8 Kandungan Skincare untuk Kulit Kering yang Wajib Dicoba, Bantu Cegah Dehidrasi

8 Kandungan Skincare untuk Kulit Kering yang Wajib Dicoba, Bantu Cegah Dehidrasi
Ilustrasi skincare. ©Pixabay
JATIM | 20 Oktober 2021 08:02 Reporter : Edelweis Lararenjana

Merdeka.com - Salah satu cara paling mudah untuk mendapatkan kulit yang tampak sehat bercahaya adalah dengan memastikan kulit terhidrasi secara efektif. Bagi pemilik kulit kering, hal ini mungkin cukup tricky untuk dilakukan. Sebelum menemukan produk yang tepat, terlebih dahulu Anda harus memahami apa saja kandungan skincare untuk kulit kering yang paling baik.

Hanya karena suatu produk diberi label "untuk kulit kering", tidak berarti produk tersebut akan memberikan perawatan yang dibutuhkan kulit Anda untuk menyembuhkan dan mencegah kerusakan lebih lanjut. Ketahui dulu apakah kulit Anda sedang dehidrasi parah atau hanya perlu perlindungan dari kekeringan dan kemerahan.

Skincare yang diformulasikan secara khusus untuk merawat kulit kering biasanya memiliki kandungan untuk memberikan kelembapan dan perlindungan tambahan yang dibutuhkan oleh jenis kulit ini. Kandungan skincare untuk kulit kering yang paling umum adalah urea, ceramide, lanolin, hyaluronic acid, shea butter dan lainnya.

Berikut ulasan selengkapnya mengenai beberapa kandungan skincare untuk kulit kering yang paling baik dan paling umum untuk digunakan, dilansir dari dermadoctor.com dan self.com.

2 dari 5 halaman

1. Glycerin

Kandungan skincare untuk kulit kering yang pertama adalah glycerin atau gliserin. Gliserin adalah humektan, artinya ia menarik air ke dirinya sendiri. Menempatkan skincare berbahan gliserin di kulit Anda akan membantu menarik air ke kulit.

Meskipun bahan humektan lainnya mungkin lebih populer akhir-akhir ini, gliserin masih merupakan salah satu bahan penghidrasi paling umum yang akan Anda temukan pada label bahan skincare.

2. Glycolic Acid

Kandungan skincare untuk kulit kering yang kedua adalah glycolic acid atau asam glikolat. Ditemukan secara alami dalam tebu dan buah-buahan, asam glikolat adalah kandungan bahan untuk kulit kering yang populer karena efektif tak hanya pada kulit kering tapi juga pada semua jenis kulit.

Anda biasanya akan menemukan bahan ini dalam pembersih yang dirancang untuk kulit kering. Asam glikolat bekerja dengan cara mengelupas dan membantu menarik kelembapan ke kulit Anda yang dapat membuat wajah tetap terhidrasi sepanjang hari.

3 dari 5 halaman

3. Aloe Vera

Kandungan skincare untuk kulit kering yang ketiga adalah aloe vera atau lidah buaya. Aloe Vera paling sering digunakan untuk mengobati kulit terbakar, tetapi juga dapat digunakan untuk melembapkan kulit yang kering.

Aloe vera cenderung meresap dengan cepat, bahkan dalam bentuk alaminya, dan sangat ideal untuk kulit sensitif. Karena aloe vera juga membantu mengurangi kemerahan dan meredakan iritasi, produk berbahan dasar aloe ini juga aman untuk kulit yang rentan berjerawat atau sensitif.

4. Lactid Acid

Kandungan skincare untuk kulit kering yang ke empat adalah lactid acid atau asam laktat. Jika Anda memiliki kulit yang sangat kering, carilah produk perawatan kulit yang mengandung asam laktat.

Banyak pelembap mengandung asam laktat karena efektivitasnya dalam meredakan dan menyembuhkan kulit kering. Anda akan sering melihat bahan ini dalam produk berlabel anti-penuaan juga. 

4 dari 5 halaman

5. Urea

Kandungan skincare untuk kulit kering yang kelima adalah urea. Urea merupakan salah satu bahan khusus yang kurang dikenal yang digunakan oleh dokter kulit untuk secara dramatis melembutkan masalah kulit yang paling keras.

Urea adalah humektan, artinya ia menarik kelembapan dari udara untuk menghidrasi kulit. Ini adalah aditif yang luar biasa dalam meningkatkan penampilan Keratosis Pilaris.

6. Ceramide

Kandungan skincare untuk kulit kering yang ke enam adalah ceramide. Ceramide merupakan lemak alami (lipid) di dalam tubuh yang membantu mencegah hilangnya kelembapan dan melindungi kulit.

Ceramide juga dapat ditemukan dalam pelembap dan obat-obatan kulit sebagai pengobatan yang efektif untuk kulit kering.

5 dari 5 halaman

7. Petrolatum

Kandungan skincare untuk kulit kering yang ke tujuh adalah petrolatum. Petrolatum (petroleum jelly) adalah bahan perawatan kulit kuno yang bertindak sebagai penghalang oklusif dalam produk perawatan kulit untuk membantu mengurangi jumlah air yang hilang dari kulit Anda.

Bahan-bahan seperti ini mungkin menakutkan bagi mereka yang memiliki kulit berminyak karena dapat bersifat komedogenik, tetapi bagi mereka yang memiliki kulit kering, petrolatum adalah kandungan yang penting.

8. Squalane

Kandungan skincare untuk kulit kering yang terakhir adalah squalane. Squalane merupakan bahan perawatan kulit yang lebih baru dan lebih trendi yang sedang populer digunakan saat ini. Squalane yang terdapat dalam skincare adalah versi squalene yang sedikit berbeda dari senyawa yang dibuat secara alami di kulit, tepatnya di kelenjar sebaceous.

Kelenjar sebaceous menghasilkan sebum, minyak yang membuat kulit Anda terasa berminyak tetapi juga membantu melindungi dan melembabkannya. Tidak seperti sebum, squalane terasa ringan di kulit dan bertindak seperti emolien, mudah menyerap ke dalam kulit Anda.

(mdk/edl)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami