8 Bahaya Minuman Soda untuk Kesehatan, Salah Satunya Dapat Picu Diabetes Tipe 2

8 Bahaya Minuman Soda untuk Kesehatan, Salah Satunya Dapat Picu Diabetes Tipe 2
JATIM | 9 Oktober 2020 10:15 Reporter : Edelweis Lararenjana

Merdeka.com - Mengonsumsi minuman dengan tambahan gula secara berlebihan dapat membawa dampak buruk bagi kesehatan Anda. Namun, terdapat beberapa sumber gula yang lebih buruk dan berbahaya daripada yang lain. Sumber gula tersebut biasanya terdapat dalam minuman manis kemasan seperti minuman soda, jus buah, kopi dan sejenisnya yang biasa Anda temui di toko-toko.

Sebuah studi yang diterbitkan oleh jurnal Circulation diikuti lebih dari 118.000 pria dan wanita selama 30 tahun dan menyimpulkan bahwa setiap 12 ons minuman manis, termasuk di antaranya minuman soda, limun dan minuman buah manis lainnya, dapat meningkatkan risiko kematian sebesar 7%, termasuk 5% peningkatan risiko kematian akibat kanker, dan 10% peningkatan risiko kematian akibat penyakit kardiovaskular.

Minuman manis dapat menyebabkan penambahan berat badan, dan apa pun yang menyebabkan penambahan berat badan akan meningkatkan risiko kondisi seperti penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan bahkan kanker tertentu, mengutip Hallie Levine dalam aarp.org.

Minuman ringan terdiri dari air berkarbonasi. Ada beberapa penelitian pendahuluan yang menunjukkan bahwa air berkarbonasi atau minuman soda dapat meningkatkan kadar hormon kelaparan ghrelin, sehingga membuat seseorang lebih lapar. Hal itu dapat menyebabkan penambahan berat badan, mengutip Nancy Farrell Allen, juru bicara Akademi Nutrisi dan Diet dan ahli gizi terdaftar di Fredericksburg, Virginia.

Berikut beberapa bahaya minuman soda bagi kesehatan yang perlu Anda waspadai, mengutip dari Healthline. Alangkah baiknya untuk mulai mengurangi konsumsi minuman soda secepat mungkin guna mencegah berbagai dampak negatif dan penyakit yang dibawanya.

Baca Selanjutnya: Menambah Berat Bada & Menumpuk...

Halaman

(mdk/edl)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami