7 Ciri-ciri Gejala Hantavirus, Pahami dan Deteksi Sejak Dini

7 Ciri-ciri Gejala Hantavirus, Pahami dan Deteksi Sejak Dini
JATIM | 26 Maret 2020 13:15 Reporter : Rakha Fahreza Widyananda

Merdeka.com - Setelah munculnya wabah virus Corona, China kembali dikejutkan dengan munculnya Hantavirus. Di negara tersebut, Hantavirus sudah merenggut nyawa.

Kasus kematian seorang pria diduga karena terjangkit Hantavirus. Hantavirus bukanlah virus baru karena kasus pertamanya telah muncul pada beberapa tahun silam.

Dikutip dari Centers for Disease Control and Prevention (CDC), Hantavirus merupakan penyakit zoonosis, yakni penyakit yang ditularkan dari hewan ke manusia. Hewan yang paling berpotensi dalam penyebaran virus ini adalah tikus.

Penularan pada manusia bisa terjadi jika manusia melakukan kontak dengan urine, saliva, ataupun kotoran dari hewan tersebut. Hantavirus tersebut merupakan virus yang ditularkan oleh hewan pengerat kepada manusia melalui kotoran, urin, dan air liurnya.

Hantavirus terbagi menjadi 2 kelompok, pertama yaitu dikenal sebagai Hantavirus Pulmonary Syndrome (HPS) yang terdapat di Amerika yang sebenarnya bukanlah hal yang baru.

Sedangakan kelompok kedua yaitu Hantavirus Fever with Renal Syndrome (HFRS), yang kebanyakan ditemukan di Eropa dan Asia dan dapat menyebabkan demam berdarah.

Lalu, bagaimana seseorang dikatakan terinfeksi oleh Hantavirus tersebut? Apa saja ciri-ciri dan gejala yang bisa dideteksi apabila seseorang telah terinfeksi oleh Hantavirus?

Untuk mengetahui secara lebih rinci, berikut kami rangkum 7 ciri-ciri gejala Hantavirus, yang telah dilansir dari berbagai sumber.

Baca Selanjutnya: Demam...

Halaman

(mdk/raf)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami