10 Khasiat Daun Jambu Biji untuk Kesehatan, Bantu Obati Diare dan Penyakit Gusi

10 Khasiat Daun Jambu Biji untuk Kesehatan, Bantu Obati Diare dan Penyakit Gusi
Ilustrasi daun jambu biji. ©2015 Merdeka.com/flickr/Subash BGK
JATIM | 7 April 2021 18:45 Reporter : Edelweis Lararenjana

Merdeka.com - Pemanfaatan daun jambu biji untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan telah dilakukan oleh masyarakat Indonesia sejak zaman dulu. Hingga saat ini pun, masih banyak orang yang memilih untuk mengobati berbagai macam penyakit dengan ramuan-ramuan tradisional seperti ini.

Ya, daun jambu biji merupakan salah satu ramuan herbal tradisional masyarakat yang sangat populer, terutama untuk mengatasi diare dan perut kembung. Tanaman ini juga banyak ditemui di seluruh wilayah Indonesia. Daun jambu biji biasanya dikonsumsi dengan cara direbus bersama air untuk mendapatkan ekstraknya.

Daun jambu biji diketahui mengandung tanin yang dapat dimanfaatkan sebagai antibakteri dan antijamur. Kandungan daun jambu biji adalah senyawa tanin 9-12%, minyak atsiri, minyak lemak dan asam malat, dilansir dari Jurnal Teknologi Laboratorium Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.

Selain untuk mengobati diare, daun jambu biji juga berkhasiat untuk mengatasi banyak penyakit lain. Berikut beberapa khasiat daun jambu biji paling utama yang patut Anda ketahui.

Baca Selanjutnya: 1 Bantu Turunkan Berat Badan...

Halaman

(mdk/edl)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami