6 Fakta Menarik Desa Wisata Brumbun Madiun, Surganya Pencinta Air

6 Fakta Menarik Desa Wisata Brumbun Madiun, Surganya Pencinta Air
JATIM | 23 Mei 2020 14:24 Reporter : Rizka Nur Laily M

Merdeka.com - Desa Wisata Brumbun terletak di Desa Brumbun, Kecamatan Wungu, Kabupaten Madiun, Jawa Timur. Desa wisata ini dikelola oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Tumbu, Desa Brumbun.

Dari pusat kota, jarak waktu tempuh yang dibutuhkan untuk sampai di desa wisata ini sekitar 15 menit. Desa wisata ini menawarkan konsep alami serta memadukannya dengan kegiatan sehari-hari yang unik.

1 dari 6 halaman

Wahana di Desa Wisata Brumbun

desa wisata brumbun madiun

©2020 Merdeka.com/Youtube JTV Madiun

Aada beragam wahana seru dan menyenangkan yang bisa dicoba ketika berkunjung ke Desa Wisata Brumbun. Antara lain kelen tubing, susur sungai, dan air terjun.

Selain itu, pengunjung juga bisa bermain air di sungai, memandang keindahan alam sekitar di rumah pohon, dan menikmati area outbond dengan bersantai.

2 dari 6 halaman

Serunya Kelen Tubing

desa wisata brumbun madiun

©2020 Merdeka.com/tempatwisata.pro

Desa Wisata Brumbun menawarkan pengalaman wisata tubing yang seru. Pengunjung menggunakan ban mengikuti aliran air sungai yang tenang. Sensasi mengapung di atas ban dan mengalir seirama dengan aliran sungai tentu menjadi keseruan yang tak terlupakan.

Di kiri dan kanan sungai, hamparan tanaman padi membuat pemandangan sejuk dan asri. Menambah keseruan permainan tubing yang sedang dilakukan. Biaya yang dikenakan untuk bermain tubing yakni sebesar Rp15.000 per orang.

3 dari 6 halaman

Susur Sungai yang Menantang Adrenalin

desa wisata brumbun madiun

©2020 Merdeka.com/tempatwisata.pro

Susur sungai di Desa Wisata Brumbun dilakukan di sungai yang cukup lebar serta aliran deras. Selain itu, juga dipenuhi bebatuan.

Wisata susur sungai ini diperuntukkan khusus bagi pengunjung yang memiliki adrenalin tinggi. Pasalnya aliran sungai yang digunakan untuk wahana ini sangat curam.

Kegiatan susur sungai sendiri tidak bisa dilakukan setiap saat. Harus mempertimbangkan debit air di sungai. Debit air yang sedikit jelas tidak memungkinkan untuk kegiatan susur sungai. 

4 dari 6 halaman

Air Terjun Cinta

desa wisata brumbun madiun

©2020 Merdeka.com/Youtube JTV Madiun

Selain dua wahana seru di atas, ada juga air terjun buatan. Namanya Air Terjun Cinta. Air terjun ini terletak di belakang masjid.

Biasanya pengunjung yang datang dengan rombongan keluarga lebih senang bermain di sini. Airnya jernih dan alirannya cukup deras. Berdiri di bawah alirannya tentu akan menyegarkan tubuh.

5 dari 6 halaman

Fasilitas Pelengkap

desa wisata brumbun madiun

©2020 Merdeka.com/Youtube JTV Madiun

Pengelolaan Desa Wisata Brumbun cukup baik. Sehingga bisa dijumpai fasilitas-fasilitas pendukung yang semakin memudahkan pengunjung.

- Tempat parkir

Pengunjung yang membawa kendaraan pribadi atau menyewa bus pariwisata tidak perlu khawatir dengan masalah parkir. Desa wisata ini memiliki tempat parkir luas sehingga muat untuk beberapa bus dan ratusan mobil, serta motor dari para pengunjung. Keamanan tempat parkirnya pun terjamin karena ada petugas yang berjaga.

- Toilet umum

Di beberapa titik di lokasi ini tersedia beberapa toilet umum. Pengunjung bisa mencuci tangan atau buang air di sini.

- Tempat penginapan

Di wilayah sekitar Desa Wisata Brumbun, pengunjung bisa menemukan beberapa tempat penginapan. Harganya bervariasi dari yang murah hingga agak mahal.

- Kantin atau tempat makan

Di objek wisata ini juga tersedia kantin yang menjual makanan dan minuman dengan harga terjangkau.

- Area berkemah

Pengunjung mungkin ingin bermalam namun tidak mau menginap di tempat penginapan. Nah, berkemah bisa menjadi alternative pilihan. Pengunjung bisa membawa peralatan kemah lalu mendirikan tenda di area yang telah disediakan oleh pihak pengelola.

- Musala

Pengunjung yang beragama islam tidak perlu khawatir, di sini tersedia musala yang bisa digunakan untuk beribadah.

6 dari 6 halaman

Informasi Desa Wisata Brumbun

ilustrasi email

©Shutterstock/FrameAngel

Untuk mengetahui lebih lengkap, informasi Desa Wisata Brumbun bisa diakses melalui berikut ini:

Email: dewibrumbun@gmail.com

FB: https://www.facebook.com/dewibrumbun

(mdk/rka)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami