6 Manfaat Teh Bunga Rosella untuk Kesehatan, Bantu Turunkan Tekanan Darah

6 Manfaat Teh Bunga Rosella untuk Kesehatan, Bantu Turunkan Tekanan Darah
Ilustrasi teh rosella. ©Shutterstock
JATIM | 6 Januari 2022 20:18 Reporter : Edelweis Lararenjana

Merdeka.com - Terdapat banyak manfaat teh bunga rosella yang menarik untuk Anda ketahui. Rosella yang memiliki nama latin Hibiscus sabdariffa adalah anggota dari keluarga malvaceae. Rosella adalah tanaman obat yang populer di seluruh dunia dan memiliki lebih dari tiga ratus spesies yang tersebar di daerah tropis dan subtropis.

Daun, biji, dan akar tanaman rosella merupakan bagian dari masakan tradisional di Asia dan Afrika, sedangkan kelopaknya digunakan untuk membuat pewarna makanan merah, selai, jus, dan minuman kerajinan. Saat dikeringkan, bunga rosella dapat dimakan sebagai buah atau digunakan untuk membuat teh.

Manfaat teh bunga rosella memiliki khasiat yang baik bagi tubuh. Secara tradisional, manfaat teh bunga roselladiketahui dapat mengobati sakit gigi, infeksi saluran kemih, pilek, dan bahkan mabuk. Salah satu alasan utama budidaya rosella adalah untuk menghasilkan serat kulit pohon yang diekstraksi dari batangnya dan digunakan sebagai pengganti rami.

Saat ini, Anda dapat dengan mudah mendapatkan teh bunga rosella terjual di berbagai tempat. Berikut penjelasan selengkapnya mengenai manfaat teh bunga rosella yang menarik untuk Anda ketahui, dilansir darimedcraveonline.com danrhymbahillstea.com.

2 dari 3 halaman

1. Kaya Kandungan Vitamin C

Manfaat teh bunga rosella yang pertama adalah memiliki kandungan vitamin C yang kaya. Kelopak bunga rosella kaya akan Vitamin C. Anda mungkin sudah tahu bahwa Vitamin C baik untuk tubuh, tetapi tahukah Anda seberapa baik manfaatnya?

Vitamin C sangat penting untuk menjaga tubuh agar dapat berfungsi dengan baik. Juga dikenal sebagai asam askorbat, Vitamin C membantu dalam memproduksi kolagen, penyembuhan luka dan tentu saja, menjaga tulang dan gigi yang kuat.

2. Lawan Bakteri

Manfaat teh bunga rosella yang kedua adalah untuk membantu melawan bakteri. Penelitian telah menunjukkan rosella memiliki sifat yang dapat melawan bakteri berbahaya. Sebuah studi tabung menunjukkan bahwa ekstrak tanaman ini mampu menghambat E.coli, strain bakteri yang dapat menyebabkan diare dan kram.

Sebagian besar penelitian memang masih terbatas pada pekerjaan laboratorium sehingga kita harus menunggu dan melihat bagaimana ini diterjemahkan ke manusia, tapi setidaknya kita tahu ada hal baik yang dapat ditemukan di tanaman rosella, baik dari bunga dan bahkan bijinya.

3. Turunkan Tekanan Darah

Manfaat teh bunga rosella yang ketiga adalah untuk membantu menurunkan tekanan darah. Terdapat penelitian yang menunjukkan bagaimana tanaman rosella dapat membantu menurunkan tekanan darah pada pasien sistolik dan diastolik. Tekanan darah tinggi telah diketahui melemahkan jantung dari waktu ke waktu, dan juga terkait dengan penyakit jantung.

Satu meta-analisis dari beberapa tes kontrol acak menunjukkan hasil yang menjanjikan, bahwa rosella memang memiliki 'efek signifikan' dalam menurunkan tekanan darah sistolik dan tekanan darah diastolik.

Namun, teh rosella tidak dianjurkan bagi mereka yang menggunakan hidroklorotiazid, suatu bentuk obat yang digunakan untuk mengatasi tekanan darah tinggi. Karena, ekstrak rosella dan obatnya bisa berinteraksi di dalam tubuh.

3 dari 3 halaman

4. Mengandung Zat Besi dan Protein

Manfaat teh bunga rosella yang ke empat adalah mengandung zat besi dan protein. Tubuh manusia membutuhkan zat besi untuk menjaga semua prosesnya berjalan dengan baik. Tanaman rosella dikemas dengan zat besi dan protein yang baik bagi tubuh.

Zat besi membantu tubuh dalam banyak hal, mulai dari meningkatkan kekebalan hingga sistem pencernaan, mengurangi kelelahan, dan memindahkan oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh.

Jika Anda seorang wanita hamil, Anda membutuhkan zat besi karena tubuh bekerja sangat keras pada saat mengandung. Zat besi membantu memproduksi lebih banyak darah (hemoglobin) untuk Anda dan bayi.

Protein, di sisi lain, adalah makronutrien penting lain yang dibutuhkan tubuh untuk tetap sehat. Ini tidak hanya membantu membangun otot, tulang, jaringan, tulang rawan, kulit dan darah; tetapi juga membantu memperbaiki jaringan dan menjaga kekebalan tubuh agar tetap kuat.

5. Kaya Kalsium

Manfaat teh bunga rosella yang kelima adalah kaya akan kalsium. Kalsium penting untuk membangun tulang yang kuat, tetapi tahukah Anda bahwa tubuh juga menggunakan kalsium untuk menjaga kesehatan saraf, jantung, dan otot?

Dengan sekitar 215mg kalsium per 100g dalam rosella merah (Database Nutrisi USDA), bunga ini kaya akan kalsium. Apa yang membuatnya luar biasa adalah bahwa ada begitu banyak cara untuk menikmati daun, bunga dan biji rosela dan mendapatkan semua nutrisi yang luar biasa ini, tanpa rasa bosan.

6. Kaya Antioksidan

Manfaat teh bunga rosella yang terakhir terdapat dalam kandungan antioksidannya yang kaya. Tanaman rosella dikemas dengan antioksidan, bahan kimia yang membantu melawan radikal bebas.

Radikal bebas diketahui berperan dalam kanker dan penyakit jantung. Mereka diproduksi ketika tubuh memecah makanan atau jika tubuh terkena unsur-unsur berbahaya seperti tembakau atau radiasi.

Studi yang dilakukan pada hewan telah menunjukkan peningkatan yang nyata dalam antioksidan setelah mengonsumsi ekstrak rosella, tetapi perlu diingat bahwa lebih banyak tes diperlukan untuk menunjukkan pengaruhnya pada manusia.

(mdk/edl)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami