16 Cara Menghilangkan Kantung Mata Menurut Ahli Dermatologi

16 Cara Menghilangkan Kantung Mata Menurut Ahli Dermatologi
JATIM | 24 Maret 2020 19:00 Reporter : Edelweis Lararenjana

Merdeka.com - Bagi sebagian besar pekerja dan mahasiswa, gangguan tidur seperti insomnia adalah sesuatu yang nyata dan sering mereka alami. Perasaan tertekan akibat stres karena pekerjaan dan tugas-tugas kuliah, membuat mereka sulit tidur tepat waktu di malam hari. Hal ini menyebabkan munculnya dark circle atau lingkaran hitam di bawah mata.

Dikutip dari allure.com, Paul Jarrod Frank, dermatologis kecantikan New York mengatakan bahwa area bawah mata adalah bagian kulit wajah paling tipis dan paling sering diabaikan dalam ritual perawatan kulit. Namun, keberadaan kantung mata juga bisa jadi karena faktor genetik. “Terdapat komponen genetik yang kuat pada kantung mata, yang mana hal itu berada diluar kendali manusia,” ujarnya.

Jadi, selain karena adanya peningkatan pigmen di sekitar mata, faktor keturunan dari orangtua juga berpengaruh terhadap eksistensi kantung mata Anda. Namun, tidak perlu langsung ke dokter untuk melakukan treatment laser yang mahal untuk menghilangkan kantung mata itu.

Berikut beberapa cara menghilangkan kantung mata berdasarkan anjuran dari para ahli dermatologis yang telah merdeka.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (24/03/2020).

1 dari 16 halaman

1. Menghilangkan Kantung Mata Menggunakan Retinoid

005 edelweis lararenjana

2020 Merdeka.com


"Dengan penggunaan rutin, retinol dapat menstimulasi produksi collagen, yang membuat kulit tidak lagi terlalu tipis dan memperbaiki kantung hitam pada bawah mata," ujar Rachel Nazarian seorang ahli dermatologis New York.

Retinoid membantu membangun kembali lapisan collagen, dan dengan demikian berkontribusi menopang vaskular di area tersebut dan memulihkan volume serta kekencangan kulit., imbuh Patricia Ceballos, seorang dermatologi di New Rochelle, New York.

2 dari 16 halaman

2. Tidur Dalam Posisi Terlentang dan Gunakan Bantal Ekstra

"Jika kantung mata yang hitam dan sembab menjadi masalah ketika bangun pagi, cobalah tidur dengan posisi terlentang dan gunakan bantal ekstra agar cairan pada mata tidak menggenang ketika Anda tidur semalaman," ujar Rebecca Tung seorang dermatologis di La Grange Park, Illinois.

Tung juga menambahkan untuk menjaga bantal dan guling dari debu dan kotoran, sebagai perlindungan tambahan apabila ternyata alergi debu adalah penyebab sembab dan kantung hitam pada mata.

3 dari 16 halaman

3. Gunakan Produk Pencerah dan Sunscreen

005 edelweis lararenjana

2020 Merdeka.com


Menurut Rachel Nazarian, terkadang kantung hitam pada bawah mata disebabkan oleh adanya peningkatan pigmen. Penyebabnya adalah terlalu sering menggosok mata atau terpapar sinar matahari berlebih. Penanganan terbaik untuk dua hal ini adalah dengan menggunakan produk pencerah seperti vitamin C, kojic acid, dan ekstrak licorice.

"Bahan-bahan ini membantu meningkatkan pigmentasi kulit, yang dapat mencerahkan lingkaran hitam pada mata," ujarnya. Dan, Anda juga harus menggunakan sunscreen agar terhindar dari paparan sinar UVA dan UVB.

4 dari 16 halaman

4. Minum Antihistamin

"Kebanyakan orang memiliki kantung hitam pada bawah mata akibat dari alergi, namun mereka tidak menyadarinya. Antihistamin dapat membantu menghilangkan alergi tersebut," ujar Kavita Mariwalla, dermatologis di West Islip, New York.

5 dari 16 halaman

5. Lebih Berhati-hati Membersihkan Makeup Mata

005 edelweis lararenjana

2020 Merdeka.com

Joshue Zeichner, Direktur Penelitian Klinis dan Kosmetik di Bidang Dermatologi Rumah Sakit Mount Sinai, New York mengatakan area kulit mata adalah area yang sensitif walaupun pada dasarnya Anda tidak memiliki jenis kulit sensitif. Kulit di area bawah mata termasuk yang paling tipis di antara kulit lainnya di seluruh anggota badan. Jadi segala iritasi di daerah tersebut dapat menyebabkan peradangan kulit.

Jadi, usahakan untuk menggunakan handuk lembut dan produk bebas wewangian untuk membersihkan makeup di area sekitar mata. Untuk pengaplikasiannya, usapkan secara lembut dalam satu arah, dan hindari menggosok-gosoknya terlalu keras.

6 dari 16 halaman

6. Perbanyak Tidur

Cara paling mudah dan murah untuk menghilangkan kantung hitam pada mata adalah dengan tidur secara rutin selama 7 hingga 8 jam sehari. "Dan jangan mengonsumsi alkohol dalam kurun waktu beberapa jam sebelum tidur," saran Annie Chiu, dermatologis di North Redondo Beach, California.

7 dari 16 halaman

7. Kantung Teh

001 edelweis lararenjana

2020 Merdeka.com


Teh berkafein yang mengandung tanin alami adalah diuretik ringan dan telah lama digunakan sejak dulu sebagaitreatmenttradisional untuk mengurangi sembab pada mata. Rendam dua kantung teh dalam air hangat, lalu dinginkan selama beberapa menit di lemari es.

"Letakkan satu kantung teh di setiap mata selama lima menit, dan mata akan terasa segar dan terlihat lebih cerah," kata Karen Hammerman, dermatologis New York.

8 dari 16 halaman

8. Cool Down

Jika anda perlu meminimalkan tampilan lingkaran hitam dan kantung mata, mendinginkan area tersebut adalah salah satu solusinya. Irisan mentimun, irisan kentang, masker mata berbentuk gel, kain dingin, bahkan sendok yang didinginkan dapat anda gunakan.

Apa pun yang Anda pilih, diamkan selama sepuluh hingga 20 menit untuk benar-benar menenangkan kulit di sekitar area mata. Meletakkan sesuatu yang dingin di mata sangat efektif untuk mengurangi pembengkakan pembuluh darah di bawah mata.

9 dari 16 halaman

9. Hindari Konsumsi Garam Berlebih

Sudah menjadi rahasia umum bahwa garam dapat menahan air. Namun tahukah Anda kelebihan garam juga dapat menyebabkan bengkak pada bawah mata?

Hal ini dikarenakan ada penumpukan air di bawah mata akibat konsumsi garam berlebih. Mengurangi makanan yang mengandung garam dapat membantu mencegah sembap dan kantung pada bawah mata.

10 dari 16 halaman

10. Gunakan Essential Oil

005 edelweis lararenjana

2020 Merdeka.com


Jika Anda gemar menggunakanessential oil, Anda akan senang mengetahui ada beberapaoilatau minyak yang dapat memerangi sembap dan lingkaran hitam pada bawah mata.

Campurkanessential oiltersebut dengan minyak kelapa dan oleskan pada bawah mata Anda. Minyak geranium mawar, adas, lavender, chamomile Jerman, dan rosemary dinilai sebagaiessential oilterbaik untuk menghilangkan kantung mata.

11 dari 16 halaman

11. Tetap Terhidrasi

Tetap terhidrasi adalah salah satu kunci jika Anda bertanya-tanya bagaimana cara menghilangkan kantung mata. Ketika tubuh mengalami dehidrasi, tubuh merespon dengan menahan air sebanyak mungkin, sehingga menyebabkan pembengkakan dan kantung hitam pada bawah mata.

Sehingga, salah satu cara menghindarinya adalah menjaga tubuh agar tetap terhidrasi dengan baik. Dilansir dari bbc.com, Badan Kesehatan Nasional Inggris menyarankan untuk minum 6 hingga 8 gelas air sehari, termasuk susu rendah lemak dan minuman lain seperti teh dan kopi yang bebas gula.

12 dari 16 halaman

12. Hindari Konsumsi Terlalu Banyak Alkohol

Konsumsi alkohol adalah salah satu penyebab utama dehidrasi. Jika Anda sudah minum setengah liter air yang diperlukan dalam sehari, namun masih merasa dehidrasi, coba perhatikan konsumsi alkohol Anda.

Alkohol bertindak sebagai diuretik dalam tubuh, menyebabkan Anda tidak hanya kehilangan cairan tetapi juga elektrolit. Jika Anda memiliki kantung mata hitam yang akut dan aktif mengonsumsi alkohol, mengurangi konsumsi alkohol dapat membantu menghilangkannya.

13 dari 16 halaman

13. Mencukupi Kebutuhan Vitamin C

vitamin c

2020 Merdeka.com


Vitamin C (asam askorbat) adalah solusi lain bagi Anda yang bertanya-tanya bagaimana cara menghilangkan kantung mata. Mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin C membantu tubuh memproduksicollagen.

Collagenadalah protein yang diproduksi tubuh Anda, dan salah satu fungsi terbaiknya adalah menjaga kulit -termasuk kulit halus dan tipis di bawah mata- tetap sehat, terhidrasi, dan bebas dari lingkaran hitam. Berikut adalah beberapa makanan yang kaya akan vitamin C:

  • Paprika hijau, merah dan kuning
  • Jambu
  • Kale
  • Strawberry
  • Brokoli
  • Kubis Brussels
  • Kubis
  • Kembang kol
  • Blueberry
  • Blackberry
  • Raspberry
  • Jeruk
  • Jeruk Bali
  • Lemon
  • Tomat
  • Kacang polong
  • Pepaya
  • Nanas
  • Mangga
  • Melon
14 dari 16 halaman

14. Minum Vitamin Penghasil Kolagen

Anda juga dapat mengonsumsi vitamin C sebagai suplemen, serta asam amino dan tembaga. Ketiga hal ini akan membantu Anda menghasilkan lebih banyakcollagendan menjaga bawah mata dari kantung dan lingkaran hitam.

15 dari 16 halaman

15. Konsumsi Cukup Zat Besi

9 tanda kekurangan zat besi bagi tubuh

medicalnewstoday.com 2020 Merdeka.com


Kekurangan zat besi adalah alasan lain Anda memiliki lingkaran dan kantung hitam pada mata. Penuhi kekurangan zat besi dengan vitamin B12 dan makan makanan yang mengandung zat besi seperti daging merah, babi, unggas, makanan laut, kacang-kacangan, bayam, kismis, aprikot, dan kacang polong.

16 dari 16 halaman

16. Jika Anda Merokok, Hentikan Secepatnya!

Asap rokok diketahui menyebabkan lingkaran hitam dan merusak kulit halus di sekitar mata. Selain semua manfaat lain yang akan Anda peroleh dari berpantang merokok, Anda akan memiliki mata yang lebih sehat, cerah, dan nampak berbinar-binar.

(mdk/edl)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami