5 Pasien Positif Corona di Jawa Timur Sembuh, Ini Fakta Terbarunya

5 Pasien Positif Corona di Jawa Timur Sembuh, Ini Fakta Terbarunya
JATIM | 25 Maret 2020 15:40 Reporter : Rizka Nur Laily M

Merdeka.com - Sebanyak lima pasien positif Corona di Jawa Timur dinyatakan sembuh. Hal ini diketahui setelah tim medis melakukan pemeriksaan di laboratorium. Hasil uji laboratorium menunjukkan kelima pasien tersebut terkonversi negatif Corona.

Dikutip dari Antara, pada Selasa (24/3) Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyampaikan kabar gembira itu kepada para wartawan di Gedung Negara Grahadi Surabaya.

"Alhamdulillah, ada lima pasien positif yang terkonversi negatif. Artinya, mereka sudah dinyatakan sembuh," ujar Gubernur perempuan pertama di Jawa Timur itu.

1 dari 3 halaman

Daerah Asal Pasien yang Sembuh

corona di jatim

2020 Merdeka.com/antaranews.com


Kelima pasien yang dinyatakan sembuh dari corona berasal dari dua kota di Jawa Timur. Empat orang merupakan pasien Corona yang sebelumnya dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Soetomo Surabaya. Sementara satu orang lainnya sebelumnya dirawat di Rumah Sakit Umum (RSU) Saiful Anwar Malang, Jawa Timur.

Dokter Markus, salah seorang pasien yang dinyatakan sembuh dari Corona menyampaikan ucapan terima kasih kepada tim medis yang merawatnya, juga kepada Gubernur Jawa Timur dan Tim Gugus Tugas Pencegahan dan Penanganan COVID-19 di Jawa Timur, sebagaimana dikutip dari Antara.

"Terima kasih juga kepada masyarakat yang sudah ambil bagian dalam perjuangan melawan COVID-19. Yang tak kalah penting, lakukan social distancing, jaga diri agar tidak ikut perkumpulan dan mengisolasi diri di rumah," ujarnya.

2 dari 3 halaman

Pasien Sembuh Sudah Tidak Diisolasi

ruang isolasi pasien corona di rsup persahabatan

2020 Merdeka.com/Iqbal Nugroho

Kelima pasien yang sebelumnya dinyatakan positif Corona di Jawa Timur dan kini sudah dinyatakan sembuh tidak lagi ditempatkan di ruang isolasi di rumah sakit. Meskipun demikian, kelima pasien yang sudah sembuh ini diharuskan untuk tetap beristirahat.

Dikutip dari Antara, Koordinator Rumpun Kuratif Gugus Tugas Corona Jawa Timur, dr Joni Wahyuhadi yang juga menjabat sebagai Direktur Utama RSUD dr Soetomo menyatakan bahwasanya pasien yang sudah dinyatakan sembuh dari Corona harus tetap istirahat untuk memulihkan imunitas atau sistem kekebalan tubuhnya.

3 dari 3 halaman

Perlindungan untuk Tim Medis

ilustrasi alat pelindung diri

2020 Merdeka.com/safetysign.co.id

Dalam kesempatan yang sama, Dokter Markus juga menyampaikan pesan kepada Tim Gugus Pencegahan dan Penanganan COVID-19 Provinsi Jawa Timur untuk menyediakan alat pelindung bagi tim medis. Sebagai pasukan perang di garda paling depan dalam melawan virus Corona, tim medis wajib mendapat perlindungan yang sesuai standar. Hal ini difungsikan supaya mereka terlindung dan terhindarkan dari infeksi saat merawat pasien corona.

Dokter Markus pun menyampaikan harapannya mengenai tes massal yang bisa digelar sesegera mungkin. Tes massal akan membuat masyarakat yang dinyatakan positif Corona merasa bertanggung jawab. Termasuk tidak menularkannya kepada orang lain.

(mdk/rka)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami