6 Manfaat Buah Naga bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

6 Manfaat Buah Naga bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui
JATIM | 20 Februari 2020 16:00 Reporter : Rakha Fahreza Widyananda

Merdeka.com - Buah naga merupakan buah yang cukup dikenal oleh masyarakat pada umumnya. Ciri khasnya yang memiliki kulit berwarna merah, dengan daging buah berwarna merah ataupun putih.

Buah ini selalu menjadi perhatian para penikmat kuliner. Tak hanya disantap langsung, buah naga juga bisa dijadikan beragam kreasi makanan seperti es krim, jus, hingga pudding.

Kerap mengonsumsinya apakah Anda tahu bahwa buah naga atau yang sering dijuluki dengan istilah moonflower ini juga menyimpan khasiat yang baik untuk tubuh?

Kandungan vitamin dan zat-zat lain yang terkandung dalam buah naga merupakan sumber makanan baik yang sangat berguna bagi tubuh. Berikut 6 manfaat buah naga bagi kesehatan yang jarang diketahui oleh kebanyakan orang.

1 dari 6 halaman

1. Dapat mencegah penyakit kronis

manfaat buah naga

2020 Liputan6.com

Manfaat buah naga bagi kesehatan yang jarang diketahui adalah buah naga dapat berfungsi sebagai pencegah penyakit kronis. Buah naga merupakan buah yang kaya akan antioksidan yang dibutuhkan oleh tubuh.

Zat-zat yang terkandung dalam buah naga berfungsi untuk mengurangi radikal bebas dalam tubuh. Proses detoksifikasi (pengeluaran racun dalam tubuh) pun akan berjalan dengan lancar.

Dilansir dari liputan6.com, antioksidan akan bekerja dengan cara menetralkan radikal bebas, sehingga mencegah kerusakan sel dan peradangan. Selain itu zat yang terdapat dalam buah naga juga dapat berfungsi sebagai pencegah penyakit kronis seperti penyakit jantung, kanker, diabetes, dan peradangan sendi.

Buah naga mengandung beberapa jenis antioksidan yang tinggi seperti vitamin C, beta-karoten, likopen dan betalain. Hal tersebut sangat baik untuk kesehatan tubuh, sehingga sangat disarankan untuk Anda dapat mengonsumsi buah naga sebagai menu pelengkap pada saat makan.

2 dari 6 halaman

2. Dapat menurunkan berat badan

manfaat buah naga

2020 Liputan6.com

Bagi Anda yang memiliki dengan bobot tubuh, manfaat buah naga bagi kesehatan yang jarang diketahui adalah buah naga dapat berfungsi sebagai makanan pelengkap diet. Buah naga dapat membantu menurunkan berat badan.

Kandungan protein yang terkandung di dalamnya sangat tinggi, namun tetap rendah lemak dan karbohidrat. Hal tersebut yang membuat buah naga bisa dijadikan opsi camilan saat diet .

Dilansir dari liputan6.com, mengonsumsi satu buah naga akan mampu membuat tubuh tidak mudah merasa lapar. Hal tersebut didasari oleh kandungan buah naga tinggi akan kandungan serat sehingga membuat tetap merasa kenyang sepanjang hari.

Variasi olahan buah naga juga beragam mulai jus hingga bisa dijadikan selai roti. Konsumsi buah naga secara rutin agar dapat memperoleh hasil yang maksimal saat menjalani program diet.

3 dari 6 halaman

3. Dapat berfungsi meningkatkan sistem kekebalan tubuh

manfaat buah naga

2020 Liputan6.com

Bagi Anda yang memiliki masalah kekebalan tubuh, manfaat buah naga bagi kesehatan yang jarang diketahui berikutnya adalah dapat menjaga sistem kekebalan tubuh. Dilansir dari liputan6.com, tingginya kadar vitamin C yang ditemukan di dalam buah naga terbukti dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Kandungan karatenoid di dalam buah naga juga dapat berfungsi untuk mencegah infeksi dengan cara melindungi sel darah putih di dalam tubuh dari kerusakan. Selain itu dipadukan dengan kandungan antioksidan yang juga bekerja untuk menetralkan radikal bebas dan memberi pertahanan pada sel darah putih.

Sel darah putih sendiri memiliki fungsi vital yaitu melindungi tubuh tetap kuat dan tidak mudah terserang penyakit. Mengonsumsi buah naga secara rutin sangat dianjurkan untuk kesehatan.

4 dari 6 halaman

4. Melancarkan sistem pencernaan

manfaat buah naga

2020 Liputan6.com

Bagi Anda yang memiliki masalah pada sistem pencernaan, manfaat buah naga bagi kesehatan yang jarang diketahui adalah buah naga dapat berfungsi untuk melancarkan pencernaan. Kandungan prebiotic yang terkandung di dalam buah naga memiliki potensi untuk meningkatkan bakteri baik di dalam usus.

Prebiotic memiliki fungsi untuk mendorong pertumbuhan bakteri usus seperti lactobacilli dan bifidobacteria yang berguna untuk melancarkan sistem pencernaan. Dilansir dari liputan6.com, mengonsumsi buah naga secara teratur juga dapat mengurangi risiko infeksi pada saluran pencernaan. Buah naga juga bermanfaat untuk mencegah sembelit, sindrom iritasi usus, ataupun kanker kolorektal.

5 dari 6 halaman

5. Mencegah penyakit anemia

manfaat buah naga

2020Liputan6.com

Bagi Anda yang memiliki masalah kekurangan darah wajib mengonsumsi buah naga. Manfaat buah naga bagi kesehatan ternyata dapat menjadi pencegah dan mengatasi penyakit anemia.

Menurut seorang dokter bernama Ahmad Muhlisin, buah naga memiliki khasiat untuk meningkatkan hemoglobin bagi penderita anemia. Zat besi yang terkandung dapat membantu memproduksi sel darah merah, dan membantu untuk oksigenasi organ tubuh manusia.

6 dari 6 halaman

6. Meningkatkan kesehatan tulang

manfaat buah naga

2020 Liputan6.com

Manfaat buah naga bagi kesehatan yang jarang diketahui terakhir adalah buah naga dapat berfungsi sebagai buah yang dapat meningkatkan kesehatan tulang. Kandungan magnesium yang ada pada buah naga lebih banyak dibanding dengan jenis buah lainnya.

Selain itu kandungan kalsium pada buah naga juga dapat berfungsi sebagai pencegah penyakit pengeroposan pada tulang atau yang biasa dikenal dengan istilah osteoporosis. Selain baik untuk kesehatan tulang, buah naga juga dapat bermanfaat untuk meningkatkan fungsi otot.

(mdk/raf)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami