24 Maret, dari Lahirnya Harry Houdini Sampai Peristiwa Bandung Lautan Api

24 Maret, dari Lahirnya Harry Houdini Sampai Peristiwa Bandung Lautan Api
JATIM | 24 Maret 2020 14:47 Reporter : Vinna Wardhani

Merdeka.com - Hari ini Selasa (24/03), tepat pada tanggal yang sama pada tahun-tahun yang lalu telah terjadi beberapa peristiwa penting. Peristiwa ini terjadi diberbagai belahan dunia dan terjadi di tahun-tahun yang berbeda.

Dari hari lahirnya pesohor negeri, hingga kejadian sejarah perjuangan bangsa. Meghimpun dari beberapa sumber, berikut jajaran peristiwa yang terjadi pada 24 Maret.

1 dari 5 halaman

1. Lahirnya Harry Houdini

harry houdini

2020 Merdeka.com


Pada 24 Maret 1874, seorang anak bernama Erik Weisz lahir di dunia tepatnya di Budapest, Hungaria. Anak ini kemudian tumbuh dan menjadi legenda di dunia sulap. Di dunia sulap, Erik Weisz kemudian dikenal sebagai Harry Houdini. Harry Houdini dikenal sebagai seorang illusionist dengan trik-trik meloloskan diri.

Awal kariernya sebagai pesulap dimulai pada tahun 1891. Pertunjukan terakhirnya terselenggara pada 24 Oktober 1926. Setelah melakukan pertunjukan terakhirnya, Harry Houdini jatuh sakit dan meninggal pada 31 Oktober 1926.

2 dari 5 halaman

2. Bakteri TBC Ditemukan

10 macam bakteri yang sering menyerang tubuh

microbiologyresearch.org 2020 Merdeka.com

Di tahun 1882, di tanggal yang sama 24 Maret, bakteri TBC atau bakteri yang menyebabkan penyakit tuberkolosis ditemukan. Bakteri ini ditemukan oleh seorang ilmuan asal Jerman bernama Robert Koch. Robert Koch kemudian mendapatkan Hadiah Nobel di tahun 1905 dalam bidang fisiologi dan kedokteran atas penemuannya tersebut.

3 dari 5 halaman

3. Perang Kotor Argentina

perang argentina

2020 Merdeka.com

Pada 24 Maret 1976, Isabel Peron yang pada masa itu menjabat sebagai Presiden Argentina diculik dan digulingkan dalam sebuah kudeta tak berdarah. Sekitar 30.000 orang diperkirakan tewas dalam Junta Militer yang berlangsung hingga 1983. Jenderal Jorge Rafael Videla yang pada saat itu menjadi pimpinan Pemerintahan Junta harus bertanggung jawab atas apa yang telah terjadi.

Dirinya meninggal di penjara pada tahun 2013. Dilansir dari BBC, berkas perang kotor Argentina ini untuk pertama kalinya dibuka oleh Presiden Obama. Presiden Obama membuka kerahasiaan berkas-berkas militer dan intelejen pada kunjungannya ke Argentina tepat setelah 40 tahun kudeta yang didukung AS tersebut berlangsung.

4 dari 5 halaman

4. Peristiwa Bandung Lautan Api

bandung lautan api

2020 Merdeka.com

Di Indonesia, peristiwa yang terjadi tepat pada tanggal 24 Maret adalah peristiwa Bandung Lautan Api. Peristiwa tersebut terjadi pada tahun 1946 dimana terjadi kebakaran besar di kota Bandung, Jawa Barat.

Sebanyak 200 ribu penduduk Bandung membakar rumah mereka dan berkari menuju pegunungan di selatan Bandung untuk menghindari datangnya tentara Sekutu dan tentara Belanda. Melansir dari RRI, keputusan membumihanguskan Bandung diambil melalui musyawarah Majelis Persatuan Perjuangan Priangan (MP3) pada tanggal 24 Maret 1946.

Hasil musyawarah dan perintah evakuasi tersebut disampaikan oleh Kolonel Abdoel Nasoetion selaku Komandan Divisi III TRI pada saat itu. Pembakaran kota dan evakuasi masa terjadi tepat pada hari itu juga.

5 dari 5 halaman

5. Wafatnya Sri Sultan Hamengkubuwono I

sri sultan hamengkubuwono i

2020 Merdeka.com

Pada tahun 1792, di Yogyakarta terjadi peristiwa wafatnya Sri Sultan Hamengkubowono I. Melansir dari kratonjogja.id, Sri Sultan Hamengkubuwono dikenal dengan nama Pangeran Mangkubumi.

Beliau lahir pada 5 Agustus 1717 dan menjadi pendiri serta pembangunan Keraton Yogyakarta. Sri Sultan Hamengkubuwono I mencetuskan konsep Watak Kesatriya, seperti nyawiji (konsentrasi total), greget (semangat jiwa), sengguh (percaya diri), dan ora mingguh (penuh tanggung jawab).

Konsep luhur ini menjadi credo bagi Prajurit Keraton, Abdi Dalem, dan gerak tari Joged mataram.

(mdk/vna)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Jatim Bersiap Jalani Kehidupan New Normal - MERDEKA BICARA with Khofifah Indar Parawansa

5