6 Manfaat Masker Pisang dan Madu, Bantu Wajah Tampak Makin Glowing

6 Manfaat Masker Pisang dan Madu, Bantu Wajah Tampak Makin Glowing
Ilustrasi masker wajah. ©iStock
JATIM | 19 Oktober 2021 18:01 Reporter : Edelweis Lararenjana

Merdeka.com - Masker wajah berbahan dasar alami sedang sangat digandrungi belakangan ini. Salah satunya adalah masker berbahan pisang dan madu. Masker wajah buatan sendiri ini dipercaya dapat memberi khasiat yang sama besarnya dengan masker-masker wajah buatan pabrik yang terjual di luar sana.

Masker wajah dari pisang dan madu dipercaya dapat memberikan kelembapan ekstra untuk kulit yang sedang kering, sekaligus membantu membuat kulit Anda terasa dan terlihat lebih muda, lebih lembut dan lebih lembap dari sebelumnya.

Pisang penuh dengan nutrisi yang bagus untuk kulit Anda, sementara madu memberikan kelembapan yang intens. Kombinasi keduanya lantas menjadikan masker ini sebagai pilihan utama bagi pemilik jenis kulit kering. Berikut selengkapnya mengenai manfaat masker pisang dan madu yang menarik untuk diketahui, dilansir dari healthline.

2 dari 4 halaman

Manfaat Masker Pisang dan Madu untuk Wajah

buah pisang

buah pisang ©2012 tomakebeauty.info

Dalam penggunaannya secara topikal, pisang memiliki satu kandungan yang paling menonjol yakni silika, kerabat silikon. Diketahui bahwa silika dalam pisang dapat membantu meningkatkan produksi kolagen, protein alami yang membantu menjaga kulit tetap terhidrasi dan halus. Pisang juga mengandung nutrisi, beberapa di antaranya dapat membantu kesehatan kulit seperti kalium, vitamin B-6, vitamin C, dan sedikit vitamin A.

kuliner madu
Madu - marga.org

Sementara itu, menggunakan madu sebagai bahan dari masker wajah dapat memberikan manfaat langsung seperti kulit yang lebih lembut, halus dan kulit terasa lebih tenang karena sifat anti-inflamasinya. Selain kemampuannya untuk menyembuhkan dan menenangkan kulit yang meradang, madu juga mengandung antioksidan yang bermanfaat.

Berikut ini adalah 6 manfaat masker pisang dan madu yang perlu diketahui:

3 dari 4 halaman

1. Lawan Tanda Penuaan

Manfaat masker pisang dan madu yang pertama adalah untuk membantu melawan tanda-tanda penuaan seperti keriput. Seiring bertambahnya usia, adalah hal yang wajar bagi kulit untuk kehilangan kolagen.

Kehilangan kolagen dapat membuat kulit kurang kencang, dan dapat meningkatkan munculnya garis-garis halus dan kerutan. Masker wajah pisang dan madu dipercaya dapat membantu meningkatkan kolagen melalui silika, sehingga mengurangi munculnya kerutan.

2. Kulit Lebih Glowing

Manfaat masker pisang dan madu yang kedua adalah untuk membantu membuat kulit wajah nampak lebih glowing. Pisang kaya akan antioksidan, yang membantu melawan radikal bebas dalam tubuh.

Menerapkan antioksidan pada kulit dapat membantu melindunginya dari kerusakan akibat radikal bebas. Hal ini juga akan membantu Anda memiliki tampilan kulit yang lebih bercahaya atau glowing.

3. Atasi Kulit Kering

Manfaat masker pisang dan madu yang ketiga adalah untuk membantu mengatasi kulit wajah yang sedang kering. Beberapa penelitian mengklaim bahwa pisang dapat membantu mengatasi kulit kering.

Hal ini mungkin terkait dengan kandungan vitamin B-6 dan potasiumnya. Meski demikian, masih diperlukan lebih banyak penelitian untuk mendukung klaim ini.

4 dari 4 halaman

4. Lindungi dari Sinar Matahari

Manfaat masker pisang dan madu yang ke empat adalah untuk membantu melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Meskipun masker wajah tidak dapat menggantikan tabir surya harian Anda, pisang memang diketahui mengandung antioksidan yang dapat meningkatkan kemampuan alami kulit untuk mencegah kerusakan akibat sinar matahari. Vitamin A, C, dan E adalah yang paling menonjol dari pisang untuk hal ini.

5. Atasi Jerawat

Manfaat masker pisang dan madu yang kelima adalah untuk membantu atasi jerawat. Meskipun pisang tidak memiliki bahan penangkal jerawat yang sama seperti minyak pohon teh, benzoil peroksida, atau asam salisilat, pisang dan madu dianggap bisa membantu jerawat dengan mengurangi peradangan pada kulit berkat kandungan vitamin A-nya. Fenolik dalam pisang juga mengandung antimikroba untuk mengobati lesi jerawat.

6. Pudarkan Bekas Jerawat

Manfaat masker pisang dan madu yang terakhir adalah untuk membantu memudarkan luka bekas jerawat. Para peneliti mengklaim bahwa pisang dapat mengurangi hiperpigmentasi di kulit dengan bantuan vitamin A dan C. Masker ini bisa bermanfaat bagi bekas jerawat serta bintik matahari.

(mdk/edl)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami