatan terhadap kesucian Pura.

2 dari 11 halaman

2. Garuda Wisnu Kencana Cultural Park

wisata bali

2020 Merdeka.com

Garuda Wisnu Kencana Cultural Park adalah salah satu tempat wisata Bali yang terletak di Bali Selatan. Biasa disebut GWK, wisata taman budaya ini menyajikan patung raksasa Garuda Wisnu Kencana karyaI Nyoman Nuarta.

Selain patung raksasa, pengunjung juga dapat menikmati keindahan bukit kapur yang terpotong menjadi balok-balok besar. Rencananya balok-balok kapur ini akan dihiasi dengan pahatan.

Di kawasan GWK juga tersedia teater seni yang menawarkan pertunjukan tari-tarian dan kesenian Bali lainnya setiap hari. Sudah pasti GWK adalah tempat wisata Bali ikonik, yang tidak boleh dilewatkan.

3 dari 11 halaman

3. Bukit Campuhan

wisata bali

2020 Merdeka.com

Bukit Campuhan adalah salah satu tempat wisata Bali yang sedang populer belakangan ini. Bukit Campuhan memiliki pemandangan alam yang menyejukkan dan segar, sangat cocok bagi pengunjung yang sedang bosan dan penat dengan udara kota.

Bukit Campuhan dipenuhi pepohonan tropis dan dikitari dengan area persawahan dan lembah yang hijau. Pokoknya, suasana di bukit Campuhan sangat sejuk dan cocok untuk berjalan kaki atau bersepeda.

Lokasi bukit Campuhan yang agak tersembunyi membuat belum banyak wisatawan yang tahu dan berkunjung kesini. Namun, hal ini justru membuat kawasan bukit Campuhan masih terjaga kealamiannya.

4 dari 11 halaman

4. Ubud Sacred Monkey Forest Sanctuary

wisata bali

2020 Merdeka.com

Ubud Sacred Monkey Forest Sanctuary adalah tempat wisata Bali yang ikonik lainnya. Terletak di Ubud, Monkey Forest ini adalah hutan yang dihuni oleh ratusan kera liar.

Oleh penduduk setempat kera-kera ini dianggap keramat sehingga tidak boleh diganggu. Kera-kera ini dibiarkan hidup bebas di hutan dan berkeliaran di sekitar kawasan hutan, bahkan terkadang mendekati para pengunjung.

Pengunjung juga diimbau untuk berhati-hati terhadap barang bawaan terutama makanan. Karena kera-kera ini bisa menjadi agresif dan merebutnya.

Atraksi yang tersedia di Monkey Forest selain berinteraksi dengan kera ekor panjang dan kera liar lainnya adalah, pengunjung dapat menikmati kesejukan udara dan hijaunya hutan.

Tempat wisata Bali yang satu ini cocok untuk sekedar berjalan-jalan di hutan, menikmati pemandangan hijau dan udara segar, sambil ditemani oleh kera-kera yang lalu lalang.

Ubud Sacred Monkey Forest Sanctuary sangat cocok sebagai tempat refreshing sejenak karena cukup jauh dari perkotaan.

5 dari 11 halaman

5. Pura Besakih

wisata bali

2020 Merdeka.com

Pura Besakih adalah pura Hindu terbesar yang berlokasi di Desa Besakih, Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem Bali. Pura Besakih berdiri dengan kokoh di kaki Gunung Agung, gunung tertinggi di Pulau Bali. Di kompleks Pura Besakih terdapat 1 pura Basukian serta 17 pura lainnya.

Pura Besakih dapat dikatakan sebagai pura yang menjadi pusat kegiatan seluruh pura yang ada di Bali.Pura ini dibangun dengan konsep keseimbangan Tuhan, manusia, dan alam atau sering disebut dengan Tri Hita Karana.

Sebagai tempat wisata Bali, Pura Besakih tak hanya menyajikan nuansa kental religius, namun juga pemandangan alam yang indah. Hal ini membuat pura yang dibangun pada 1007 Masehi ini masuk ke dalam salah satu situs warisan dunia.

Pura Besakih adalah tempat yang suci dan sakral, jadi pengunjung disarankan untuk mengenakan pakaian yang sopan saat memasukinya. Terdapat larangan bagi wanita yang sedang menstruasi untuk masuk ke kawasan Pura Besakih. Larangan ini sesuai dengan tradisi dan adat istiadat lokal yang telah berlaku sejak dahulu.

6 dari 11 halaman

6. Desa Panglipuran

wisata bali

2020 Merdeka.com

Desa Panglipuran adalah salah satu tempat wisata Bali yang menawarkan suasana desa tradisional khas Bali. Desa Panglipuran terletak di desa Kubu, Kabupaten Bangli dan berada di ketinggian 700 mdpl. Tidak usah diragukan lagi kesejukan dan kesegaran udara yang terdapat di desa Panglipuran ini.

Selain menawarkan suasana desa adat Bali dengan tradisinya yang begitu kental, Panglipuran juga menyajikan penampakan rumah-rumah penduduk dengan bentuk yang sama.

Kemiripannya dapat dilihat pada bagian atap, dinding, hingga pintu rumah. Desa Penglipuran adalah tujuan wisata yang unik dan ikonik dari Bali, yang patut Anda kunjungi ketika liburan.

7 dari 11 halaman

7. Pantai Kuta

wisata bali

2020 Merdeka.com

Semua orang pasti kenal pantai Kuta. Pantai Kuta adalah tempat wisata Bali yang paling terkenal dan paling banyak dikunjungi wisatawan.

Terlebih karena lokasinya yang dekat dengan bandara, pemandangan pantainya indah, tidak ada biaya masuk, dan memiliki ombak yang cocok bagi peselancar pemula.

Pantai Kuta adalah pantai ikonik yang terkenal dengan kecantikan pemandangan sunset atau matahi terbenam. Pantai Kuta memiliki fasilitas pendukung yang lengkap, dan lokasinya sangat strategis sehingga mudah dicapai.

Ketika berkelana di daerah Kuta, disarankan bagi Anda untuk menggunakan sepeda motor atau berjalan kaki saja agar lebih praktis. Hal ini karena kawasan Kuta memiliki banyak spot-spot ramai, yang menjadi titik populer bagi wisatawan.

8 dari 11 halaman

8. Pantai Melasti

wisata bali

2020 Merdeka.com

Tempat wisata Bali bertema pantai lainnya yang bisa dikunjungi adalah pantai Melasti. Pantai Melasti berada di kawasan Bali Selatan. Untuk menuju lokasi pantai, pengunjung harus melewati jalan berliku dan turunan yang terletak di atas tebing-tebing kapur.

Pantai Melasti sering dijadikan tempat untuk melakukan pemotretan pre-wedding bagi pasangan yang akan menikah.

Pantai Melasti cocok bagi Anda yang senag duduk santai menikmati pemandangan laut. Ombak pantai ini juga tidak besar, aman untuk bermain-main air di pinggiran pantainya.

9 dari 11 halaman

9. Pasar Seni Sukawati

wisata bali

2020 Merdeka.com

Pasar Seni Sukawati adalah surga belanja bagi para wisatawan yang ingin berburu buah tangan atau oleh-oleh. Varian barang yang tersedia sangat banyak, dan harga yang ditawarkan juga sangat terjangkau. Pasar Seni Sukawati terletak di Desa Sukawati, Kabupaten Gianyar, sekitar 45 menit dari Bandara Ngurah Rai Bali.

Pasar Sukawati menjual bermacam-macam benda seni, perlengkapan upacara keagamaan, pakaian, aksesori, makanan, oleh-oleh, dan masih banyak lagi.

Meski berbentuk pasar, namun Pasar Seni Sukawati tetap menjadi tempat wisata Bali yang banyak diminati dan dikunjungi oleh wisatawan.

10 dari 11 halaman

10. Pura Tanah Lot

wisata bali

2020 Merdeka.com

Pura Tanah Lot adalah tempat wisata Bali yang terkenal dengan keindahan pemandangannya, terutama pada saat matahari terbenam. Terdapat 2 buah pura di lokasi ini, yang merupakan pura pemujaan dewa laut. Namun Pura Tanah Lot tidak akan bisa didekati ketika laut sedang pasang, karena jalan menuju pura akan tergenang air laut.

Di Pura Tanah Lot pengunjung dapat melihat ular-ular laut yang tidak berbahaya dan bahkan dapat dipegang karena jinak. Ular ini akan muncul ketika air laut sedang surut. Bagi kepercayaan warga setempat, ular-ular ini dianggap sebagai ular suci penjaga Pura.

11 dari 11 halaman

11. Pantai Jimbaran

wisata bali

2020 Merdeka.com

Tempat wisata Bali terakhir yang dibahas pada artikel ini adalah pantai Jimbaran. Pantai Jimbaran terkenal dengan hamparan meja dan kursi makan di atas pasir putihnya yang indah.

Pantai Jimbaran menawarkan pengalaman mencicipi kuliner Bali di pinggir pantai, sambil menikmati pemandangan dan angin laut. Kuliner laut adalah hidangan yang paling utama.

Pantai Jimbaran sangat cocok bagi Anda yang ingin jalan-jalan menikmati suasana pantai sekaligus menyantap hidangan laut khas Bali. Ombak pantai Jimbaran juga sangat tenang, membuat suasana menjadi tambah rileks.

(mdk/edl)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami