6 Cara Mengatasi Susah Tidur dengan Metode Pijat, Efektif dan Mudah Dilakukan

6 Cara Mengatasi Susah Tidur dengan Metode Pijat, Efektif dan Mudah Dilakukan
JATIM | 26 Maret 2020 16:00 Reporter : Rakha Fahreza Widyananda

Merdeka.com - Insomnia, memang menjadi momok menakutkan untuk orang-orang dalam kategori usia produktif. Seringkali gangguan tidur dapat membuat kita terjaga di malam hari sehingga menyebabkan kurang produktif di siang hari karena kurangnya istirahat rahat.

Insomnia, merupakan kondisi dimana ketika seseorang mengalami kesulitan tidur. Gangguan tidur tersebut akan membuat seseorang tak memiliki waktu tidur cukup yang dibutuhkan oleh tubuh. Hal tersebut menyebabkan kondisi fisik para pengidap penyakit insomnia menjadi tidak cukup fit untuk melakukan aktivitas pada keesokan harinya.

Tidur merupakan keadaan tidak sadar yang terjadi secara alami untuk memungkinkan tubuh untuk beristirahat. Pada saat seseorang tidur, tubuh akan melakukan siklus yang bergantian antara tidur gerakan mata cepat dan tidur non-gerakan mata cepat.

Seseorang memungkinkan akan melakukan empat atau lima siklus tidur dalam satu malam. Satu siklus tidur berlangsung kurang lebih selama 90 menit. Siklus ini diawali dengan empat tahap tidur non-REM yang terdiri dari tidur ringan sampai tidur dalam, lalu dilanjutkan dengan tidur REM dan di tahap inilah biasanya mimpi akan terjadi.

Terdapat beberapa faktor yang dapat mengakibatkan seseorang mengalami insomnia seperti depresi gangguan kecemasan, stres, bekerja dengan sistem shift, usia, jenis kelamin, ataupun saat seseorang sedang melakukan perjalanan jauh.

Banyak orang saat ini memang memiliki masalah kesulitan tidur setiap harinya. Bagi Anda yang mengalami hal tersebut, maka jangan anggap remeh kebiasaan ini karena bisa jadi Anda terkena gejala insomnia.

Penderita insomnia mengalami kesulitan untuk tidur atau untuk mempertahankan tidurnya meskipun memiliki kesempatan untuk itu, sering terjaga di malam hari dan sepanjang hari merasakan kelelahan.

Jika Anda mengalami gejala tersebut, memang ada berbagai cara untuk mengatasi insomnia. Salah satunya adalah metode pijatan kaki untuk membantu anda cepat tertidur.

Seorang ahli refleksi menjelaskan bagaimana cara melakukan pijatan sendiri dalam beberapa langkah. Berikut merdeka.com rangkum langkah-langkah metode pijatan kaki untuk membantu Anda cepat tidur, seperti yang telah dilansir dari Liputan6.com.

1 dari 6 halaman

Langkah Pertama

cara mengatasi susah tidur

Liputan6.com

Cara mengatasi susah tidur dengan metode pijat yang pertama adalah Anda bisa memulai dengan titik di atas jempol kaki. Pada area titik tersebut, usahakan pijat titik ujung jempol kaki dengan gerakan memutar sambil sedikit memberi tekanan dan tahan selama beberapa detik.

Lakukan hal tersebut secara berulang-ulang agar dapat membantu Anda dalam mengatasi insomnia. Anda bisa menggunakan minyak kayu putih ataupun baby oil agar memberi efek hangat pada area kaki.

2 dari 6 halaman

Langkah Kedua

cara mengatasi susah tidur

Liputan6.com

Cara mengatasi susah tidur dengan metode pijat yang kedua adalah dengan memijat jempol kaki dengan ibu jari. Mulailah melakukan gerakan memijat dari sisi jari kakimu dan bergerak dari bawah ke atas. Lalu lanjut ke pusat jari kaki Anda dan kemudian ke sisi lain dari jari kaki. Ulang gerakan memijat tersebut setidaknya 3 kali. Hal tersebut agar metode pijat yang Anda lakukan dapat memberikan manfaat yang maksimal untuk mengatasi gangguan tidur.

3 dari 6 halaman

Langkah Ketiga

cara mengatasi susah tidur

Liputan6.com

Cara mengatasi susah tidur dengan metode pijat yang berikutnya dengan melakukan gerakan memijat bagian atas kaki. Cara yang bisa anda lakukan adalah pijat bagian atas kaki dan bergeraklah ke atas ke area jari-jari Anda.

Tekan semua bagian alas kaki. Untuk memperoleh hasil yang maksimal, disarankan bagi Anda untuk melakukan cara tersebut berulang kali hingga kaki dan tubuh terasa rileks dan dapat mengatasi gangguan insomnia.

4 dari 6 halaman

Langkah Keempat

cara mengatasi susah tidur

Liputan6.com

Cara mengatasi susah tidur dengan metode pijat yang selanjutnya dengan melakukan teknik pijat menekan ibu jari sambil menahan kaki, dari satu satu sisi ke sisi lain dalam gerakan melingkar. Untuk memperoleh hasil yang maksimal, disarankan untuk mengulangi gerakan pemijatan tersebut setidaknya 3 kali agar tubuh terasa rileks dan dapat membantu menjaga kualitas tidur.

5 dari 6 halaman

Langkah Kelima

cara mengatasi susah tidur

Liputan6.com

Cara mengatasi susah tidur dengan metode pijat yang selanjutnya dengan cara melakukan teknik pemijatan pada bagian tengah kaki menggunakan ibu jari dalam gerakan memutar. Untuk memberikan efek yang maksimal, Anda bisa menekan titik-titik tersebut dan tahan selama beberapa detik.

Hal tersebut akan membantu merangsang dan membuat rileks otot dan saraf-saraf yang ada di area kaki Anda. Ulangi gerakan tersebut setidaknya 3 kali agar tubuh terasa rileks dan nyaman untuk tidur.

6 dari 6 halaman

Langkah Keenam

cara mengatasi susah tidur

Liputan6.com

Langkah yang bisa Anda lakukan yang terakhir dengan cara melakukan teknik pijat seperti menarik lembut masing-masing jari-jari kaki. Mulailah dengan ibu jari dan pindah menuju kelingking.

Anda dapat mengulangi hingga beberapa kali untuk memperoleh hasil yang maksimal. Selain itu, Anda juga dapat memijat di antara jari-jari kaki untuk melemaskan otot dan saraf-saraf yang terdapat dalam kaki.

(mdk/raf)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami