8 Cara Mencegah Diabetes Secara Efektif, Lakukan Sejak Dini

8 Cara Mencegah Diabetes Secara Efektif, Lakukan Sejak Dini
Ilustrasi diabetes. ©Shutterstock/Ivelin Radkov
JATIM | 31 Oktober 2020 08:01 Reporter : Edelweis Lararenjana

Merdeka.com - Diabetes tipe 2 adalah penyakit kronis yang menyerang jutaan orang di seluruh dunia. Kasus yang tidak terkontrol dapat menyebabkan kebutaan, gagal ginjal, penyakit jantung, dan kondisi serius lainnya. Sebelum diabetes didiagnosis, ada masa di mana kadar gula darah tinggi tetapi tidak cukup tinggi untuk didiagnosis sebagai diabetes. Ini dikenal sebagai pradiabetes.

Diperkirakan bahwa hingga 70% orang dengan pradiabetes terus mengembangkan diabetes tipe 2. Perkembangan dari prediabetes menjadi diabetes tidak bisa dihindari. Meskipun ada faktor tertentu yang tidak dapat Anda ubah seperti gen, usia, atau perilaku masa lalu ada banyak tindakan yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi risiko dan cara mencegah diabetes.

Jika Anda menderita diabetes, itu artinya kadar gula darah di dalam tubuh Anda terlalu tinggi. Pada diabetes tipe 2, hal ini terjadi karena tubuh tidak menghasilkan cukup insulin atau tidak menggunakan insulin dengan baik (ini disebut resistensi insulin). Cara mencegah diabetes umumnya dapat dilakukan dengan perilaku makan sehat, lebih aktif secara fisik dan menurunkan berat badan beberapa kilogram.

Tidak ada kata terlambat untuk memulai. Membuat beberapa perubahan sederhana dalam gaya hidup sekarang dapat membantu Anda menghindari komplikasi kesehatan serius dari diabetes di masa mendatang, seperti kerusakan saraf, ginjal, dan jantung. Berikut ini adalah beberapa cara mencegah diabetes yang dikutip dari American Diabetes Association dan hardvard.edu.

Baca Selanjutnya: Lakukan Aktivitas Fisik & Konsumsi...

Halaman

(mdk/edl)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami