6 Manfaat Serai Untuk Kesehatan, Kaya Antioksidan dan Bantu Obati Anemia

6 Manfaat Serai Untuk Kesehatan, Kaya Antioksidan dan Bantu Obati Anemia
Ilustrasi serai. ©2015 Merdeka.com/shutterstock/Singkham
JATIM | 24 September 2020 08:01 Reporter : Edelweis Lararenjana

Merdeka.com - Serai adalah ramuan abadi kuliner multifungsi yang berasal dari India dan daerah tropis Asia. Serai dapat hidup hingga 4 tahun di alam liar.

Serai biasa digunakan dalam banyak hidangan Asia berkat aroma jeruk yang unik dan rasanya yang tajam. Serai juga digunakan untuk mengobati beberapa masalah kesehatan dan campuran dalam industri kosmetik serta parfum.

Tanaman serai kaya akan vitamin, mineral, elektrolit, dan bahan kimia lain yang berfungsi sebagai antioksidan. Oleh karenanya tanaman herbal ini sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Daun serai kaya akan serat kasar, sejenis serat makanan yang membuatnya tinggi karbohidrat. Seratus gram serai memiliki 99 kalori, tetapi tidak mengandung kolesterol. Serai juga mengandung nutrisi berikut per 100 gramnya:

  • Folat (75 µg; 19% dari RDA): Vitamin B ada di daun dan batang serai dan terlibat dalam pembelahan sel dan sintesis DNA
  • Vitamin C (2,6 mg; 4% dari RDA): Antioksidan yang memperbaiki jaringan dan mencegah penyakit kudis
  • Vitamin A: Membantu dalam pemeliharaan sistem kekebalan, penglihatan, dan pertumbuhan dan perkembangan
  • Magnesium (60 mg; 19% RDA): Mineral penting untuk struktur tulang, sintesis protein, glikolisis (produksi energi), dan fungsi otot dan saraf
  • Selenium: Antioksidan yang mendukung sistem kekebalan, fungsi kognitif, dan kesuburan
  • Fosfor (101 mg; 14% RDA): Mineral esensial yang membantu membangun tulang, asam nukleat, dan membran sel.
  • Besi (8,17 mg; 45% AKG): Mineral yang merupakan bagian dari hemoglobin, protein yang membawa oksigen dari paru-paru ke jaringan.
  • Seng (2,23 mg; 27% AKG): Mineral esensial yang terlibat dalam metabolisme sel yang berperan dalam sintesis protein, penyembuhan luka, sintesis DNA, dan pertumbuhan serta perkembangan normal.
  • Vitamin B (jumlah kecil): Vitamin yang penting untuk metabolisme energi, produksi sel darah, dan menjaga kesehatan jaringan tubuh.

Berikut ini adalah 6 manfaat serai bagi kesehatan yang patut Anda ketahui, mengutip dari emedihealth.com

2 dari 4 halaman

Mengontrol Ketombe dan Bantu Merawat Gigi

1. Mengontrol Ketombe

Manfaat serai yang pertama adalah untuk membantu mengontrol ketombe di rambut. Minyak esensial serai memiliki sifat antimikroba dan anti-inflamasi, dan efektif melawan infeksi yang disebabkan oleh jamur Malassezia furfur yang berhubungan dengan ketombe.

Sebuah studi tahun 2011 mengungkapkan bahwa sampo minyak serai 2% menunjukkan aktivitas antijamur terhadap M. furfur. Sebuah studi tahun 2015 juga menyimpulkan bahwa 10% tonik rambut minyak serai mengurangi ketombe lebih efektif daripada tonik rambut tanpa campuran serai.

2. Membantu Merawat Gigi

Manfaat serai yang kedua adalah untuk membantu merawat kesehatan gigi. Serai dapat membantu melawan periodontitis (radang gusi), penyakit gusi, dan gigi berlubang melalui sifat antibakteri, antijamur, antioksidan, dan anti-inflamasinya.

Produk yang mengandung serai tersedia untuk pengobatan periodontitis, berfungsi sebagai tambahan untuk root planing, dan meningkatkan kesehatan mulut secara keseluruhan. Produk tersebut termasuk obat kumur herbal, pasta gigi, obat-obatan, dan minyak esensial.

3 dari 4 halaman

Obati Anemia dan Bantu Kesehatan Mental

3. Mengobati Anemia

Manfaat serai yang ketiga adalah untuk membantu mengobati anemia. Anemia adalah suatu kondisi di mana seseorang merasa lemah dan lelah akibat kurangnya sel darah merah yang sehat untuk membawa suplai oksigen yang cukup ke jaringan tubuh.

Sebuah penelitian menemukan bahwa teh serai dapat meningkatkan eritropoiesis (produksi sel darah merah), kemungkinan karena kandungan nutrisinya (asam folat, tiamin, tembaga, besi, seng, dll.) serta sifat antioksidan dan farmakologisnya.

4. Bantu Tingkatkan Kesehatan Mental

Manfaat serai yang ke empat adalah untuk membantu meningkatkan kesehatan mental. Efek penguatan mental dari serai yaitu dapat meredakan kecemasan, meningkatkan semangat dan kepercayaan diri. Minyak serai dapat digunakan dalam aromaterapi untuk meredakan stres, kecemasan, dan insomnia.

Cara Pemakaian: Minum teh serai atau minyak serai difus untuk terapi.

4 dari 4 halaman

Baik Untuk Pencernaan dan Obati Pilek Serta Flu

5. Baik Untuk Pencernaan

Manfaat serai yang kelima adalah baik untuk sistem pencernaan. Serai memiliki energi pendinginan yang membantu menenangkan perut dan menjaga fungsi pencernaan agar tetap terkendali.

Serai mengandung komponen yang disebut citral yang membantu mencerna makanan. Oleh karena itu, teh serai kebanyakan disajikan setelah makan malam. Serai telah digunakan sebagai obat kuno untuk semua masalah perut dalam pengobatan Tiongkok seperti kembung, sembelit atau gangguan pencernaan.

6. Menyembuhkan Pilek dan Flu

Manfaat serai yang ke enam adalah untuk membantu menyembuhkan pilek serta flu. Serai memiliki sifat antibakteri dan antijamur yang membantu Anda mengatasi pilek, batuk, dan flu. Plus, serai sarat dengan Vitamin C yang memperkuat kekebalan tubuh.

Rebus serai segar bersama dengan beberapa cengkeh, sejumput kunyit dan daun teh. Ramuan sederhana ini efektif untuk mengurai lendir dan pembentukan dahak akibat hidung tersumbat. Campuran serai, daun tulsi, dan kapulaga yang panas juga merupakan obat Ayurveda yang umum untuk flu.

(mdk/edl)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami