9 Gejala Penyakit Meningitis yang Perlu Diwaspadai, Cegah Sedini Mungkin

9 Gejala Penyakit Meningitis yang Perlu Diwaspadai, Cegah Sedini Mungkin
penyebab meningitis. ©2020 Merdeka.com
JATIM | 9 April 2020 13:00 Reporter : Rakha Fahreza Widyananda

Merdeka.com - Meningitis, menjadi salah satu penyakit yang telah menjadi penyebab meninggalnya publik figur maupun musisi ternama di Indonesia. Contohnya adalah penyanyi sekaligus musisi Glenn Fredly yang tutup usia pada Rabu (8/4).

Penyanyi asal Ambon tersebut meninggal dunia pada usia 44 tahun. Sebelumnya, Olga Syahputra juga menderita meningitis tahun 2015 silam. Hal tersebut tentunya menjadi duka mendalam bagi para penggemar keduanya.

Meningitis merupakan penyakit yang disebabkan akibat adanya infeksi bakteri yang menyerang otak. Meningitis merupakan sebuah kondisi di mana ketika selaput (meninges) yang mengelilingi sistem saraf pusat, yaitu otak dan sumsum tulang belakang mengalami peradangan. Setelah itu, selaput tersebut lama kelamaan akan mengalami pembengkakan.

Memang, penyakit meningitis akan membaik dengan sendirinya dalam waktu beberapa minggu, namun bila dibiarkan begitu saja dan tidak melakukan pengobatan, meningitis akan menimbulkan gejala yang mungkin akan dialami oleh orang dewasa dan tidak menutup kemungkinan juga anak-anak usia di atas 2 tahun.

Untuk mengetahui secara lebih rinci, berikut kami rangkum 9 gejala meningitis yang perlu diwaspadai, yang dilansir dari berbagai sumber.

Baca Selanjutnya: Gejala Penyakit Meningitis...

Halaman

(mdk/raf)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami