9 Manfaat Air Madu Lemon untuk Kesehatan Tubuh, Perbanyak Konsumsinya

9 Manfaat Air Madu Lemon untuk Kesehatan Tubuh, Perbanyak Konsumsinya
Ilustrasi madu lemon. ©shutterstock.com/irina.roibu
JATIM | 6 Agustus 2022 07:01 Reporter : Edelweis Lararenjana

Merdeka.com - Manfaat air madu lemon bagi kesehatan sangat menarik untuk Anda ketahui. Pasalnya, air madu lemon memang merupakan minuman yang menenangkan dan menyegarkan. Lemon dan madu adalah dua bahan dengan banyak manfaat kesehatan.

Tidak heran ada kepercayaan populer bahwa menggabungkannya menjadi satu minuman dapat meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Ketika dicampur dalam proporsi yang tepat, madu dan lemon menawarkan manfaat kesehatan yang luar biasa.

Madu adalah gudang antioksidan, flavonoid dan senyawa fenolik, vitamin dan mineral penting. Sementara, lemon super kaya akan vitamin C dan nutrisi penting lainnya yang bermanfaat dalam meningkatkan kekebalan, detoksifikasi, menunda waktu pengosongan lambung dan meningkatkan kesehatan pencernaan.

Air madu lemon dapat berperan seperti obat mujarab yang sehat, pembangkit tenaga nutrisi. Beberapa penelitian mengklaim bahwa minuman ini mampu membantu membakar lemak, membersihkan jerawat dan mengeluarkan racun dari tubuh. Menarik, bukan?

Berikut ulasan selengkapnya mengenai manfaat air madu lemon yang sangat menarik untuk Anda ketahui, melansir WebMD dan Net Meds.

2 dari 4 halaman

1. Minuman Detoks

Manfaat air madu lemon yang pertama adalah untuk detoksifikasi. Air lemon dan madu berfungsi sebagai minuman detoks alami dan memberi Anda energi instan sekaligus mendetoksifikasi tubuh.

Minumlah keduanya dengan air hangat saat perut kosong. Pastikan untuk memilih jenis madu murni atau organik.

2. Penambah Energi

Manfaat air madu lemon yang kedua adalah untuk menambah energi. Minuman ini adalah penambah energi alami yang memberi Anda sumber energi cepat selama latihan atau rejimen olahraga.

Ini membantu dalam menstabilkan tingkat energi setelah latihan yang ketat.

3. Sehatkan Pencernaan

Manfaat air madu lemon yang ketiga adalah untuk menyehatkan pencernaan. Lemon dan madu dalam air hangat adalah minuman yang ideal untuk meringankan sembelit dan melancarkan pencernaan.

Minuman ini bermanfaat dalam membersihkan usus besar dan membuang makanan dan racun yang tidak tercerna dari tubuh.

3 dari 4 halaman

4. Penambah Kekebalan

Manfaat air madu lemon yang ke empat adalah untuk menambah kekebalan. Minuman ini kaya akan nutrisi penting yang meliputi Vitamin C, B kompleks, fosfor, kalsium, dan magnesium.

Nutrisi membantu dalam meningkatkan sistem, membersihkan racun dan mencegah infeksi saluran kemih selain melindungi tubuh terhadap infeksi.

5. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Manfaat air madu lemon yang kelima adalah untuk membantu meningkatkan kesehatan kulit.

Minuman ini sarat dengan sifat antibakteri bertindak sebagai pembersih alami, yang membantu dalam memurnikan darah, meningkatkan kolagen dan membuat kulit Anda terlihat bercahaya dan kenyal.

6. Bantu Penurunan Berat Badan

Manfaat air madu lemon yang ke enam adalah untuk membantu proses penurunan berat badan. Air madu lemon adalah minuman yang sempurna untuk memulai hari.

Menambahkan beberapa tetes madu dan 1 sdt jus lemon ke dalam air hangat dapat meningkatkan aktivitas metabolisme yang pada gilirannya membantu membakar lemak.

4 dari 4 halaman

7. Cegah Batu Ginjal

Manfaat air madu lemon yang selanjutnya adalah untuk membantu mencegah batu ginjal. Urin yang pekat dan asam dapat menyebabkan sensasi terbakar pada saluran kemih saat buang air kecil dan juga dapat menyebabkan batu.

Sifat antimikroba dari madu dan efek diuretik dari lemon bekerja sama untuk membuang bakteri dan zat berbahaya lain yang tidak diinginkan dari sistem yang menyebabkan batu ginjal.

Selain itu, banyaknya asam sitrat dalam lemon dan madu bersama-sama menjadi basa di alam dan secara efektif dapat membantu mencegah pembentukan batu di ginjal untuk sebagian besar.

8. Tingkatkan Kesehatan Jantung

Manfaat air madu lemon yang berikutnya adalah untuk membantu meningkatkan kesehatan jantung. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa asupan buah jeruk terutama yang mengandung vitamin C konsentrasi tinggi sangat bermanfaat untuk menghindari masalah jantung dan pencegahan stroke.

Dipenuhi dengan pasokan vitamin C yang baik, lemon bekerja untuk mencegah faktor-faktor yang menyebabkan penyakit jantung. Sementara madu memainkan peran kunci dalam menurunkan kadar kolesterol jahat dan trigliserida dalam tubuh yang pada gilirannya mencegah pengendapan plak di pembuluh darah dan juga mencegah pembentukan aterosklerosis dan masalah jantung lainnya.

9. Obat Edema

Manfaat air madu lemon yang terakhir adalah sebagai obat edema. Retensi air dalam tubuh seringkali dapat menyebabkan pembengkakan kaki dan bahkan memberi tekanan pada jantung dan darah yang pada akhirnya menyebabkan edema dan hipertensi.

Minuman air madu lemon berfungsi sebagai diuretik yang luar biasa dan membantu dalam produksi urin. Jadi, meminum segelas air madu lemon di pagi hari saat perut kosong tidak hanya mengobati edema tetapi juga mengatasi masalah tekanan darah tinggi.

(mdk/edl)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini