Cara Membuat Yoghurt Ala Rumahan, Praktis dan Kaya Manfaat untuk Kesehatan

Cara Membuat Yoghurt Ala Rumahan, Praktis dan Kaya Manfaat untuk Kesehatan
cara membuat yoghurt. ©2020 Merdeka.com
JATIM | 24 Maret 2020 15:52 Reporter : Rakha Fahreza Widyananda

Merdeka.com - Yoghurt, merupakan salah satu olahan susu yang diproses melalui proses fermentasi dengan penambahan kultur organisme yang baik, salah satunya yaitu bakteri asam laktat. Cara membuat yoghurt adalah dengan memasukkan bakteri spesifik ke dalam susu di bawah temperatur yang dikontrol dan dipengaruhi kondisi lingkungan.

Fermentasi gula dan susu atau laktosa akan menghasilkan asam laktat yang berperan dalam protein susu sehingga dapat menghasilkan tekstur seperti gel yang mengental lembut dan memberikan aroma khas pada yoghurt.

Selain itu, yoghurt juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh karena di dalam yoghurt terdapat Lactobacillus. Vitamin B, Mineral dan kaya akan protein. Mengonsumsi yoghurt setiap hari akan dapat memperlancar pencernaan, menjaga kesehatan kulit, dan membantu untuk menjaga kekebalan tubuh.

Semua orang dapat menikmati yoghurt setiap hari bahkan bagi orang yang memiliki alergi susu juga tetap bisa menikmati yoghurt. Penyebabnya karena meskipun yoghurt terbuat dari susu tetapi struktur laktosa yoghurt telah dirusak oleh bakteri saat proses fermentasi sehingga tidak akan membuatmu terserang alergi.

Memang saat ini yoghurt telah mudah ditemukan di toko-toko makanan maupun supermarket. Namun, tidak ada salahnya apabila anda akan membuat yoghurt sendiri di rumah. Selain tanpa bahan pengawet dan tambahan bahan lainnya, dengan membuat yoghurt sendiri akan bisa menentukan bahan-bahan yang anda gunakan.

Untuk mengetahui secara lebih rinci tentang pembuatan yoghurt yang bisa anda lakukan sendiri, berikut ini kami rangkum cara membuat yoghurt ala rumahan.

Baca Selanjutnya: Cara Membuat Yoghurt Plain...

Halaman

(mdk/raf)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami