6 Manfaat Cincau Bagi Kesehatan, Mampu Lancarkan Pencernaan dan Turunkan Berat Badan

6 Manfaat Cincau Bagi Kesehatan, Mampu Lancarkan Pencernaan dan Turunkan Berat Badan
Ilustrasi cincau hijau. ©Tantri Setyorini
JATIM | 25 November 2020 17:01 Reporter : Edelweis Lararenjana

Merdeka.com - Cincau, yang juga dikenal sebagai grass jelly, xian cao atau chin chow adalah salah satu camilan manis tradisional favorit yang terkenal di daratan Asia. Cincau adalah sejenis desert atau makanan penutup yang umum dijumpai di negara-negara seperti Cina, Hong Kong, Taiwan, Makau, Singapura, dan Indonesia. Cincau biasanya disajikan dalam bentuk dingin atau es dengan berbagai topping lainnya seperti kelapa muda, buah-buahan, santan, sirup, atau gula merah cair.

Cincau sangat cocok dikonsumsi saat cuaca panas untuk meringankan dahaga dan lapar. Di Indonesia, cincau sangat mudah dijumpai dan dijual di berbagai tempat. Es cincau adalah salah satu menu olahan favorit dari makanan ini dan disukai oleh hampir semua orang dari berbagai usia. Tak hanya menyegarkan, cincau ternyata juga memiliki berbagai manfaat kesehatan yang tak boleh luput dari perhatian Anda yang gemar mengonsumsinya.

Cincau yang beredar di pasaran biasanya terdiri dari dua jenis, yakni cincau hitam dan cincau hijau. Dikutip dari livestrong.com, cincau hitam dibuat dari tanaman Mesona Palustris, sedangkan tanaman Cyclea Barbata Miers digunakan untuk membuat cincau hijau. Untuk membuat kedua jenis cincau ini, daun tanaman direndam dalam air hingga terbentuk zat seperti gel.

Cincau diketahui memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Mengutip publikasi dari Food and Public Health yang dilakukan oleh Universitas Brawijaya, beberapa manfaat cincau yang diketahui adalah untuk membantu menurunkan tekanan darah, menyeimbangkan gula darah dan melindungi dari diabetes dan penyakit hati. Cincau juga dipercaya dapat bertindak sebagai antioksidan untuk melawan radikal bebas dan bakteri berbahaya penyebab penyakit dan infeksi.

Berikut ini adalah penjelasan selengkapnya mengenai manfaat cincau bagi kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui.

Baca Selanjutnya: Atasi Diabetes dan Masalah Pencernaan...

Halaman

(mdk/edl)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami