Bacaan Doa Angin Kencang dalam Islam Beserta Artinya, Patut Dihafalkan

Bacaan Doa Angin Kencang dalam Islam Beserta Artinya, Patut Dihafalkan
Ilustrasi Hujan Lebat. ©2020 Merdeka.com/www.pixabay.com
JATIM | 6 Oktober 2021 16:00 Reporter : Edelweis Lararenjana

Merdeka.com - Hujan adalah berkah dan karunia yang diturunkan oleh Allah SWT. Hujan dapat membantu membasahi Bumi yang sedang panas, mengairi sawah yang sedang kering, dan masih banyak hal positif lain yang didatangkan bersama dengan turunnya hujan.

Namun, hujan yang disertai dengan angin kencang terkadang juga bisa membawa dampak buruk bagi manusia. Angin kencang dapat merobohkan pepohonan, menimpa rumah warga, hingga memutus kabel-kabel listrik. Angin kencang juga dapat membahayakan perjalanan laut.

Dalam Islam, segala sesuatunya memiliki doa. Tak terkecuali untuk angin kencang. Doa angin kencang dapat Anda lafazkan saat angin berembus secara mengerikan, membuat takut Anda yang melihatnya sekaligus berpotensi untuk merusak.

Melansir dari dream.co.id, berikut doa angin kencang yang dapat Anda hafalkan.

2 dari 4 halaman

Doa Angin Kencang dan Artinya

Dalam salah satu hadis Imam Muslim meriwayatkan bahwa, saat hujan disertai angin kencang Rasulullah SAW membaca sebuah doa angin kencang berikut ini:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ خَيْرَهَا وَخَيْرَ مَا فِيهَا وَخَيْرَ مَا أُرْسِلَتْ بِهِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّ مَا فِيهَا وَشَرِّ مَا أُرْسِلَتْ بِهِ

Allahumma inni as aluka khoiraha wa khoira ma fiha wa khoira ma ursilat bihi wa a'udzubika min syarriha wa syarri ma fiha wa syarri ma ursilat bihi.

Artinya; "Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu kebaikan angin ini dan kebaikan yang ada padanya dan kebaikan yang dibawanya dan aku berlindung kepada-Mu dari keburukan angin ini, keburukan yang ada padanya dan keburukan yang dibawanya."

Selain itu ada pula hadis lainnya, yaitu dari Sayyidina Abu Hurairah ra. Rasulullah berkata: "Aku mendengar Nabi SAW bersabda: "Angin adalah bagian dari pemberian Allah, bisa membawa rahmat dan juga bisa membawa azab. Jika kalian melihatnya, jangan mencelanya, mohonlah kepada Allah kebaikannya dan berlindunglah kepada Allah dari keburukannya."

3 dari 4 halaman

Doa Ketika Turun Hujan Lebat dan Artinya

Apa pun yang Allah SWT berikan sudah sepatutnya disyukuri. Hal itu merupakan nikmat yang telah diberikan kepada manusia di bumi. Satu di antara contohnya, saat diberi hujan yang lebat, manusia harus tetap mengucapkan syukur dengan memanjatkan doa-doa. Doa ketika turun hujan yang lebat adalah sebagai berikut:

اللَّهُمّ حَوَالَيْنَا وَلَا عَلَيْنَا,اللَّهُمَّ عَلَى الْآكَامِ وَالْجِبَالِ وَالظِّرَابِ وَبُطُونِ الْأَوْدِيَةِ وَمَنَابِتِ الشَّجَرِ

Allahumma haawalaina wa laa 'alaina. Allahumma 'alal aakami wal jibaali, wazh zhiroobi, wa buthunil awdiyati, wa manaabitisy syajari.

Artinya: "Ya Allah, turunkanlah hujan di sekitar kami, bukan untuk merusak kami. Ya Allah, turunkanlah hujan ke dataran tinggi, gunung-gunung, bukit-bukit, perut lembah, dan tempat tumbuhnya pepohonan."

4 dari 4 halaman

Doa saat Hujan Turun Beserta Petir

Saat hujan turun ke bumi disertai petir, hal ini tentu akan membuat suasana mencekam karena sambaran petir tersebut akan membuat ketakutan. Ditambah, akan ada kekhawatiran timbuknya bencana akibat hujan petir ini juga.

Bagi manusia yang beriman dan bertakwa dianjurkan untuk selalu memanjatkan doa ketika turun hujan yang juga disertai dengan petir, dengan doa sebagai berikut:

سُبْحَانَ الَّذِيْ يُسَبِّحُ الرَّعْدُ بِحَمْدِهِ وَالْمَلَائِكَةُ مِنْ خِيْفَتِهِ

Subhaanalladzii yusabbihur ro'du bihamdihi wal malaaikatu min khiifatih.

Artinya: "Mahasuci Allah yang dengan memuji-Nya bertasbih lah halilintar dan juga para malaikat karena takut kepada-Nya."

(mdk/edl)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami