Cara Mandi Wajib dan Doanya yang Perlu Diketahui, Berikut Selengkapnya

Cara Mandi Wajib dan Doanya yang Perlu Diketahui, Berikut Selengkapnya
Ilustrasi tata cara mandi wajib. © Pexels
JATIM | 18 Maret 2021 15:08 Reporter : Edelweis Lararenjana

Merdeka.com - Dalam agama Islam, apabila seorang muslimah usai haid mereka diwajibkan untuk mandi wajib. Selain muslimah, beberapa orang dewasa juga diwajibkan untuk melakukan mandi wajib atau mandi junub dalam kondisi tertentu seperti misalnya usai melakukan hubungan badan.

Mandi wajib bertujuan untuk membersihkan atau menyucikan diri secara fisik dari hadas besar. Melaksanakan mandi wajib adalah suatu keharusan bagi seorang muslim yang sehat secara akal. Islam telah mengatur tata cara mandi wajib ini sedemikian rupa, lengkap dengan doa-doanya.

Tata cara mandi wajib bagi umat muslim pada dasarnya adalah sama. Yang membedakan hanyalah doa atau niat yang dibacakan. Niat mandi wajib usai haid berbeda dengan niat mandi wajib usai berhubungan suami-istri.

Ibadah seorang umat muslim baru bisa dikatakan sah apabila ia telah terbebas dari hadas besar maupun kecil. Dan melakukan mandi wajib adalah salah satu caranya. Berikut ini adalah tata cara mandi wajib dan doanya yang perlu diketahui, dilansir dari liputan6.com.

Baca Selanjutnya: Perintah Mandi Wajib dalam Islam...

Halaman

(mdk/edl)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami