4 Bahan Skincare Alami Terbaik untuk Masing-Masing Jenis Kulit, Wajib Tahu

4 Bahan Skincare Alami Terbaik untuk Masing-Masing Jenis Kulit, Wajib Tahu
Ilustrasi skincare. ©Pixabay
JATIM | 24 September 2021 08:02 Reporter : Edelweis Lararenjana

Merdeka.com - Natural atau alami adalah kata kunci yang menarik dan selalu dicari dalam rezim perawatan kulit modern. Meskipun tidak memiliki definisi resmi, sebagian besar perusahaan produk kecantikan menggunakannya untuk merujuk pada bahan yang terjadi di alam dan tidak berasal dari sintetis.

Tak bisa dipungkiri bahwa kata "alami" dalam produk perawatan kulit telah menjadi magnet dan memiliki pasar yang luas. Hal ini karena banyak yang masih percaya dan berasumsi bahwa apa saja yang "alami" memiliki efek samping berbahaya yang lebih sedikit daripada yang "kimiawi".

Namun, bahan-bahan “alami” ini belum tentu lebih sehat atau lebih efektif daripada bahan-bahan sintetis. Tetapi memang beberapa bahan alami seperti gliserin, witch hazel, dan antioksidan tertentu, dapat memberikan manfaat luar biasa bagi kesehatan dan tampilan kulit Anda.

Berikut ini adalah beberapa bahan skincare alami terbaik yang telah membuktikan potensi mereka dalam perawatan kulit. Dikategorikan berdasarkan tipe atau jenis kulit, ini dia 4 bahan skincare alami terbaik itu, dilansir dari dermstore.com.

2 dari 5 halaman

1. Untuk Kulit Kering: Gliserin

Bahan skincare alami pertama yang akan dibahas yaitu gliserin. Gliserin adalah bahan atau kandungan yang sangat umum digunakan dalam pelembap wajah atau moisturizer. Gliserin sendiri dapat berupa alami atau sintetis.

Gliserin alami berasal dari lemak hewani atau nabati, dan gliserin sintetis berasal dari minyak bumi. Juga disebut gliserol, gliserin adalah senyawa humektan yang terjadi secara alami di kulit manusia.

Selain memiliki sifat antimikroba, gliserin juga dapat meningkatkan hidrasi kulit dan fungsi penghalang kulit, membantu menjaganya terhadap iritasi dan membantu menyembuhkan luka dengan lebih cepat.

Gliserin adalah bahan skincare alami yang sangat bermanfaat bagi orang yang menderita kulit kering dan kondisi seperti dermatitis atopik, yang mengganggu fungsi penghalang kulit.

3 dari 5 halaman

2. Untuk Kulit Rawan Jerawat: Witch Hazel

Witch hazel adalah bahan skincare alami kedua yang akan dibahas. Witch hazel sangat baik digunakan oleh para pemilik kulit yang rentan berjerawat. Berasal dari Amerika Utara, witch hazel adalah anti-inflamasi botani yang telah menjadi subjek banyak penelitian medis untuk efek obatnya.

Menurut sebuah studi yang termuat di The Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology, witch hazel mengandung bahan kimia anti-inflamasi yang disebut tanin yang secara alami dapat menyempitkan jaringan tubuh, yang menghasilkan efek astringen pada kulit.

Inilah sebabnya mengapa witch hazel sering ada dalam toner kulit yang dirancang untuk mengendalikan minyak pada kulit. Witch hazel sama efektifnya dengan produk farmasi yang dijual bebas dalam mengobati iritasi kulit, dan sifat antioksidannya juga dapat membantu memperkuat jaringan ikat di kulit dan pembuluh darah.

4 dari 5 halaman

3. Untuk Kulit yang Mengalami Penuaan dan Rusak Akibat Sinar Matahari: Minyak Sea Buckthorn

Bahan skincare alami terbaik untuk kulit yang sedang mengalami penuaan dan kerusakan akibat sinar matahari adalah minyak sea buckthorn.

Ketika membahas bahan skincare untuk anti-penuaan, Anda pasti menginginkan spektrum penuh vitamin kaya antioksidan untuk melawan tanda-tanda penuaan kulit seperti kerutan, kerusakan akibat sinar matahari dan bintik-bintik gelap.

Minyak sea buckthorn menawarkan profil nutrisi yang mengesankan, mengandung lebih dari 190 nutrisi dan fitonutrien, termasuk asam lemak esensial, vitamin A dan E dan 15 kali kandungan vitamin C jeruk.

Vitamin C dengan sendirinya dapat membantu melawan kerusakan akibat sinar matahari, dan menurut penelitian yang diterbitkan di Jurnal Online Dermatologi India, vitamin C bekerja lebih baik bersama dengan vitamin E, yang membantu meningkatkan potensinya.

Untuk itu, gunakanlah produk skincare berbahan minyak sea buckthorn bersama dengan vitamin E untuk mengatasi masalah penuaan dan kerusakan akibat sinar matahari pada kulit.

5 dari 5 halaman

4. Untuk Kulit Sensitif: Oatmeal Koloid

Bahan skincare alami yang baik bagi jenis kulit sensitif adalah oatmeal koloid. Sebagai pelembap alami dengan sifat mengikat air, oatmeal biasa digunakan untuk merawat kulit kering dan sensitif.

Sangat jarang oatmeal menimbulkan iritasi atau menyebabkan reaksi alergi pada kulit. Hal inilah yang menjadikan salah satu alasan mengapa oatmeal sangat populer dan terkandung di banyak produk perawatan kulit.

Berbeda dengan oatmeal matang yang Anda makan untuk sarapan, oatmeal koloid memiliki tekstur yang lebih halus, hampir sama dengan tepung gandum. Selain sifat pelembapnya, oatmeal koloid juga dikenal karena kemampuannya membersihkan dan meredakan peradangan.

Krim dan produk lain yang mengandung oatmeal koloid juga sangat efektif untuk orang dengan jenis kulit kering. Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa komposisi kimia oatmeal tidak hanya bermanfaat untuk meredakan iritasi dan gatal pada kulit, tetapi juga mempertahankan kelembapan kulit dan dengan demikian membantu menjaga fungsi pelindung kulit yang sehat.

Oatmeal koloid juga memiliki potensi iritasi yang rendah, sehingga sangat bagus untuk kulit sensitif dan bahkan dapat membantu mengatasi eksim dan dermatitis atopik.

(mdk/edl)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami