5 Manfaat Hair Tonic untuk Kesehatan Rambut, Lembapkan Folikel dan Kurangi Ketombe

5 Manfaat Hair Tonic untuk Kesehatan Rambut, Lembapkan Folikel dan Kurangi Ketombe
ilustrasi minyak rambut. ©2014 Merdeka.com/Shutterstock/MikadunOlesya Kuznetsova
JATIM | 19 Maret 2021 08:50 Reporter : Edelweis Lararenjana

Merdeka.com - Hair tonic adalah salah satu produk perawatan rambut yang telah digunakan selama berabad-abad. Hair tonic biasanya berbentuk cair, tetapi terkadang ada juga yang dikemas dalam bentuk pomade.

Tukang cukur sering menggunakan hair tonic sebagai bahan untuk membasahi rambut sebelum memotongnya. Hair tonic membuat gunting meluncur dengan mudah melalui rambut dalam proses pemotongannya.

Hair tonic membuat rambut terlihat lebih berkilau dan sehat. Produk perawatan rambut yang satu ini membantu menahan rambut agar lebih mudah untuk ditata. Manfaat hair tonic lainnya untuk melembapkan rambut kering, melumasi kulit kepala yang kering, mengurangi ujung rambut bercabang dan patah, serta membantu mengendalikan ketombe.

Hair tonic yang beredar di pasaran bervariasi menurut bahan-bahannya dan pengaruhnya terhadap berbagai jenis rambut. Jika Anda merasa bahwa rambut Anda membutuhkan sedikit perawatan ekstra, cobalah untuk mulai menggunakan hair tonic dan lihat perbedaannya. Berikut manfaat hair tonic untuk kesehatan rambut yang telah dirangkum dari totalbeauty.com.

2 dari 6 halaman

Lembapkan Folikel Rambut

Manfaat hair tonic yang pertama untuk memberi kelembapan pada folikel rambut. Hair tonic adalah produk perawatan rambut yang umumnya dibuat menggunakan minyak alami sebagai bahan dasarnya. Bahan ini baik untuk membantu melumasi dan melembapkan rambut.

Minyak alami melapisi folikel rambut, memberi rambut Anda kualitas ketebalan yang memukau dan sehat. Yang terbaik dari penggunaannya adalah, sebagian besar hair tonic dapat dengan mudah dioleskan atau diteteskan sebagai bagian dari rutinitas pelembap rambut usai keramas tanpa terasa ribet.

3 dari 6 halaman

Kurangi Rambut Bercabang

Manfaat hair tonic yang kedua untuk membantu mengurangi kondisi rambut bercabang. Hair tonic melembapkan folikel rambut, sehingga rambut lebih mudah mempertahankan minyak alaminya. Ini menghasilkan untaian rambut yang lebih kuat dan kesehatan rambut yang lebih baik secara keseluruhan.

Jika Anda kesulitan mengatasi ujung bercabang dan rambut rusak, Anda bisa memanfaatkan hair tonic sebagai cara untuk meningkatkan kesehatan rambut secara keseluruhan. Hair tonic yang tepat bahkan dapat membantu membalikkan kerusakan yang sangat parah, semuanya tanpa mengharuskan Anda melakukan perubahan besar pada rutinitas rutin perawatan rambut Anda.

4 dari 6 halaman

Lindungi Kulit Kepala

Manfaat hair tonic yang ketiga untuk membantu melindungi kulit kepala. Menggunakan hair tonic dapat menjadi salah satu cara terbaik untuk melindungi kesehatan kulit kepala. Jika Anda sering mengalami beberapa jenis kerusakan permukaan kulit kepala, seperti kulit kering atau kerusakan rambut, menggunakan hair tonic bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk meningkatkan kesehatan kulit secara keseluruhan.

Oleskan sedikit hair tonic setiap harinya, dan Anda juga bisa melakukan tindakan ekstra seperti memijat-mijat kepala dengan lembut saat mengoleskannya agar hair tonic lebih meresap ke kulit kepala.

5 dari 6 halaman

Kurangi Ketombe dan Kerusakan Kulit

Manfaat hair tonic yang keempat untuk membantu mengurangi ketombe dan kerusakan kulit kepala. Karena cara kerja hair tonic adalah melapisi kepala secara merata, sangat mungkin untuk mengatasi banyak jenis kerusakan rambut, termasuk ketombe, dengan menggunakan hair tonic.

Dengan kulit kepala yang tidak terlalu kering, rambut Anda tidak akan mengalami banyak pertumbuhan ketombe, yang pada akhirnya akan meningkatkan kesehatan rambut secara signifikan. Hal ini tentu akan membuat diri Anda tampil lebih percaya diri.

6 dari 6 halaman

Memudahkan Penataan Rambut

Manfaat hair tonic yang kelima untuk memudahkan proses penataan rambut. Penggunaan hair tonic yang tepat dapat membantu proses penataan rambut, terutama jika Anda ingin mendapatkan penahan yang kuat yang tidak akan mengeringkan rambut.

Pertama, cuci dan keringkan rambut. Pengering rambut akan membuka pori-pori kulit kepala dan memungkinkan hair tonic menembus kulit kepala Anda. Tunggu hingga rambut hampir kering, lalu pijatkan hair tonic ke kulit kepala selama sekitar satu menit.

Kemudian, bentuk dan tata rambut Anda. Mulailah menggunakan hair tonic secara sedikit demi sedikit, karena menuangkan terlalu banyak hair tonic dapat membuat rambut menjadi berminyak. Jika aplikasi awal masih kurang cukup, tambahkan sedikit lagi. Lebih baik menerapkan sedikit demi sedikit daripada terlalu banyak.

(mdk/edl)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami