Anak Muda Tak Perlu Khawatir Cari Kerja, Pemkot Surabaya Siapkan Rumah Padat Karya

Anak Muda Tak Perlu Khawatir Cari Kerja, Pemkot Surabaya Siapkan Rumah Padat Karya
Jika Cari Kerja Susahnya Setengah Mati, Kenapa Tidak Mencoba Bikin Usaha Sendiri?. ©Shutterstock
JATIM | 11 Agustus 2022 08:23 Reporter : Rizka Nur Laily M

Merdeka.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya Jawa Timur menggencarkan program Rumah Padat Karya untuk menyerap warga setempat yang belum memiliki pekerjaan.

Salah satu Rumah Padat Karya bernama Pelataran Manyar yang terletak di Jalan Menur, Kelurahan Manyar Sabrangan, Kota Surabaya, menyerap pekerja dari kalangan anak muda.

"Kami berharap warga bisa berkarya dan meninggalkan hal-hal negatif. Mari bergotong-royong untuk mengubah perekonomian keluarga menjadi lebih baik," tutur Camat Mulyorejo Surabaya Yudi Eko Handono di Surabaya, Kamis (11/8/2022).

2 dari 3 halaman

Sempat Pesimis

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Eri Cahyadi (@ericahyadi_)

Yudi mengungkapkan, awalnya warga pesimis terhadap rencana pembangunan Pelataran Manyar, namun setelah pihaknya memberikan pengertian, banyak warga yang tertarik mendaftar.

"Saat itu kami mencari dan akan menyeleksi sulit sekali. Tapi Alhamdulillah, setelah diberikan pengertian, banyak warga yang berminat kemudian kami seleksi," ungkapnya, dikutip dari Antara.

Rumah Padat Karya Pelataran Manyar yang berdiri di lahan seluas 450 meter persegi melalui sinergi RT/RW dan LPMK Kelurahan Manyar Sabrangan itu diresmikan Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi pada Rabu (10/8).

Rencananya, masih ada  10 titik lokasi aset pemkot di wilayah Kecamatan Manyar yang akan dijadikan rumah padat karya. Nantinya, rumah padat karya itu akan digunakan untuk memfasilitasi warga yang belum bekerja. 

3 dari 3 halaman

Upaya Kurangi Kemiskinan

007 tantri setyorini
©2019 Merdeka.com/Pixabay

Sebelumnya, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengatakan, masih banyak aset milik pemkot yang lokasinya tersebar dan tidak dipakai. Ke depan, aset-aset tersebut akan digunakan  untuk kepentingan umat melalui kegiatan-kegiatan positif khususnya untuk mengurangi kemiskinan di Kota Pahlawan.

"Kalau bisa dimanfaatkan untuk kepentingan umat, mengurangi kemiskinan, pengangguran, juga memunculkan kegiatan-kegiatan positif, maka kami minta aset pemkot bisa dimanfaatkan," terang Eri Cahyadi.

Mantan Kepala Bapeko Surabaya itu mengaku bersyukur mendapati salah satu warga yang terlibat dalam Rumah Padat Karya Pelataran Manyar dulunya korban dari dampak minuman keras. Menurutnya, perilaku negatif itu dilakukan sang pemuda dan teman-temannya lantaran kurangnya kegiatan positif di sekitar mereka.

(mdk/rka)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini