7 Tanda Penuaan Kulit yang Patut Diketahui, Rawat Kesehatannya Sejak Dini

7 Tanda Penuaan Kulit yang Patut Diketahui, Rawat Kesehatannya Sejak Dini
Ilustrasi penuaan kulit. ©2014 Merdeka.com/shutterstock/Piotr Marcinski
JATIM | 22 Februari 2022 17:00 Reporter : Edelweis Lararenjana

Merdeka.com - Mengenali tanda penuaan kulit adalah hal yang penting, terutama jika Anda sudah akan memasuki usia 30 tahun. Dengan mengetahui apa saja tanda penuaan tersebut, Anda bisa melakukan langkah perawatan yang membantu mencegah kerusakan kulit kelak.

Seiring bertambahnya usia, jaringan elastis alami pada kulit akan hilang. Sehingga, kulit menjadi kendur. Ada banyak cara kulit dapat menua, dan hal ini tergantung pada gaya hidup, cuaca dan genetika. Jenis penuaan kulit pun berbeda dari orang ke orang.

Kulit dapat mengungkapkan banyak hal tentang kehidupan, tingkat stres, dan usia Anda. Jadi, merawatnya dengan benar adalah prioritas. Meskipun Anda mungkin berpikir masalah penuaan kulit baru akan terjadi bertahun-tahun lagi, kulit sudah mulai menua segera setelah Anda mencapai usia 20-an.

Dengan merawat kulit dan berinvestasi dalam perawatan anti penuaan sejak usia muda, Anda akan dapat meminimalkan tanda-tanda penuaan tersebut. Baik Anda menggunakan produk perawatan kulit, memanjakan diri dengan perawatan spesialis, atau menggabungkan keduanya, Anda pasti akan menuai manfaatnya di tahun-tahun mendatang. Lantas, apa sajatanda penuaan kulit tersebut? Dilansir dariplatinumdermatology.com.au danapskincare.co.uk, ini dia selengkapnya.

2 dari 4 halaman

7 Tanda Penuaan Kulit

Kulit cepat menunjukkan tanda-tanda penuaan yang terlihat, yang biasa dikenal dengan Seven Signs of Ageing atau 7 Tanda Penuaan. Sementara beberapa faktor yang berhubungan dengan kulit dapat dikendalikan dengan pilihan gaya hidup sehat dan perawatan kulit yang baik, banyak dari karakteristik penuaan kulit adalah masalah genetika. Berikut 7 tanda penuaan tersebut:

1. Garis-garis halus dan kerutan

Garis-garis halus dan kerutan adalah tanda penuaan pertama yang paling jelas. Tak hanya wanita, pria pun ada yang khawatir dengan masalah penuaan kulit yang satu ini. Kerutan adalah hasil dari berkurangnya serat elastin dan kolagen. Hal ini menyebabkan kelonggaran dan kelemahan kulit, memunculkan kerutan dan kekenduran pada tampilan kulit.

ilustrasi kulit cantik

© pexels.com/Ike louie Natividad

2. Kulit kusam

Kulit muda yang bercahaya perlahan akan memudar seiring bertambahnya usia. Hasilnya adalah kulit kusam karena tingkat kelembapan yang berkurang di lapisan atas kulit, yang secara alami pasti terjadi seiring bertambahnya usia. Sementara kulit yang masih muda memperbaharui dirinya setiap tiga sampai empat minggu, kulit yang lebih tua akan mengalami regenerasi secara lebih lambat, yakni empat sampai enam minggu.

3. Warna kulit tidak merata

Tanda penuaan kulit selanjutnya ialah warna tak merata. Penuaan menyebabkan warna kulit menjadi tidak merata di tempat-tempat tertentu. Ini mungkin karena ada bagian kulit yang menyimpan lebih banyak melanin daripada yang lain, atau fungsi tingkat hormonal pada wanita. Ketidakrataan ini dapat menyebabkan kulit tampak lebih tua dari usianya.

4. Kulit kering

Kulit kering adalah tanda penuaan yang berikutnya. Kulit muda yang sehat memiliki kadar air yang tinggi, membuat kulit tampak lebih segar, berembun dan bercahaya. Selama proses penuaan, kadar air dalam kulit akan berkurang karena kulit kehilangan kemampuannya untuk mempertahankan kelembapan. Kulit yang lebih tua sering ditandai dengan kekeringan dan dehidrasi.

5. Noda dan bintik-bintik penuaan

Penipisan kulit yang terkait dengan penuaan menyebabkan peningkatan visibilitas pembuluh darah yang muncul. Bintik-bintik penuaan atau bintik-bintik hati, yang berwarna kemerahan atau coklat, sebagian besar disebabkan oleh paparan sinar UV yang berlebihan dan menjadi lebih jelas pada kulit yang menua. Mereka menghasilkan tampilan bernoda yang berkontribusi pada penampilan yang menua.

6. Tekstur kulit kasar

Tanda penuaan kulit selanjutnya ialah tekstur yang kasar. Tekstur kulit yang kasar adalah tanda penuaan selanjutnya. Saat kulit matang, perubahan tekstur menjadi terlihat. Kulit yang tadinya selembut dan sehalus bayi menjadi tidak rata dan bergelombang di permukaan karena lapisan sel-sel mati dan pergantian sel yang melambat.

7. Pori-pori terlihat jelas

Pori-pori menjadi membesar atau terlihat lebih jelas seiring bertambahnya usia karena hilangnya elastisitas kulit dan kulit ditarik ke bawah oleh gravitasi. Dan ini adalah tanda penuaan kulit yang tak terelakkan.

3 dari 4 halaman

Penyebab Penuaan Kulit

Setelah mengetahui tanda penuaan kulit, pahami juga soal penyebabnya. Banyak hal yang menyebabkan kulit mengalami penuaan. Satu hal yang tidak bisa diubah adalah proses penuaan alami. Seiring waktu, semua orang akan mendapatkan kerutan dan garis-garis tanda penuaan pada wajahnya, dan hal ini merupakan fenomena yang normal. 

Selain kehilangan sebagian dari kemudaannya, kulit juga menjadi lebih tipis dan kering. Adalah gen yang sebagian besar mengontrol kapan perubahan ini terjadi. Istilah medis untuk jenis penuaan ini adalah "penuaan intrinsik", dan ini adalah jenis penuaan yang terhindarkan.

Namun, Anda juga dapat memengaruhi jenis penuaan lain pada kulit. Lingkungan dan pilihan gaya hidup dapat menyebabkan kulit menua sebelum waktunya. Istilah medis untuk jenis penuaan ini adalah "penuaan ekstrinsik." Dengan mengambil beberapa tindakan pencegahan, Anda dapat memperlambat efek penuaan jenis ini pada kulit.

Terdapat berbagai faktor berbeda yang menyebabkan kulit menua baik sebagai akibat dari proses penuaan alami, faktor lingkungan dan gaya hidup. Sinar ultra violet adalah penyumbang utama penuaan kulit, diikuti oleh merokok, stres, obat-obatan, iklim, alkohol, dan beberapa lainnya.

Tujuh faktor utama yang membuat tanda penuaan kulit lebih cepat:

  • Merokok
  • Terlalu banyak terpapar sinar matahari
  • Stres
  • Kurang tidur
  • Cuaca dingin
  • Alkohol
  • Kurang olahraga.
4 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Penuaan Dini

Matahari memainkan peran utama dalam penuaan dini kulit. Untuk membantu Anda mencegah tanda penuaan kulit dini, para dokter kulit menawarkan tips berikut kepada pasiennya, dilansir dari laman  American Academy of Dermatology Association;

  • Lindungi kulit dari sinar matahari setiap hari.

Perlindungan kulit dari matahari adalah hal yang sangat penting. Anda dapat melindungi kulit dengan mencari naungan, menutupinya dengan pakaian pelindung matahari, dan menggunakan tabir surya yang berspektrum luas (SPF 30 atau lebih tinggi) serta tahan air. Untuk perlindungan yang lebih efektif, cari pakaian dengan label faktor perlindungan ultraviolet (UPF).

  • Berhenti merokok.

Cara mengatasi tanda penuaan dini selanjutnya ialah berhenti merokok. Jika Anda merokok, sebaiknya Anda segera berhenti. Merokok sangat mempercepat penuaan kulit. Merokok menyebabkan kerutan, kulit kusam, dan pucat.

  • Hindari ekspresi wajah yang berulang.

Saat Anda membuat ekspresi wajah, Anda mengontraksikan otot-otot di bawahnya. Jika berulang kali mengontraksikan otot yang sama selama bertahun-tahun, garis-garis ini menjadi permanen. Mengenakan kacamata hitam dapat membantu mengurangi garis yang disebabkan oleh menyipitkan mata.

  • Makan makanan yang sehat dan seimbang.

Temuan dari beberapa penelitian menunjukkan bahwa makan banyak buah dan sayuran segar dapat membantu mencegah kerusakan yang menyebabkan penuaan kulit dini. Temuan dari studi penelitian juga menunjukkan bahwa diet yang mengandung banyak gula atau karbohidrat olahan lainnya dapat mempercepat penuaan.

  • Kurangi konsumsi alkohol.

Alkohol membawa efek yang kasar pada kulit. Alkohol mengeringkan kulit, dan pada waktunya akan merusak kulit. Hal ini bisa membuat Anda terlihat lebih tua.

  • Rutin olahraga.

Untuk mencegah tanda penuaan kulit, Anda bisa rajin olahraga. Berolahragalah setiap hari atau secara rutin. Temuan dari beberapa penelitian menunjukkan bahwa olahraga ringan dapat meningkatkan sirkulasi dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ini, pada gilirannya, dapat membuat kulit tampak lebih muda.

  • Bersihkan kulit dengan lembut.

Menggosok kulit sampai bersih dapat mengiritasi kulit Anda. Mengiritasi kulit mempercepat penuaan kulit. Mencuci dengan lembut membantu menghilangkan polusi, riasan, dan zat lain tanpa mengiritasi kulit Anda.

  • Cuci muka dua kali sehari dan setelah berkeringat.

Keringat, terutama saat memakai topi atau helm dapat mengiritasi kulit. Jadi usahakan untuk mencuci kulit sesegera mungkin setelah berkeringat.

  • Oleskan pelembab wajah setiap hari.

Pelembab menjebak air di kulit, memberikan penampilan yang lebih muda pada tampilan kulit.

  (mdk/edl)

Baca juga:
7 Khasiat Jeruk Bali untuk Kesehatan Tubuh, Kaya Kalsium hingga Cegah Osteoporosis
Mengenal Apa Itu Skin Barrier dan Cara Tepat Menjaganya, Menarik Diketahui
6 Cara Mengatasi Kerutan di Wajah dengan Efektif, Salah Satunya Batasi Konsumsi Gula
7 Kandungan Antiaging Terbaik Menurut Dokter Kulit
8 Manfaat Daun Kemangi untuk Wajah, Ternyata Ampuh Bersihkan Pori-pori

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini