7 Manfaat Teh Mawar Bagi Kesehatan, Bantu Turunkan Berat Badan hingga Atasi Stres

7 Manfaat Teh Mawar Bagi Kesehatan, Bantu Turunkan Berat Badan hingga Atasi Stres
JATIM | 21 Mei 2020 20:21 Reporter : Edelweis Lararenjana

Merdeka.com - Menikmati teh kuncup mawar kering adalah salah satu cara terbaik untuk memulai hari Anda. Konsep dan tradisi minum teh awalnya berasal dari China sejak abad ke-3 Masehi. Seiring perkembangan zaman, daun teh menjadi terkenal di Inggris selama abad ke-17. Salah satu jenis teh yang sangat sehat dan sarat manfaat adalah teh mawar.

Manfaat teh mawar bagi kesehatan di antaranya adalah untuk mengurangi nyeri haid, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mempercepat penyembuhan, meningkatkan pencernaan, mendetoksifikasi tubuh, merangsang suasana hati, dan mengatur siklus tidur.

Teh mawar dibuat dari bunga mawar utuh atau kelopak mawar yang telah dikeringkan. Teh mawar adalah jenis teh Timur Tengah yang populer dan dinikmati di seluruh dunia. Banyak manfaat teh mawar adalah hasil dari konsentrasi tinggi vitamin C, polifenol, vitamin A, berbagai mineral, myrcene, quercetin, dan antioksidan lainnya.

Pada artikel ini, akan dieksplorasi beberapa manfaat teh mawar yang luar biasa untuk kulit dan kesehatan.

1 dari 7 halaman

1. Turunkan Berat Badan

edible flowers

©2020 Merdeka.com

Manfaat teh mawar yang pertama adalah dapat membantu menurunkan berat badan. Jika Anda sedang dalam tahap diet untuk mengurangi lemak, dan sedang mencari metode alami dan bahan herbal, teh mawar adalah pilihan yang tepat.

Teh yang dibuat dari kelopak mawar sangat sarat dengan vitamin esensial, asam organik, dan serat yang akan membuat Anda merasa kenyang dan mengurangi nafsu makanan. Teh mawar juga dapat membantu proses pembakaran lemak tubuh, membuat berat badan Anda turun lebih cepat.

2 dari 7 halaman

2. Lancarkan Sistem Pencernaan

Manfaat teh mawar yang kedua adalah untuk membantu memperlancar proses pencernaan. Bunga mawar dikenal karena banyak memiliki khasiat obat. Salah satunya adalah sifat antibakteri dari kelopak mawar.

Teh mawar manis membantu menjaga flora bakteri di saluran pencernaan sehingga mengurangi gangguan pencernaan seperti sembelit, diare, kembung atau kram yang disebabkan oleh gas.

Sifat-sifat antibakteri teh ini dapat bekerja dengan cepat untuk mengobati infeksi di saluran pencernaan atau usus. Teh mawar juga dapat berfungsi sebagai pencahar, terutama jika Anda minum lebih dari 2 gelas per hari.

Jadi, konsumsilah teh mawar dalam jumlah sedang dan pantau reaksi tubuh Anda saat pertama kali mulai minum minuman ini.

3 dari 7 halaman

3. Perbaiki Kualitas Tidur dan Kurangi Stres

mawar

©2019 Merdeka.com/Pixabay

Manfaat teh mawar yang ketiga adalah untuk membantu memperbaiki kualitas waktu tidur Anda. Bekerja lembur dan kurang tidur dapat mengarah pada gangguan tidur seperti insomnia. Teh mawar adalah obat alami yang dapat membantu mengembalikan jam tidur Anda.

Konsumsi secangkir teh mawar panas buatan sendiri dan dapatkan sifat sedatif yang akan membantu mengurangi stres sehingga perubahan hormon menjadi seimbang. Sifat sedatif alami dari teh mawar ini menjadikannya minuman yang luar biasa untuk malam hari, membuat stres berkurang dan mengatur pola tidur dengan lebih baik.

4 dari 7 halaman

4. Redakan Infeksi Saluran Napas

Manfaat teh mawar yang keempat adalah untuk membantu meredakan infeksi yang terjadi pada saluran pernapasan. Teh mawar adalah minuman panas non-kalori yang mengandung Vitamin C sebagai penambah kekebalan tubuh.

Dalam kasus infeksi saluran pernapasan, kekuatan melawan infeksi tubuh menjadi berkurang. Dengan minum teh mawar hangat, Anda dapat membantu pemulihan infeksi yang terjadi.

Teh mawar sudah biasa diresepkan atau direkomendasikan untuk menenangkan saluran pernapasan, paru-paru, pilek atau flu. Teh mawar juga mampu membantu mengeluarkan lendir dan dahak, di mana bakteri dan patogen lainnya dapat hidup dan berkembang.

5 dari 7 halaman

5. Tingkatkan Imun Tubuh

mawar

©iStock

Manfaat teh mawar yang kelima adalah untuk membantu meningkatkan daya tahan atau imun tubuh Anda. Untuk mendapatkan daya tahan tubuh yang sempurna, Anda membutuhkan jenis makanan yang tepat bersama dengan minuman anti-oksidan yang baik.

Teh mawar adalah salah satu minuman panas yang sarat vitamin C dan dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Vitamin C adalah bagian penting dari sistem kekebalan tubuh kita karena merangsang produksi sel darah putih dan berfungsi sebagai antioksidan, secara efektif menurunkan stres oksidatif.

Teh ini dapat dikonsumsi begitu saja tanpa gula atau madu karena kelopak mawar itu sendiri memiliki rasa yang unik. Teh mawar putih membantu menurunkan tekanan darah dan membersihkan pembuluh darah. Hal ini juga membantu meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh.

6 dari 7 halaman

6. Redakan Nyeri Haid

Manfaat teh mawar yang keenam adalah untuk membantu meredakan nyeri akibat haid atau menstruasi. Minum teh mawar adalah metode penyembuhan yang mudah dan singkat bagi wanita yang kerap mengalami kram menstruasi bulanan atau Dysmenorrhea.

Metode tradisional ini telah dipraktikkan di banyak negara. Manfaat teh mawar dipercaya mampu dalam meningkatkan sirkulasi darah, mengatur hormon dan menenangkan rahim, sehingga kram menstruasi juga berkurang.

7 dari 7 halaman

7. Jaga Kesehatan Kulit

mawar

© Boldsky

Manfaat teh mawar yang ke tujuh adalah untuk membantu menjaga kesehatan kulit wajah. Bunga mawar banyak digunakan dalam pembuatan produk kosmetik dan kecantikan. Hal ini dikarenakan kekayaan vitamin dan antioksidannya yang melimpah.

Selain digunakan sebagai bahan campuran produk perawatan kulit, bunga ini sekarang juga sudah menjadi salah satu elemen yang dapat dikonsumsi dan tersedia dalam bentuk teh. Kelopak bunga mawar sarat dengan Vitamin C yang dapat membantu melawan jerawat dan gangguan kulit lainnya.

Antioksidannya membantu melawan keriput dan mencegah kulit kendur. Konsumsi teh mawar bersamaan dengan penggunaan produk kecantikan berbahan sama, untuk hasil kulit wajah yang sehat dan cantik berseri.

(mdk/edl)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami