8 Makanan untuk Atasi Radang Tenggorokan yang Baik Dikonsumsi, Ini Lengkapnya

8 Makanan untuk Atasi Radang Tenggorokan yang Baik Dikonsumsi, Ini Lengkapnya
radang tenggorokan. ©2020 Merdeka.com
JATIM | 4 Desember 2021 08:00 Reporter : Edelweis Lararenjana

Merdeka.com - Terdapat beberapa jenis makanan untuk atasi radang tenggorokan yang bisa Anda konsumsi. Sakit tenggorokan memang kondisi yang membuat banyak orang tak nyaman. Tak hanya itu, radang pada tenggorokan juga membuat Anda menjadi kesulitan untuk menelan makanan.

Tak heran jika muncul rekomendasi makanan untuk atasi radang tenggorokan yang patut dicoba. Kebanyakan makanan-makanan ini bertekstur halus dan mudah ditelan, sehingga tidak menyakiti tenggorokan Anda lebih lanjut.

Radang tenggorokan sendiri adalah kondisi yang biasanya disebabkan oleh infeksi. Radang dapat membuat tenggorokan menjadi nyeri, tidak nyaman, hingga menimbulkan sensasi terbakar. Meski terkesan sepele, namun radang tenggorokan bisa memengaruhi aktivitas sehari-hari karena rasa tidak nyaman yang ditimbulkannya.

Langsung saja, berikut adalah beberapa jenis makanan untuk atasi radang tenggorokan yang bisa Anda coba, melansir dari briliofood.net.

2 dari 3 halaman

1. Sup Ayam

Makanan untuk atasi radang tenggorokan yang pertama adalah sup ayam. Sup ayam bisa menjadi pilihan makanan terbaik dalam membantu meredakan sakit tenggorokan. Tidak hanya itu, sup ayam juga baik dikonsumsi untuk melawan pilek dan penyakit lain yang disebabkan oleh infeksi.

Beberapa penelitian bahkan telah menemukan bahwa sup ayam dapat membantu pergerakan neutrofil, sel darah putih yang bertahan melawan infeksi serta cairan panasnya dapat meningkatkan pergerakan lendir hidung.

2. Yoghurt

Makanan untuk atasi radang tenggorokan yang kedua adalah yoghurt. Yoghurt adalah makanan yang kaya akan sumber protein, karbohidrat, dan lemak sehat.

Di samping itu, yoghurt juga kaya akan bakteri probiotik yang dapat membantu melindungi sistem kekebalan tubuh. Ditambah, sumber nutrisi pada yoghurt juga ideal bagi para penderita radang.

3. Pisang

Makanan untuk atasi radang tenggorokan yang ketiga adalah pisang. Pisang menawarkan berbagai macam nutrisi baik yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain rasanya yang manis dan enak, pisang juga cocok dijadikan alternatif makanan ketika sedang mengalami sakit tenggorokan.

Dilansir dari medicalnewstoday.com, sakit tenggorokan dapat berkembang menjadi lebih parah jika Anda tidak berhati-hati dalam memilih makanan. Pisang adalah pilihan makanan yang punya tekstur lembut dan menyehatkan, cocok untuk dikonsumsi bagi penderita radang.

4. Jahe

Makanan untuk atasi radang tenggorokan yang keempat adalah jahe. Jahe adalah salah satu bumbu dapur yang bisa dikonsumsi dalam bentuk diseduh seperti teh. Jahe juga baik dikonsumsi untuk mengatasi sakit tenggorokan karena memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi pembengkakan dan rasa sakit.

Dilansir dari womenshealthmag.com, mengonsumsi cairan hangat seperti teh atau kaldu yang telah ditambahi jahe baik buat para penderita sakit tenggorokan. Selain mudah ditelan, minuman hangat seperti ini juga dapat menenangkan tubuh.

3 dari 3 halaman

5. Sayuran yang Dimasak

Makanan untuk atasi radang tenggorokan yang kelima adalah sayuran yang telah dimasak. Sayuran yang dimasak biasanya memiliki tekstur yang lebih lembut jika dibandingkan dengan sayur mentah. Namun perlu diperhatikan juga cara memasak sayuran dengan benar. Sayuran yang dimasak tanpa minyak akan lebih baik bagi kesehatan tenggorokan.

Oleh karena itu, merebus atau mengukus bisa menjadi pilihan yang lebih baik untuk menghasilkan sayuran dengan tekstur yang lembut. Dilansir dari healthline.com, sayuran lembut dapat membantu mengatasi iritasi tenggorokan.

6. Kentang Tumbuk

Makanan untuk atasi radang tenggorokan yang keenam adalah kentang tumbuk. Dilansir dari medicalnewstoday.com, kentang yang dimasak dengan cara direbus atau dikukus bisa memberikan nutrisi lebih bagi penderita sakit tenggorokan.

7. Telur

Makanan untuk atasi radang tenggorokan yang ketujuh adalah telur. Telur diketahui mengandung berbagai macam nutrisi yang baik bagi tubuh. Sajikan telur jadi orak arik atau rebus agar lebih mudah untuk ditelan saat Anda menderita sakit tenggorokan.

Dilansir dari pdxent.com, telur mengandung vitamin D, B12, serta mineral seperti zat besi dan selenium yang dapat membantu melawan infeksi.

8. Madu

Makanan untuk atasi radang tenggorokan yang kedelapan adalah madu. Madu seringkali dijadikan obat untuk mengatasi berbagai penyakit. Madu pun dipercaya efektif menangkal infeksi bakteri dan virus, termasuk yang menginfeksi tenggorokan.

Yang perlu Anda perhatikan saat mengonsumsi madu adalah takaran atau dosisnya, karena bahan makanan ini tinggi akan kandungan gula.

(mdk/edl)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami