9 Khasiat Minyak Ikan untuk Tubuh, Bantu Jaga Kesehatan Jantung dan Mata

9 Khasiat Minyak Ikan untuk Tubuh, Bantu Jaga Kesehatan Jantung dan Mata
Ilustrasi minyak ikan. ©Shutterstock/skogit
JATIM | 18 Oktober 2021 18:15 Reporter : Edelweis Lararenjana

Merdeka.com - Minyak ikan adalah sumber makanan asam lemak omega-3. Tubuh Anda membutuhkan asam lemak omega-3 untuk berbagai fungsi, mulai dari aktivitas otot hingga pertumbuhan sel. Asam lemak omega-3 didapat dari makanan. Mereka tidak dapat diproduksi di dalam tubuh.

Minyak ikan mengandung dua omega-3 yang disebut asam docosahexaenoic (DHA) dan asam eicosapentaenoic (EPA). Sumber makanan DHA dan EPA adalah ikan berlemak, seperti salmon, mackerel dan trout, dan kerang, seperti remis, tiram, dan kepiting. Beberapa kacang-kacangan, biji-bijian dan minyak sayur mengandung omega-3 lain yang disebut asam alfa-linolenat (ALA).

Minyak ikan adalah salah satu suplemen makanan yang paling umum dikonsumsi. Suplemen minyak ikan tersedia dalam bentuk cair, kapsul, dan pil. Kebanyakan orang mengonsumsi minyak ikan karena menyediakan efek anti-inflamasi.

Berikut khasiat minyak ikan yang perlu Anda ketahui, dilansir dari mayoclinic.org dan healthline.com.

2 dari 4 halaman

1. Baik untuk Jantung

Khasiat minyak ikan yang pertama untuk membantu menjaga kesehatan jantung. Minyak ikan merupakan sumber yang kaya akan asam lemak Omega 3. Komponen ini dianggap memiliki kualitas kardioprotektif.

Asam lemak omega 3 membantu menurunkan kadar trigliserida, sehingga mengurangi risiko seseorang terkena stroke dan serangan jantung. Juga diyakini bahwa minyak ikan dapat mendorong penekanan detak jantung yang tidak teratur dan dengan demikian berkontribusi pada kesehatan jantung.

2. Tingkatkan Suasana Hati

Khasiat minyak ikan yang kedua untuk membantu meningkatkan suasana hati. Suasana hati dan kognisi dikendalikan oleh zat kimia yang disebut serotonin yang disekresikan di otak.

Konsumsi minyak ikan secara teratur meningkatkan pelepasan serotonin. Pelepasan serotonin yang tidak terputus dengan demikian membantu dalam meningkatkan perilaku sosial dan meningkatkan suasana hati.

Akibatnya, mengonsumsi minyak ikan secara teratur membantu serotonin bekerja lebih baik dengan mengurangi peradangan otak dan memfasilitasi pelepasannya. Jadi ini akan membantu meningkatkan suasana hati dan perilaku sosial dan kebahagiaan secara keseluruhan. Peningkatan fungsi otak juga membantu proses kognisi dan pengambilan keputusan yang lebih cepat.

3. Tingkatkan Fungsi Otak

Khasiat minyak ikan yang ketiga untuk membantu meningkatkan fungsi otak. Asam lemak omega 3 membuat blok bangunan penting untuk struktur dan membran sel otak. Akibatnya, mereka sangat penting untuk fungsi otak yang optimal.

Selanjutnya, asam Omega 3 juga diperlukan untuk kinerja sel saraf yang memadai. Telah ditunjukkan dalam penelitian tertentu bahwa minyak ikan dapat membantu meningkatkan daya ingat, meskipun seiring bertambahnya usia, efek ini cenderung menurun.

3 dari 4 halaman

4. Jaga Kekebalan Tubuh

Khasiat minyak ikan yang keempat untuk membantu menjaga tingkat kekebalan tubuh. Jumlah dan aktivitas sel-sel tubuh yang melawan penyakit yang disebut sel-B meningkat dengan konsumsi asam lemak omega 3 secara teratur.

Ini bersama dengan tindakan anti-inflamasi membantu dalam membangun kekebalan tubuh yang lebih kuat.

5. Lawan Efek Polusi Udara

Khasiat minyak ikan yang kelima untuk membantu melawan efek polusi udara. Berlawanan dengan kepercayaan populer bahwa polusi udara mempengaruhi sistem pernapasan, polusi udara justru lebih mempengaruhi setiap organ dan sistem tubuh.

Studi telah menemukan bahwa asam lemak omega 3 karena kemampuannya untuk mengurangi dan mencegah peradangan juga dapat membantu mengurangi stres oksidatif pada organ yang disebabkan karena polusi dan faktor lingkungan lainnya.

Beberapa ilmuwan percaya bahwa hingga 35-40% kerusakan yang disebabkan oleh polusi dapat dikurangi dengan suplemen minyak ikan.

6. Baik untuk Mata

Khasiat minyak ikan yang keenam untuk menjaga kesehatan mata. Minyak ikan dianggap bermanfaat untuk mencegah mata kering jika dikonsumsi secara teratur karena kemampuan retensi kelembapan asam lemak omega 3.

Beberapa peneliti juga percaya bahwa perkembangan awal degenerasi makula terkait usia, kondisi degeneratif mata dapat dicegah dengan konsumsi rutin minyak ikan.

4 dari 4 halaman

7. Manajemen Berat Badan

Khasiat minyak ikan yang ketujuh untuk manajemen berat badan yang efektif. Meskipun, strategi paling pasti untuk menurunkan berat badan adalah melakukan olahraga teratur dan makan dengan benar, proses penurunan berat badan dapat dikatalisasi dengan penambahan minyak ikan ke dalam makanan Anda.

Konsumsi minyak ikan membantu menurunkan nafsu makan, akibatnya penyimpanan lemak tubuh berkurang sehingga membuat sesi latihan lebih efektif.

8. Menutrisi Kulit

Khasiat minyak ikan yang kedelapan untuk membantu menutrisi kulit. Asam lemak omega 3 dapat membantu dalam perbaikan kerusakan sel kulit karena kemampuannya untuk mengembalikan membran sel dari dalam.

Kondisi kulit yang menyebabkan kemerahan dan iritasi juga dapat diuntungkan karena efek anti inflamasi dari asam omega 3 membuat kulit lebih rata.

9. Kurangi Peradangan

Khasiat minyak ikan yang terakhir untuk membantu mengurangi peradangan. Peradangan adalah cara sistem kekebalan Anda melawan infeksi dan mengobati cedera. Namun, peradangan kronis dikaitkan dengan penyakit serius, seperti obesitas, diabetes, depresi, dan penyakit jantung. Mengurangi peradangan dapat membantu mengobati gejala penyakit ini.

Karena minyak ikan memiliki sifat anti-inflamasi, ini dapat membantu mengobati kondisi yang melibatkan peradangan kronis. Selain itu, suplemen minyak ikan dapat secara signifikan mengurangi nyeri sendi, kekakuan, dan kebutuhan pengobatan pada penderita rheumatoid arthritis.

(mdk/edl)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami