9 Manfaat Terumbu Karang bagi Kehidupan Biota Laut dan Manusia, Wajib Diketahui

9 Manfaat Terumbu Karang bagi Kehidupan Biota Laut dan Manusia, Wajib Diketahui
JATIM | 14 Juli 2020 11:30 Reporter : Rakha Fahreza Widyananda

Merdeka.com - Terumbu karang merupakan batuan sedimen kapur yang terbentuk dari kalsium karbonat yang dihasilkan oleh biota laut penghasil kalsium karbonat yang kemudian melalui proses sedimentasi. Sedimentasi yang terjadi pada terumbu dapat berasal dari karang maupun dari alga.

Di dalam dan sekitar terumbu karang, hidup beraneka ragam biota yang umumnya merupakan hewan avertebrata. Hewan–hewan tersebut adalah seperti crustacea, siput dan kerang-kerangan, bulu babi, anemon laut, teripang, bintang laut dan leli laut, ikan–ikan kecil, ular laut, penyu laut, ganggang dan juga alga.

Berbagai manfaat terumbu karang dapat dihasilkan oleh terumbu karang tetapi perlu diatur pengelolaannya karena terumbu karang merupakan ekosistem laut dangkal yang ada pada iklim tropis yang paling kompleks dan produktif tetapi juga merupakan ekosistem yang paling rentan terhadap perubahan lingkungan dan juga daya dukung yang terbatas.

Oleh sebab itu, terumbu karang akan memberikan banyak manfaat yang besar bagi kehidupan dan lingkungan biota yang sedianya hidup di sekitarnya dan juga bagi kehidupan manusia. Berdasarkan pada manfaat yang diberikan oleh terumbu karang, berikut ini kami telah rangkum 9 manfaat terumbu karang bagi kehidupan biota laut dan manusia:

Baca Selanjutnya: Manfaat Terumbu Karang Secara Ekologi...

Halaman

(mdk/raf)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami