Cara Membuat Churros, Donat Asal Spanyol yang Renyah dan Mudah Dibuat

Cara Membuat Churros, Donat Asal Spanyol yang Renyah dan Mudah Dibuat
JATIM | 26 Maret 2020 18:37 Reporter : Edelweis Lararenjana

Merdeka.com - Churros adalah salah satu cemilan khas yang berasal dari Spanyol. Banyak yang mengatakan bahwa Churros adalah donat ala Spanyol. Rasanya memang mirip donat, teknik membuatnya pun sama seperti donat, yaitu dengan cara digoreng. Hanya saja, bentuk Churros lebih unik.

Tidak bulat dan berlubang pada tengahnya, melainkan panjang seperti tongkat. Topping-nya pun tidak dioles di atas permukaan seperti donat, melainkan Churros harus dicelup ke dalam cokelat leleh. Berikut cara membuat Churros yang renyah dan enak.

1 dari 4 halaman

Bahan Dasar Cara Membuat Churros

Sebelum masuk ke langkah-langkah cara membuat Churros, kita harus tahu apa bahan dasarnya, yaitu Choux. Choux adalah adonan pastry ringan yang biasanya digunakan untuk membuat kue sus, eclairs, beignets, profiterolle dan cullers. Adonan choux terbuat dari mentega, air, tepung terigu dan telur. Saat ini, telah banyak dikembangkan adonan Churros tanpa telur. Biasanya, Churros tanpa telur ini dibuat di rumah sebagai camilan sederhana.

8 macam tepung dan kegunaannya

bakingbusiness.com 2020 Merdeka.com

Churros sendiri adalah jajanan goreng yang sering dijumpai pada acara-acara festival yang diselenggarakan di Meksiko, Spanyol, dan negara-negara Latin lainnya. Teksturnya yang crunchy di luar dan lembut di dalam membuat Churros menjadi jajanan favorit. Apalagi, bentuknya yang memanjang seperti tongkat membuatnya sangat mudah untuk dinikmati sambil berkeliling berjalan kaki di festival-festival tersebut.

Meski Churros adalah jajanan tradisional, saat ini telah banyak inovasi resepnya. Rasa dan topping yang tersedia pun beraneka ragam. Selain Churros original, kalian dapat menjumpai Churrosred velvet, Churros keju, Churros topping Oreo, Churros topping saus karamel dan masih banyak lagi.

2 dari 4 halaman

Sejarah Singkat Churros

005 edelweis lararenjana

2020 Merdeka.com

Dikutip dari foxnews.com, sejarah kemunculan Churros terbagi menjadi beberapa versi. Beberapa mengatakan Churros ditemukan oleh penggembala nomaden Spanyol. Ia hidup di atas pegunungan dan tidak memiliki akses ke toko roti. Hal ini kemudian membuat mereka menciptakan Churros, yang mudah dimasak menggunakan wajan penggorengan di atas api. Kredibilitas yang diberikan pada sejarah Churros versi ini adalah fakta bahwa terdapat jenis domba yang disebut "Navajo-Churro", yang merupakan keturunan dari domba "Churra" di semenanjung Iberia. Tanduk domba ini terlihat mirip seperti Churros.

Sejarah lain mengatakan bahwa pelaut Portugis menemukan makanan serupa Churros di China Utara, yang disebut "You Tiao" yang lalu mereka bawa pulang ke daratan Eropa. Orang-orang Spanyol lau mempelajari kuliner baru ini dan membuat beberapa improvisasi seperti menaruh spuit berbentuk bintang pada ujung plastik adonan. Sehingga menghasilkan bentukan yang khas seperti yang kita kenal sekarang.

Nah, sekarang penulis akan membagi resep cara membuat Churros yang enak dan renyah. Bahan yang diperlukan ternyata sederhana saja. Berikut cara membuat Churros yang enak.

3 dari 4 halaman

Bahan Membuat Churros

  • Air 250ml
  • Butter/margarin 50 gram
  • Gula pasir 1 sdm
  • Garam 2/4 sendok teh
  • Tepung terigu 150 gram, ayak
  • Vanilla 1/4 sendok teh
  • Telur 1 butir, dikocok lepas
  • Minyak goreng
  • Gula halus 4 sendok makan (untuk taburan di atas Churros)
  • Kayu manis bubuk 1/2 sendok teh(untuk taburan di atas Churros)
  • Selai cokelat

005 edelweis lararenjana

2020 Merdeka.com

4 dari 4 halaman

Cara Membuat Churros

  1. Pertama, masak air, butter/margarin, gula dan garam hingga mendidih dan butter/margarin meleleh. Matikan api.
  2. Masukkan terigu yang sudah diayak dan vanilla. Aduk cepat. Nyalakan kembali api kecil, aduk-aduk hingga adonan licin dan kalis (tidak menempel di panci). Angkat.
  3. Biarkan hingga hangat.
  4. Selanjutnya masukkan telur dan aduk rata menggunakan sendok kayu. Adonan akhir adalah adonan yang lengket tapi tidak terlalu lembek seperti adonan kue sus. Bila adonan terasa masih agak susah dispuit, tambahkan telurnya (menjadi 2 butir) karena ukuran telur berbeda-beda.
  5. Masukkan adonan ke dalam kantong segitiga.
  6. Panaskan minyak goreng dengan api sedang, spuitkan adonan ke dalam minyak goreng kurang lebih sepanjang 10 cm atau sesuai selera. Goreng sampai kuning kecokelatan, angkat dan tiriskan.
  7. Taburkan gula halus dan bubuk kayu manis di atasnya.
  8. Sajikan churros bersama dengan selai/saus cokelat.

Atau, bisa juga menyemprotkan dulu adonan churros ke atas loyang yang ditabur terigu tipis, lakukan sampai adonan habis. Simpan sebentar di freezer sampai adonan agak mengeras, lalu digoreng. Hasilnya akan menjadi lebih cantik. Dan jika tidak ingin menggoreng semuanya, adonan Churros dapat disimpan di freezer.

(mdk/edl)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami