6 Cara Mengatasi Kulit Wajah Berminyak Aman dan Ampuh, Ketahui Dulu Penyebabnya

6 Cara Mengatasi Kulit Wajah Berminyak Aman dan Ampuh, Ketahui Dulu Penyebabnya
ilustrasi kulit berminyak. ©www.stylecraze.com
JATIM | 18 April 2021 11:45 Reporter : Edelweis Lararenjana

Merdeka.com - Kulit wajah berminyak terjadi ketika kelenjar sebaceous di kulit memproduksi terlalu banyak sebum. Sebum adalah zat berminyak yang membantu melindungi dan melembapkan kulit.

Keberadaan sebum sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit. Namun, terlalu banyak sebum juga dapat menyebabkan kulit menjadi berminyak, pori-pori tersumbat, dan timbulnya jerawat.

Mengelola kulit berminyak seringkali lebih sulit dan membutuhkan kesabaran. Anda harus terbiasa dengan ritual perawatan kulit yang rutin agar dapat menjaga kondisi kulit berminyak tetap stabil dan terbebas dari jerawat. Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi kulit wajah berminyak yang patut diketahui, dilansir dari medicalnewstoday.com.

2 dari 4 halaman

Cuci Wajah Teratur dan Gunakan Toner

1. Cuci Wajah Secara Teratur

Cara mengatasi kulit wajah berminyak yang pertama adalah dengan mencuci wajah secara teratur. Mencuci wajah secara teratur bisa mengurangi jumlah minyak di kulit. Metode mencuci wajah berikut ini direkomendasikan bagi pemilik kulit berminyak:

  • Cuci dengan sabun lembut dan air hangat.
  • Hindari sabun yang mengandung pewangi, pelembap tambahan, atau bahan kimia keras yang dapat mengiritasi atau mengeringkan kulit, membuatnya merespons dengan menciptakan lebih banyak sebum.
  • Hindari loofah dan waslap yang kasar, karena gesekan yang ditambahkan dapat merangsang kulit untuk menghasilkan lebih banyak minyak.
ilustrasi mencuci wajah
©2013 Merdeka.com/shutterstock.com/Anna Omelchenko

Jika hal-hal di atas tersebut tidak efektif, beberapa produk perawatan jerawat dapat membantu. Produk-produk tersebut mengandung asam yang dapat mengatasi kulit berminyak, seperti:

  • asam salisilat
  • asam glikolat
  • asam beta-hidroksi
  • benzoil peroksida

Asam ini dapat menyebabkan iritasi pada beberapa jenis kulit. Untuk itu, saat mulai menggunakan produk baru, lakukan test patch terlebih dahulu. Gunakan produk baru tersebut pada area kecil kulit untuk melihat bagaimana reaksi tubuh sebelum menggunakannya secara keseluruhan.

2. Gunakan Toner

Cara mengatasi kulit wajah berminyak yang kedua adalah dengan menggunakan toner. Toner astringen yang mengandung alkohol cenderung mengeringkan kulit. Namun, menurut sebuah studi, zat alami seperti witch hazel dapat memiliki sifat menenangkan kulit.

Witch hazel memiliki kandungan tanin tinggi yang menjadikannya astringent alami dan anti inflamasi. Banyak orang dengan kulit berminyak menggunakan witch hazel sebagai satu-satunya toner mereka.

Pada beberapa orang, toner astringent alami dapat membuat pori-pori yang membesar tampak lebih kecil dan menghilangkan sedikit produk atau riasan yang dapat menyumbat pori-pori.

3 dari 4 halaman

Tepuk Wajah Hingga Kering dan Gunakan Kertas Minyak

3. Tepuk-Tepuk Wajah Hingga Kering

Cara mengatasi kulit wajah berminyak yang ketiga adalah dengan menepuk-nepuknya hingga kering seusai membersihkan wajah dengan air. Saat mengeringkan wajah setelah mencuci dan menggunakan toner, Anda harus menepuk-nepuk kulit dengan lembut menggunakan handuk lembut.

Hal ini harus dilakukan dengan hati-hati. Tidak disarankan untuk menarik atau menggosok kulit dengan handuk atau waslap yang kasar, karena dapat merangsang kulit untuk menghasilkan lebih banyak sebum.

4. Gunakan Kertas Minyak

Cara mengatasi kulit wajah berminyak yang ke empat adalah dengan menggunakan kertas minyak. Telah banyak produsen kecantikan membuat kertas penyerap minyak, yang merupakan kertas penyerap yang dirancang khusus untuk menarik minyak dari kulit.

Kertas penyerap tidak akan mengatasi produksi sebum di kulit, tetapi dapat digunakan untuk mengangkat minyak berlebih dari kulit sepanjang hari untuk membuatnya tampak kurang berkilau.

4 dari 4 halaman

Gunakan Masker Wajah dan Moisturizer

5. Gunakan Masker Wajah

Cara mengatasi kulit wajah berminyak yang kelima adalah dengan menggunakan masker wajah. Masker wajah tertentu menawarkan manfaat untuk merawat kulit berminyak. Masker-masker ini biasanya mengandung bahan-bahan seperti:

  • Tanah liat. Masker yang mengandung mineral seperti smektit atau bentonit dapat menyerap minyak dan mengurangi kilau kulit dan kadar sebum tanpa mengiritasi kulit. Gunakan hanya sesekali untuk mencegah kulit mengering, dan oleskan pelembap lembut sesudahnya.
  • Madu. Sebuah studi melaporkan bahwa madu mentah alami memiliki kualitas antibakteri dan antiseptik. Masker wajah madu selama 10 menit dapat mengurangi jerawat dan kulit berminyak sekaligus menjaga kulit tetap lembut.
  • Havermut. Masker yang mengandung oatmeal koloid dapat membantu membersihkan kulit. Oat mengandung saponin pembersih yang lembut, antioksidan, dan senyawa antiinflamasi yang dapat menenangkan kulit yang teriritasi.

6. Gunakan Moisturizer

ilustrasi kulit cantik
©Shutterstock

Cara mengatasi kulit wajah berminyak yang ke enam adalah dengan menggunakan moisturizer. Meskipun banyak pemilik kulit berminyak menghindari menggunakan pelembap karena takut kulit akan terlihat makin berminyak, penggunaan pelembap yang tepat justru dapat bermanfaat bagi jenis kulit ini.

Bagi orang dengan kulit sangat berminyak, pelembap bebas minyak dapat membantu menjaga kelembapan dan perlindungan kulit, tanpa membuatnya terasa berminyak. Studi menunjukkan bahwa lidah buaya bisa menjadi pelembap yang baik untuk mengobati jerawat dan kulit berminyak.

Senyawa tertentu dalam lidah buaya dapat memberikan efek menenangkan secara alami pada kulit. Studi juga mencatat bahwa suatu produk harus memiliki setidaknya 10 persen lidah buaya di dalamnya untuk menjadi pelembap yang efektif.

(mdk/edl)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami