8 Tanda Premenopause yang Jarang Disadari Wanita, Simak Ulasannya

8 Tanda Premenopause yang Jarang Disadari Wanita, Simak Ulasannya
ilustrasi menopause. ©www.womentowomen.com
JATIM | 19 Maret 2021 06:30 Reporter : Rakha Fahreza Widyananda

Merdeka.com - Premenopause merupakan salah satu tanda di mana seorang wanita tak lagi memasuki masa suburnya. Menopause sendiri merupakan berakhirnya suatu siklus menstruasi yang secara alami terjadi, dan biasanya terjadi saat wanita telah memasuki usia 45 hingga 55 tahun.

Seorang wanita dapat dikatakan telah memasuki menopause bila tak mengalami menstruasi lagi semiminalnya selama 12 bulan.

Sebelum memasuki menopause, biasanya seorang wanita akan mengalami beberapa tanda yang umumnya yang bisa dikenali. Namun, kebanyakan dari banyak wanita tak menyadari jika itu merupakan salah satu gejala memasuki masa premenopause.

Tanda premenopause yang jarang disadari wanita sebetulnya ada berbagai macam. Dilansir dari brighstside, berikut ini kami telah rangkum 8 tanda premenopause yang jarang disadari wanita.

2 dari 5 halaman

Munculnya Rambut Dagu dan Bau Badan

1. Rambut Dagu

Munculnya rambut di dagu menjadi tanda premenopause yang jarang disadari wanita. Ironisnya, meskipun rambut di kepala Anda mungkin menipis, rambut baru yang tidak diinginkan mungkin muncul di dagu, bibir atas, atau pipi Anda.

Hal ini terjadi karena adanya perubahan rasio androgen terhadap kadar estrogen dalam tubuh. Sementara tingkat androgen dan estrogen turun selama menopause, mereka melakukannya dengan kecepatan yang berbeda. Sementara kadar estrogen turun secara akut, kadar androgen turun lebih lambat seiring waktu.

2. Bau Badan

Munculnya bau badan juga menjadi pertanda adanya tanda premenopause yang jarang disadari. Penurunan kadar estrogen dalam tubuh membuat kelenjar hipotalamus mengira Anda kepanasan, sehingga menandakan tubuh Anda untuk lebih banyak berkeringat untuk mendinginkan suhu tubuh.

3 dari 5 halaman

Sebabkan Keropos Tulang dan Lebih Sering Buang Air Kecil

3. Keropos Tulang

Tanda premenopause yang jarang disadari berikutnya adalah adanya keropos tulang. Kehilangan kepadatan tulang terjadi karena penurunan kadar estrogen dalam tubuh. Anda bisa kehilangan hingga 20% tulang Anda selama lima tahun pertama menopause. Ini dapat meningkatkan risiko osteoporosis atau penipisan tulang.

4. Lebih Sering Buang Air Kecil

Tanda premenopause yang jarang disadari wanita berikutnya adalah kebiasaan buang air kecil. Otot dasar panggul yang melemah, seringkali akibat persalinan pervaginam, ditambah dengan lapisan uretra yang tipis karena kadar estrogen yang lebih rendah menyebabkan stres inkontinensia urin (SUI) atau dorongan untuk buang air kecil, membuat menahan keinginan untuk buang air kecil menjadi sulit.

4 dari 5 halaman

Sering Kelupaan dan Alami Insomnia

5. Kelupaan

Tanda premenopause yang jarang disadari kelima adalah sering kelupaan. Perubahan hormonal saat premenopause bisa membuat Anda stres dan menyebabkan gangguan tidur.  Ini mungkin membuat Anda menjadi kurang fokus dan lebih pelupa.

6. Insomnia

Kesulitan tidur bisa menjadi tanda premenopause yang jarang disadari wanita. Progesteron adalah hormon penenang, jadi ketika kadarnya di dalam tubuh turun, itu membuat Anda merasa lebih cemas. Kecemasan bisa menyebabkan masalah tidur.

Kesulitan tidur ini tentunya akan dapat mengganggu waktu istirahat Anda jika keesokan harinya Anda harus beraktivitas penuh, maka dari itu, cegah sebelum terjadinya insomnia.

5 dari 5 halaman

Munculkan Alergi Baru dan Penurunan Fungsi Penglihatan

7. Munculkan Kasus Alergi Baru

Hormon dan sistem kekebalan kita bekerja bersama-sama satu sama lain. Wanita yang mengalami masa menopause lebih rentan terhadap reaksi parah terhadap alergi mereka saat ini atau mereka dapat mengembangkan alergi yang sama sekali baru. Ini karena sistem kekebalan yang melemah yang disebabkan oleh fluktuasi alami hormon selama periode ini.

8. Alami Perubahan Tiba-Tiba dalam Penglihatan

Hormon mengatur berbagai fungsi tubuh yang bisa memengaruhi mata Anda, begitu juga saat berubah, penglihatan Anda pun bisa berubah. 

Penurunan kadar hormon pada wanita selama perimenopause dapat menyebabkan perubahan penglihatan dan dalam beberapa kasus menyebabkan seseorang beralih dari rabun dekat ke rabun jauh, misalnya. (mdk/raf)

Baca juga:
8 Cara Merawat Kulit Setelah Menopause, Mudah Dilakukan
Cara Mengatasi Gejala Menopause, Kelola Emosi dan Jaga Kesehatan Fisik
8 Gejala Menopause Dini pada Wanita yang Mudah Dikenali, Ketahui Cara Mengatasinya
Konsumsi Buah-Buahan Bisa Menurunkan Risiko Masalah yang Muncul Ketika Menopause
6 Tanda Menopause Beserta Gejalanya yang Mudah Dikenali
Rutin Bercinta Bisa Bantu Wanita Tunda Terjadinya Menopause

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami