6 Manfaat Bunga Kecombrang untuk Kesehatan, Bisa Netralkan Asam Lambung

6 Manfaat Bunga Kecombrang untuk Kesehatan, Bisa Netralkan Asam Lambung
JATIM | 18 Juni 2020 12:30 Reporter : Rakha Fahreza Widyananda

Merdeka.com - Bunga kecombrang atau yang memiliki nama asli Etlingrea elatior mudah ditemukan di Indonesia. Bunga ini banyak dijadikan campuran dalam makanan untuk menambah kekayaan rasa.

Rasanya sangat khas, yaitu agak asam seperti lemon dan pedas seperti jahe. Aromanya juga mirip dengan daun sereh. Di Bali, biasanya bunga kecombrang dijadikan campuran ke dalam sambal matah. Di Banyumas, bunga ini dijadikan campuran dalam pecel.

Tidak hanya sekedar dijadikan bahan makanan, bunga kecombrang juga memiliki segudang manfaat. Bunga kecombrang mengandung seng, magnesium, kalsium, fosfor, dan zat besi kalium.

Untuk mengetahui secara rinci, berikut kami telah rangkum 6 manfaat bunga kecombrang untuk kesehatan tubuh yang dilansir dari Liputan6.com.

1 dari 6 halaman

1. Bantu Bersihkan Darah

ilustrasi darah

©2020 Merdeka.com/www.pixabay.com

Manfaat bunga kecombrang untuk kesehatan tubuh pertama dapat bantu bersihkan darah. Darah kotor yang ada di dalam tubuh dapat menimbulkan masalah pada organ tubuh. Bunga kecombrang mengandung senyawa alami yang dapat membersihkan darah. Jadi, darah yang mengalir tidak membawa bakteri atau virus. Darah yang bersih akan memengaruhi kesehatan tubuh.

2 dari 6 halaman

2. Lancarkan ASI

001 destriyana

©2015 Merdeka.com/shutterstock

Manfaat bunga kecombrang untuk kesehatan tubuh berikutnya dapat membantu lancarkan ASI. ASI sangat penting untuk makanan bagi bayi. Lancarnya ASI dapat berpengaruh pada kesehatan bayi.

Selain mengonsumsi banyak sayur dan buah, konsumsi bunga kecombrang bisa membantu untuk melancarkan ASI. Bisa dimasak bersama sayur lainnya atau menjadi bumbu masakan.

3 dari 6 halaman

3. Kuatkan Tulang dan Gigi

tulang

©www.indusladies.com

Manfaat bunga kecombrang untuk kesehatan tubuh berikutnya dapat membantu kuatkan tulang dan gigi. Hal ini dikarenakan kecombrang mengandung kandungan mineral yang tinggi.

Maka dari itu, kecombrang dapat membuat tulang dan gigi Anda akan menjadi lebih kuat. Konsumsi bunga kecombrang akan sangat direkomendasikan terutama bagi anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan.

4 dari 6 halaman

4. Bantu Hindarkan Dehidrasi

ilustrasi dehidrasi

Shutterstock/Maridav

Manfaat bunga kecombrang yang keempat dapat bantu tubuh untuk menghindari bahaya dari dehidrasi. Dehidrasi sangat berbahaya bagi tubuh. Dengan begitu, dibutuhkan banyak cairan sehingga terhindar dari dehidrasi.

Cara mudah untuk menghindarinya ialah mengonsumsi makanan yang mengandung banyak air dan mineral. Bunga kecombrang yang mengandung air dan mineral untuk mencegah dehidrasi.

5 dari 6 halaman

5. Bantu Sembuhkan Luka

kecil

©www.wikihow.com

Manfaat bunga kecombrang untuk kesehatan tubuh berikutnya dapat bantu sembuhkan luka pada tubuh. Kandungan anti-mikroba yang ada pada bunga kecombrang akan sangat bermanfaat untuk proses penyembuhan luka. Ketika kecombrang dibalurkan ke luka, bunga ini akan membuat luka tetap steril sehingga akan mempercepat proses penyembuhannya.

6 dari 6 halaman

6. Netralkan Asam Lambung

9 penyebab asam lambung naik

universityhealthnews.com ©2020 Merdeka.com

Manfaat bunga kecombrang untuk kesehatan tubuh berikutnya dapat bantu netralkan asam lambung. Mengonsumsi bunga kecombrang dapat membantu untuk menyembuhkan sakit perut akibat asam di lambung.

Kandungan yang ada di dalam bunga kecombrang dipercaya akan mampu menetralkan asam lambung. Namun, Anda juga harus tetap menjaga pola makan yang sehat. Tidak makan terlalu pedas atau terlalu asam.

(mdk/raf)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami