8 Cara Mengatasi Bibir Kering dan Pecah-Pecah Selama Puasa, Mudah Dilakukan

8 Cara Mengatasi Bibir Kering dan Pecah-Pecah Selama Puasa, Mudah Dilakukan
Ilustrasi bibir kering. © StyleCraze
JATIM | 6 Mei 2020 17:00 Reporter : Edelweis Lararenjana

Merdeka.com - Di bulan puasa seperti saat ini, kondisi bibir kering dan pecah-pecah tentu tidak bisa dihindari. Selain karena tubuh tidak mendapat asupan air selama kurang lebih 12 jam, bibir pecah-pecah juga bisa disebabkan oleh beberapa hal lain. Di antaranya paparan lingkungan yang menyebabkan iritasi, kebiasaan menjilati bibir, makanan pedas, dan cuaca dingin dan kering.

Memperbanyak konsumsi air putih saat buka dan sahur terkadang tetap tidak dapat menjamin bibir tidak menjadi kering dan pecah-pecah. Menurut Dr. Clay J. Cockerell, MD., seorang dokter kulit, pendiri dan direktur medis Cockerell Dermatopathology di Dallas, AS, mengatakan bahwa kondisi kekeringan adalah faktor utama penyebab bibir pecah-pecah.

Di Indonesia, dengan cuaca dan suhu udara yang cukup kering dan panas ditambah kondisi tubuh yang juga kering karena kekurangan cairan akibat puasa, membuat bibir kering dan pecah-pecah menjadi tidak terelakkan.

Untuk itu, artikel kali ini akan memberikan tips dan cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah yang disebabkan oleh kurangnya cairan tubuh.

Baca Selanjutnya: 1 Jangan Sering Menjilat Bibir...

Halaman

(mdk/edl)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami