6 Bahan Alami untuk Cegah Rambut Beruban, Mudah Didapat

6 Bahan Alami untuk Cegah Rambut Beruban, Mudah Didapat
Ilustrasi uban. ©Shutterstock
JATIM | 17 Maret 2021 17:30 Reporter : Rakha Fahreza Widyananda

Merdeka.com - Sebetulnya, ada diet dan perawatan tertentu yang dapat dilakukan untuk membantu mencegah uban, dari tembaga hingga teh dan vitamin. Kebanyakan, dalam produk rambut kemasan di pasaran, mengandung bahan kimia. Namun, kini banyak orang memilih solusi yang lebih alami.

Berbagai bahan alami untuk cegah rambut beruban memang ada banyak jenisnya. Selain itu, beberapa bahan juga mudah kita dapatkan dan kita aplikasikan. Maka dari itu, tak ada alasan lagi jika tak bisa mengatasi masalah rambut beruban.

Dilansir dari Brightside, berikut ini kami telah rangkum 6 bahan alami untuk cegah rambut beruban.

2 dari 4 halaman

Daun Kari dan Suplemen Nutrisi

ilustrasi uban

©Shutterstock

1. Daun Kari

Bahan alami untuk cegah rambut beruban yang pertama adalah daun kari. Daun ini merupakan cara bagus untuk mencegah uban dini karena mengandung antioksidan dan zat besi, serta vitamin dan mineral bermanfaat lainnya. Penelitian telah menemukan bahwa kekurangan zat besi dapat menyebabkan uban prematur, jadi ini mungkin cara yang sehat untuk memperlambat proses menjadi beruban lebih awal.

Anda bisa menggunakan daun kari sebagai ekstrak yang dicampur dengan minyak kelapa untuk rambut, atau Anda bisa menghancurkan beberapa daun menjadi bubuk dan menambahkan bubuk ke dalam minyak kelapa.

2. Suplemen Nutrisi

Beberapa kandungan bahan alami di dalam suplemen nutrisi akan bantu mencegah munculnya uban. Terkadang uban kita mencoba memberi tahu kita bahwa tubuh kita membutuhkan lebih banyak nutrisi dan inilah saatnya untuk mulai mengonsumsi suplemen nutrisi.

Kadar vitamin B12, B7 (biotin), B9 (asam folat), dan D3 yang rendah ditemukan pada orang yang mengalami uban dini, menurut sebuah penelitian terhadap 52 orang. Menambahkan nutrisi ini dapat membantu menjaga rambut tetap muda dan sehat lebih lama.

3 dari 4 halaman

Makanan Kaya Katalase dan Teh Hijau

ilustrasi uban©Shutterstock

3. Makanan Kaya Katalase

Bahan alami untuk cegah rambut beruban berikutnya adalah makanan yang kaya akan kandungan katalase. Ubi jalar, wortel, paprika merah, dan jamur hanyalah beberapa makanan yang dapat membantu cegah uban prematur. 

Ini karena jenis makanan ini memiliki enzim tingkat tinggi yang disebut katalase, sesuatu yang terbukti melindungi pigmen rambut. Makan makanan ini secara teratur dapat membantu menjaga rambut agar tidak beruban lebih awal.

4. Teh Hijau

Bahan alami untuk cegah rambut beruban yang keempat adalah teh hijau. Antioksidan penting yang ada di dalamnya penting dalam perawatan rambut karena melindungi Anda dari radikal bebas dari sinar matahari dan polusi. 

Inilah mengapa minum teh hijau dapat membantu tubuh melawan efek radikal bebas karena kaya akan nutrisi, antioksidan, dan fitokimia. Menambahkan ekstrak teh hijau ke rambut (sebagai sampo atau minyak rambut) juga dapat membantunya tetap kuat dan menunda pertumbuhan abu-abu.

4 dari 4 halaman

Cokelat Hitam dan Minyak Almond

ilustrasi uban©Shutterstock

5. Cokelat Hitam

Makanan penuh tembaga terbukti sangat membantu menghentikan uban prematur. Ini membuat makanan seperti cokelat hitam akan menjadi  teman, karena mengandung tembaga. 

Tembaga sebenarnya memainkan peran yang sangat penting dalam pigmentasi rambut, karena ia adalah bagian penting dari melanin pigmen gelap yang mewarnai kulit, mata, dan rambut kita. Melanin bergantung pada tembaga, dan tanpa itu cukup, rambut kita bisa beruban.

6. Minyak Almond

Bahan alami untuk cegah rambut beruban yang terakhir adalah minyak almond. Kacang almond mengandung vitamin E dan A, keduanya nutrisi penting untuk menjaga rambut kita terlihat muda. Memijat sedikit minyak ini secara teratur ke rambut basah setelah mandi dapat membantu

melindungi proses rambut beruban dengan melindunginya dari oksidan dan radikal bebas. Ini akan membantu rambut tetap kuat dan terlindungi dari kerusakan, termasuk rambut beruban prematur.

(mdk/raf)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami