3 Kabar Terbaru Tes CASN Kota Kediri, Pemkot Pakai Alat untuk Cek Kesesuaian Wajah

3 Kabar Terbaru Tes CASN Kota Kediri, Pemkot Pakai Alat untuk Cek Kesesuaian Wajah
Tes CASN 2021 Kota Kediri. ©2021 Merdeka.com/YouTube ASN KOTA KEDIRI
JATIM | 13 September 2021 08:23 Reporter : Rizka Nur Laily M

Merdeka.com - Pemerintah Kota Kediri, Jawa Timur, memanfaatkan alat Face Recognition guna mengecek kesesuaian wajah peserta dengan nama dan foto yang dilampirkan saat pendaftaran calon aparatur sipil negara (CASN).

"Kami telah menyiapkan lima alat Face Recognition untuk mengecek kesesuaian wajah peserta dengan nama. Alat ini disiapkan untuk meminimalisir kontak antara peserta dan panitia. Jika nanti tidak terdeteksi, maka peserta akan dicek langsung secara manual oleh panitia dari BKN Jatim," tutur Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah Kota Kediri, Un Ahmad Nurdin di Kediri, Minggu (12/9/2021).

2 dari 4 halaman

Pelaksanaan Tes CASN

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh BKPPD KOTA KEDIRI (@bkppd_kotakediri)

Nurdin menjelaskan, pelaksanaan tes CASN di Kota Kediri yang mulai digelar Minggu (12/9) memiliki perbedaan dengan tes CASN sebelumnya. Selain harus melengkapi dokumen, peserta CASN juga harus melakukan verifikasi lain termasuk sistem identifikasi biometrik.

Peserta juga diwajibkan membawa tambahan dokumen berupa hasil tes antigen atau PCR, kartu vaksin, dan deklarasi sehat yang telah diisi saat pendaftaran. Peserta yang tidak membawa dokumen lengkap sesuai ketentuan tidak diperbolehkan masuk ke ruangan tes.

3 dari 4 halaman

Ruang Khusus untuk Peserta Positif Covid-19

Sementara itu, Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Kediri menyiapkan satu ruang khusus bagi peserta positif Covid-19 yang hadir mengikuti tes. Panitia penyelenggara telah menyiapkan 10 perangkat di ruangan tersebut.

"Namun sampai sesi kedua pada hari ini masih belum ada peserta yang positif dan ikut dalam tes," terang Kepala Bidang Mutasi BKPPD Kota Kediri Joko Arianto.

Peserta positif Covid-19 yang hendak mengikuti tes CASN harus melampirkan surat keterangan dari fasilitas kesehatan untuk dapat mengikuti ujian.

"Namun, bagi peserta yang tidak menyertakan surat tersebut, maka langsung dinyatakan gugur," imbuh Joko, dikutip dari Antara.

4 dari 4 halaman

Peserta Tidak Hadir

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh BKPPD KOTA KEDIRI (@bkppd_kotakediri)

 

Berdasarkan data BKPPD Kota Kediri, pada hari pertama tes CASN terdapat 25 peserta tidak hadir pada tes sesi pertama. Pada sesi kedua, terdapat 29 peserta yang tidak hadir.

Di Kota Kediri, total peserta yang lolos seleksi administrasi dan mengikuti tes SKD sebanyak 3.031 peserta. Rinciannya, sebanyak 69 formasi PPPK nonguru dan sebanyak 2.962 CASN. Sejumlah 187 peserta mengikuti tes CASN di luar Kota Kediri.

Maka, peserta yang melaksanakan tes di Convention Hall SLG Kabupaten Kediri sebanyak 2.775 orang. Tes CASN Kota Kediri dibagi menjadi lima hari dengan setiap sesi sekitar 200 peserta.

Tes CASN Kota Kediri dilaksanakan mulai Minggu (12/9) hingga Jumat (17/9) di Convention Hall Simpang Lima Gumul (SLG) Kabupaten Kediri, satu area dengan tes CPNS Kabupaten Kediri.

(mdk/rka)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami