7 Cara Menjaga Kesehatan Paru-Paru, Bantu Deteksi Dini Penyakit Pernapasan

7 Cara Menjaga Kesehatan Paru-Paru, Bantu Deteksi Dini Penyakit Pernapasan
JATIM | 25 Maret 2020 16:00 Reporter : Rakha Fahreza Widyananda

Merdeka.com - Paru-paru merupakan organ penting yang sangat berperan bagi kehidupan manusia. Ketika seseorang mengalami masalah yang berhubungan dengan paru-paru, tentunya pernapasan juga akan ikut terganggu dan mengalami masalah. Hal ini dikarenakan organ tersebut berperan untuk memompa oksigen ke seluruh pembuluh darah. Jadi, ketika mengalami gangguan maka tidak dapat menjalankan fungsinya dengan baik.

Agar proses pernapasan lancar, sebagai manusia hendaknya menjaga organ penting tersebut dengan baik. Cara yang dapat kita lakukan adalah dengan mengubah gaya hidup ke arah yang lebih sehat. Seringkali manusia memiliki gaya hidup yang tidak sehat dan dapat menyebabkan fungsi organ-organ vitalnya terganggu.

Untuk itu, agar kita tetap terjaga kesehatannya, maka kita perlu mengubah pola hidup menjadi lebih sehat. Untuk mengetahui secara lebih rinci tentang bagaimana agar kita memiliki pola hidup yang lebih sehat, berikut merdeka.com rangkum 7 cara menjaga kesehatan paru-paru yang telah dilansir dari berbagai sumber.

1 dari 7 halaman

1. Kurangi Kebiasaan Merokok

menjaga kesehatan paru paru

Liputan6.com

Cara menjaga kesehatan paru-paru yang pertama dengan mengurangi kebiasaan merokok. Jika perlu hilangkan kebiasaan tersebut. Asap rokok mengandung zat kimia berbahaya yang jika menggumpal di dalam paru-paru dapat merusak fungsi paru-paru.

Selain itu, apabila gumpalan tersebut tidak segera dibersihkan, maka akibatnya dapat menyebabkan kanker paru-paru dan obstruktif kronis. Untuk itu, cara mudah untuk membersihkan paru-paru dengan mengurangi jumlah rokok yang dihisap.

Jika perlu, Anda harus menghilangkan kebiasaan merokok agar kondisi paru-paru membaik dari hari ke hari.

2 dari 7 halaman

2. Jauhi Diri Dari Asap Rokok dan Debu

menjaga kesehatan paru paru

Liputan6.com

Cara menjaga kesehatan paru-paru selanjutnya dengan menjauhkan diri dari asap rokok dan debu. Rokok merupakan ancaman yang bukan hanya menyerang perokok aktif, namun orang-orang yang ada di sekitarnya atau perokok pasif juga dapat mengalami dampaknya.

Meskipun Anda tidak merokok, tetapi apabila asap rokoknya sampai terhirup maka kemungkinan Anda dapat memiliki potensi terserang penyakit paru-paru. Hal ini juga telah dibuktikan oleh sebuah penelitian yang menjelaskan bahwa menjadi perokok pasif lebih berbahaya dibandingkan dengan perokok aktif.

Hal tersebut dikarenakan perokok pasif akan menghirup lebih banyak asap daripada perokok aktif. Untuk itu, apabila Anda berada di dalam lingkungan pergaulan perokok aktif, sebaiknya segeralah menjauh. Begitu juga dengan debu, kemanapun Anda pergi, sebaiknya gunakan masker agar debu tidak masuk ke dalam saluran pernapasan.

3 dari 7 halaman

3. Hilangkan Kebiasaan Minum Alkohol

menjaga kesehatan paru paru

Liputan6.com

Cara menjaga kesehatan paru-paru yang selanjutnya dengan menghilangkan kebiasaan meminum alkohol. Sadar ataupun tidak, alkohol yang Anda konsumsi dalam sebotol dapat menyebabkan penyumbatan paru-paru.

Hal tersebut tentu akan membuat fungsi paru-paru mudah terganggu. Oleh karena itu, mulai saat ini sebaiknya Anda perlu menghilangkan kebiasaan meminum alkohol. Untuk cara yang lebih baik adalah dengan memperbanyak minum air putih, jus-jus segar, ataupun susu beruang yang dapat menjadi alternatif untuk menjaga kesehatan paru-paru.

4 dari 7 halaman

4. Olahraga Ringan Secara Rutin

menjaga kesehatan paru paru

Liputan6.com

Cara menjaga kesehatan paru-paru yang selanjutnya dengan melakukan olahraga ringan secara rutin. Seseorang yang aktif dan rutin dalam berolahraga akan membuat kinerja paru-paru semakin meningkat.

Dengan melakukan olahraga yang teratur, kinerja jantung akan meningkat secara otomatis sehingga suplai oksigen yang masuk ke dalam tubuh akan bertambah banyak. Dan hasilnya, Anda akan terhindar dari penyakit paru-paru.

Olahraga tidak perlu dilakukan terlalu lama. Cukup 10-20 menit setiap hari sudah cukup untuk meningkatkan kinerja paru-paru dan membuat tubuh akan semakin sehat. Untuk jenis-jenis olahraga yang bisa dilakukan antara lain senam, lari, ataupun zumba.

5 dari 7 halaman

5. Jaga Kebersihan Udara Sekitar

menjaga kesehatan paru paru

Liputan6.com

Cara menjaga kesehatan paru-paru berikutnya dengan menjaga kebersihan udara di sekitar Anda. Hal itu perlu dilakukan untuk membuat Anda terhindar dari penyakit paru-paru. Untuk melakukan aktivitas di luar ruangan, sebaiknya gunakan masker untuk menghalangi masuknya polusi udara ke dalam hidung.

Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan kebersihan udara rumah Anda. Hal ini berguna untuk meredam polusi udara yang masuk lewat jendela atau pintu. Anda bisa meletakkan beberapa tanaman hijau di dalam rumah ataupun menanam pohon di sekitar pekarangan rumah.

Tanaman hijau memang dikenal sebagai penyerap karbon dan penyuplai oksigen terbaik yang akan membuat lingkungan di sekitar rumah Anda akan lebih bersih dan terasa lebih sejuk.

6 dari 7 halaman

6. Hindari Segala Sesuatu yang Berbau Tajam

menjaga kesehatan paru paru

Liputan6.com

Cara menjaga kesehatan paru-paru selanjutnya dengan menghindari barang atau benda yang berbau tajam. Contohnya bau busuk ataupun bau basi yang dapat menyebabkan kinerja paru-paru Anda terganggu.

Pada saat bau tersebut masuk ke hidung, bulu hidung tidak dapat bekerja maksimal untuk menyaring bau. Akibatnya, bau tersebut dapat masuk ke dalam saluran pernapasan dan melemahkan kinerja saluran pernapasan.

Jika Anda memiliki riwayat penyakit paru-paru, sebaiknya menjauhlah dari segala jenis sumber bau. Jika bau tersebut sudah masuk hidung, sebaiknya hirup benda-benda yang dapat menetralisir bau seperti aromaterapi ataupun bubuk kopi.

7 dari 7 halaman

7. Menerapkan Pola Makan Sehat

menjaga kesehatan paru paru

Liputan6.com

Cara menjaga kesehatan paru-paru yang terakhir dengan menerapkan pola makan sehat. Perpaduan makanan bergizi dan susu murni dipercaya akan ampuh untuk membersihkan paru-paru.

Makanan seperti keju, ikan, kacang-kacangan, dan daging merah merupakan bahan wajib yang ada di dalam menu makanan sehari-hari agar kotoran yang menggumpal di paru-paru dapat segera bersih.

Sebaliknya, hindari jenis makanan yang dapat menimbulkan atau memperparah penyakit paru-paru, seperti makanan yang terlalu manis dan mengandung klorin yang tinggi.

(mdk/raf)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami