8 Wisata Pantai Banyuwangi Terpopuler yang Wajib Dikunjungi, Ini Daftarnya

8 Wisata Pantai Banyuwangi Terpopuler yang Wajib Dikunjungi, Ini Daftarnya
Ilustrasi pantai. ©2014 Merdeka.com/Shutterstock/ sellingpix
JATIM | 19 Mei 2022 16:36 Reporter : Edelweis Lararenjana

Merdeka.com - Rekomendasi wisata pantai Banyuwangi berikut ini bisa menjadi pilihan bagi Anda dan keluarga yang hendak berkunjung ke sana. Banyuwangi adalah salah satu kabupaten yang terletak di ujung timur Pulau Jawa, berdekatan dengan pulau Bali.

Wilayah ini memiliki banyak destinasi wisata alam yang tak kalah menarik untuk dieksplorasi. Banyuwangi terutama terkenal dengan deretan pantainya yang eksotis dan indah. Wisata pantai Banyuwangi ini tentunya sayang untuk Anda lewatkan.

Wisata pantai Banyuwangi sangat digemari oleh warga lokal, terutama yang berasal dari sekitar pulau Jawa. Berikut adalah beberapa rekomendasi wisata pantai Banyuwangi yang telah kami pilihkan dan rangkum khusus Anda.

2 dari 3 halaman

1. Pantai Pulau Merah

Rekomendasi wisata pantai Banyuwangi yang pertama adalah Pantai Pulau Merah. Pantai Pulau Merah yang juga dikenal dengan sebutan Red Island adalah wisata pantai Banyuwangi yang sangat populer dikalangan wisatawan lokal maupun mancanegara. Pantai Pulau Merah biasanya menjadi destinasi surfing pemula dan profesional.

Di pantai ini, terdapat sebuah bukit hijau kecil bertanah merah yang dapat dikunjungi dengan berjalan kaki apabila air laut sedang surut. Dan, pulau inilah yang sepertinya menjadi cikal bakal nama pantai yang satu ini. Pantai Pulau Merah ini terletak di dusun Pancer, Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran dan berjarak 80 km dari pusat kota Banyuwangi.

2. Pantai Teluk Hijau

Rekomendasi wisata pantai Banyuwangi yang kedua adalah Pantai Teluk Hijau. Sesuai namanya, pantai ini berbentuk teluk dan berwarna hijau saat dilihat dari jauh. Pantai eksotis yang satu ini adalah destinasi wisata pantai Banyuwangi terfavorit selanjutnya yang patut untuk Anda kinjungi. Disekitar pantai juga terdapat air terjun dikelilingi batu karang yang cantik, semakin menambah keindahan pantai ini.

Pantai Teluk Hijau terletak di wilayah selatan Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggaran. Wilayah pantai ini juga masih termasuk dalam Taman Nasional Meru Betiri. Pantai Teluk Hijau Banyuwangi populer juga disebut sebagai Green Bay Banyuwangi.

3. Pantai Wedi Ireng

Rekomendasi wisata pantai Banyuwangi yang ketiga adalah Pantai Wedi Ireng. Pantai unik yang satu ini dijuluki demikian karena di sini, pasir pantainya memiliki 2 macam pasir, yaitu pasir halus berwarna putih dan pasir hitam yang agak kasar. Pemandangan yang tersaji pun menjadi tak kalah indahnya, dengan latar hijaunya perbukitan dan birunya laut.

Untuk mencapai Pantai Wedi Ireng, Anda bisa melalui jalur yang sama jika akan ke pantai Pulau Merah atau Red Island. Wisata pantai Banyuwangi ini tepatnya terletak di wilayah Dusun Pancer, Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran.

4. Pantai Plengkung (G-Land)

Rekomendasi wisata pantai Banyuwangi yang ke empat adalah Pantai Plengkung atau yang juga dikenal sebagai G-Land. Pantai Plengkung terletak di kawasan Taman Nasional Alas Purwo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur serta berhadapan langsung dengan Samudera Hindia.

Ombak di pantai ini bahkan mendapat julukan khusus dari para peselancar dunia, yakni ‘The Seven Giant Waves Wonder’ yang berarti memiliki 7 gulungan ombak. Pantai Plengkung adalah destinasi surga bagi para pecinta olahraga selancar, di mana angin lepas pantai yang berhembus antara bulan April dan bulan September menghasilkan ombak paling besar dengan ketinggian hingga mencapai 8 meter dengan panjang 2 km.

3 dari 3 halaman

5. Pantai Sukamade

Rekomendasi wisata pantai Banyuwangii yang kelima adalah pantai Sukamade. Pantai Sukamade terletak di Taman Nasional Meru Beriti dan menjadi salah satu dari triangle Diamond, setelah kawah Ijen dan G-Land.

Pantai ini juga dikenal sebagai surganya penyu. Di pantai Sukamade, para wisatawan dapat menyaksikan secara langsung penyu-penyu yang bertelur, melihat penangkaran penyu dan mengikuti kegiatan pelepasan tukik (anak penyu) ke laut.

Selain menyajikan wisata pantai dan penangkaran penyu, pantai Sukamade juga memiliki destinasi wisata lain berupa hutan mangrove. Hutan mangrove di sini memiliki sungai yang bisa dipakai untuk mengamati berbagai jenis burung seperti elang laut, dara laut, burung roko-roko dan masih banyak lainnya.

6. Pantai Bedul

Rekomendasi wisata pantai Banyuwangi yang ke enam adalah Pantai Bedul. Pantai Bedul berlokasi di Desa Sumberasri, Kecamatan Purwoharjo, Kabupaten Banyuwangi. Pantai ini terletak di antara Pantai Grajangan dan G-Land. Di beri nama Pantai Bedul karena di perairan pantai ini banyak terdapat ikan bedul, sejenis ikan gabus.

Sama dengan Pantai Sukamade, di Pantai Bedul Anda juga bisa menemukan wisata hutan mangrove yang rindang dan asri. Disebut juga dengan nama Wisata Mangrove Bedul, destinasi ini sangat cocok untuk Anda kunjungi bersama keluarga atau pasangan.

7. Pantai Ngagelan

Rekomendasi wisata pantai Banyuwangi yang berikutnya adalah Pantai Ngagelan. Pantai Ngagelan merupakan salah satu spot wisata di Taman Nasional Alas Purwo Banyuwangi yang tidak boleh untuk Anda lewatkan. Pantai ini juga menyajikan aktivitas penangkaran penyu, di mana Anda bisa menyaksikan para penyu bertelur pada malam hari.

Terdapat sekitar empat jenis penyu yang sering menepi di pantai ini untuk bertelur yakni penyu lekang, penyu sisik, penyu belimbing dan penyu hijau. Waktu yang paling tepat untuk menyaksikan penyu bertelur di pantai ini adalah di antara bulan Mei hingga September.

8. Pantai Boom

Rekomendasi wisata pantai Banyuwangi yang terakhir adalah Pantai Boom. Pantai Boom bisa Anda datangi dengan bersepeda atau berjalan kaki apabila Anda sedang berada di Alun-Alun Blambangan. Dari pantai ini, Anda juga bisa melihat pemandangan pulau Bali dari kejauhan.

Lokasi Pantai Boom tergolong strategis, menjadikannya sangat populer dan sering dijadikan tempat penyelanggaraan banyak acara besar kota Banyuwangi seperti Banyuwangi Beach Jazz Festival, dan lain sebagainya.

(mdk/edl)

Baca juga:
Heboh Film KKN di Desa Penari, Ini 5 Wisata Mistis Banyuwangi yang Diduga Lokasi Asli
Wisata Alam Banyuwangi Populer, Bisa Jadi Destinasi Liburan
Urung Plesir ke Amerika, Dino Patti Djalal Pilih Liburan di Banyuwangi
8 Resep Makanan Khas Banyuwangi yang Lezat dan Menggoda Selera
Indahnya Hutan Tua Trembesi Banyuwangi, Bak di Negeri Dongeng
Berburu Pesona Blue Fire Kawah Ijen, Fenomena Langka yang Mendunia

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini