10 Cara Mengurangi Sampah Elektronik yang Berbahaya bagi Lingkungan, Wajib Tahu

10 Cara Mengurangi Sampah Elektronik yang Berbahaya bagi Lingkungan, Wajib Tahu
Kuburan sampah elektronik di Ghana. © QAMP
JATIM | 18 Oktober 2020 20:30 Reporter : Edelweis Lararenjana

Merdeka.com - Sampah elektronik (yang juga dikenal sebagai e-waste) adalah peralatan listrik atau elektronik yang dibuang. Pembuangan dan pemrosesan limbah yang tidak tepat dapat menyebabkan kerusakan lingkungan dan manusia yang merugikan.

Saat ini, jumlah ponsel telah mencapai jumlah yang lebih banyak daripada jumlah orang di seluruh dunia, mengutip dari independent.co.uk. Dengan kecenderungan orang untuk membuang produk lama dan terus membeli produk baru, hal ini lantas menciptakan masalah limbah elektronik global.

Praktik daur ulang plastik, kaca, dan logam telah menjadi hal yang dinormalisasi. Namun, pemikiran untuk gerakan daur ulang barang elektronik masih jarang terdengar. Jika limbah elektronik tidak didaur ulang dengan benar, hal ini dapat menyebabkan kontaminasi udara, tanah, dan air, yang pada akhirnya dapat memengaruhi manusia dan satwa liar. 80% limbah elektronik dunia masih ada, sementara hanya 20% saja yang didaur ulang setiap tahunnya, mengutip compareandrecycle.co.uk.

Hal yang lebih disayangkan adalah kenyataan bahwa sebagian besar elektronik konsumen ini dapat digunakan kembali atau dalam kondisi kerja yang sempurna. Sebagian besar perangkat seperti ponsel, laptop, memory stick, TV, tablet, dan baterai berakhir di tempat pembuangan sampah dan berkontribusi pada polusi udara dan air.

Meminimalkan limbah elektronik merupakan salah satu cara terbaik untuk menjaga lingkungan agar tetap aman. Berikut penjelasan mengenai dampak dan cara mengurangi sampah elektronik yang bisa Anda lakukan.

2 dari 7 halaman

Dampak Negatif Sampah Elektronik Terhadap Lingkungan

Mengutip get-green-now.com, bahaya kerusakan lingkungan yang disebabkan pembuangan limbah elektronik yang tidak tepat dapat diurai dalam waktu singkat adalah sebagai berikut:

  1. Polusi Udara: Pembakaran kabel melepaskan hidrokarbon di atmosfer.
  2. Polusi Air: Perangkat elektronik mengandung logam beracun seperti merkuri, timbal, dan litium, yang jika dibuang secara tidak benar, akan bercampur dengan kolam, danau, dan air tanah. Masyarakat yang secara langsung bergantung pada sumber air tersebut kemudian mengonsumsinya tanpa disadari. Logam berat ini berbahaya bagi semua makhluk hidup.
  3. Polusi Tanah: Logam berat ini memasuki rantai makanan karena diserap oleh tanaman dari tanah. Logam-logam ini tidak hanya merusak tanaman, tetapi juga kemudian dikonsumsi oleh makhluk hidup lainnya, menyebabkan rantai makanan yang beracun.

Pembuatan perangkat-perangkat elektronik dan penggunaan bahan langka yang masuk ke dalam produksinya mewakili penggunaan sumber energi yang sangat besar. Meminimalkan limbah elektronik membantu menghemat sumber daya dan mengurangi jumlah energi yang diambil dari bumi.

Menggunakan kembali logam mulia dan plastik di telepon seluler lama alih-alih membuat atau menambang kembali akan menghemat energi sebanyak mengalihkan listrik ke 24.000 rumah di AS selama satu tahun penuh. Berikut adalah 10 cara mengatasi sampah elektronik yang bisa Anda terapkan;

3 dari 7 halaman

Jual & Donasikan Perangkat Elektronik Lama

1. Jual Perangkat Elektronik Lama

Cara mengurangi sampah elektronik yang pertama dengan menjual perangkat elektronik lama Anda. Ini merupakan salah satu cara terbaik dan termudah untuk mengurangi jejak limbah elektronik.

Jika Anda berencana untuk menjualnya, Anda dapat dengan mudah menemukan pembeli karena kebanyakan orang tentu senang memiliki kesempatan untuk membeli produk yang sama dengan harga yang jauh lebih rendah. Anda mendapatkan uang dengan mudah sementara pembeli mendapatkan gadget yang masih bagus; win-win solution untuk kedua belah pihak.

Tempat yang baik untuk menjual barang elektronik lama (tanpa biaya apapun) adalah melalui internet. Anda dapat menjual perangkat yang tidak diinginkan dengan memposting iklan lokal dan bertemu dengan calon pembeli. Bisa juga dengan menjualnya ke penadah barang elektronik bekas di kota Anda.

2. Donasikan Barang Elektronik Lama

Cara mengurangi limbah elektronik yang kedua dengan mendonasikan perangkat-perangkat elektronik Anda yang masih berfungsi dengan baik kepada pihak yang membutuhkan. Menyumbang barang elektronik kepada yang membutuhkan adalah praktik yang diminati oleh banyak orang. Ini tidak hanya memberi gadget Anda kehidupan baru, tetapi juga membuat Anda merasa nyaman dengan diri sendiri.

Jika Anda memutuskan untuk menyumbangkan perangkat elektronik lama saat Anda tidak membutuhkannya lagi, pastikan untuk menghapus semua informasi (seperti data di hard drive laptop) sebelum melakukannya. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang mendonasikan gadget dengan aman dan benar, lihat panduan EPA (Environmental Protection Agency) tentang menyumbang dan mendaur ulang barang elektronik.

4 dari 7 halaman

Mendaur Ulang Dengan Benar & Menjaga Keawetan Barang Elektronik

3. Mendaur Ulang dan Membuang Limbah Elektronik dengan Benar

Cara mengurangi sampah elektronik yang ketiga dengan mendaur ulang dan membuang limbah elektronik yang Anda miliki dengan benar. Limbah elektronik yang dibuang secara tidak benar akan menjadi semakin berbahaya, terutama karena volume limbah elektronik di dunia yang semakin meningkat.

Untuk alasan ini, merek besar seperti Apple, Samsung, dan perusahaan lain mulai memberikan opsi kepada pelanggannya untuk mendaur ulang barang elektronik lama. Terkadang, Anda bahkan bisa mendapatkan kompensasi finansial untuk mendaur ulang perangkat lama tersebut.

Mendaur ulang elektronik lama memungkinkan komponen elektronik mahal di dalamnya digunakan kembali. Ini dapat menghemat banyak energi dan mengurangi kebutuhan penambangan sumber daya mentah baru, atau pembuatan suku cadang baru. Anda dapat menemukan program daur ulang elektronik di daerah Anda dengan melakukan pencarian Google untuk "elektronik daur ulang" dan nama kota atau area Anda.

4. Menjaga Keawetan Barang Elektronik

Cara mengurangi sampah elektronik yang keempat dengan menjaga keawetan barang elektronik kepunyaan Anda dengan baik. Menjaga dan memelihara barang elektronik untuk meningkatkan masa pakainya adalah salah satu cara terbaik untuk menghemat uang dan mengurangi limbah elektronik. Berikut beberapa tips untuk menjaga keawetan barang elektronik Anda:

  • Merawat Laptop atau Komputer:

Pastikan hard drive atau SSD PC Anda tidak penuh agar perangkat dapat tetap berjalan dengan lancar dan cepat untuk waktu yang lama. Bersihkan komputer Anda sesering mungkin agar tidak kotor. Jika memungkinkan, cobalah untuk tidak mengisi daya baterai Anda secara berlebihan. Ini berarti mencabut pengisi daya sebelum laptop mencapai 100%, yang akan meningkatkan masa pakai baterai Anda secara keseluruhan.

  • Merawat Ponsel:

Gunakan casing ponsel dan pelindung layar agar ponsel tidak pecah saat jatuh. Sama halnya dengan laptop, jaga perangkat Anda tetap bersih dan jangan selalu mengisi daya baterai hingga penuh jika Anda tidak membutuhkannya (Ini meningkatkan masa pakai baterai secara keseluruhan). 

Dengan memelihara barang-barang elektronik ini, Anda dapat menghemat uang karena harus membeli gadget baru saat gadget lama rusak.

5 dari 7 halaman

Pikir Lagi Sebelum Membeli & Simpan Data Secara Online

5. Berpikir Dua Kali Sebelum Membeli atau Memperbarui Perangkat Elektronik

Cara mengurangi sampah elektronik yang kelima dengan selalu berpikir dua kali sebelum meng-upgrade atau membeli perangkat elektronik baru. Apakah Anda benar-benar membutuhkan perangkat baru ini? Apakah itu kebutuhan, atau hanya sekadar keinginan? Akankah ini akan menambah nilai pada kehidupan pribadi atau profesional Anda?

Jika Anda menjawab "tidak" untuk salah satu pertanyaan di atas, mungkin yang terbaik adalah mengevaluasi kembali pemikiran Anda, dan menghindari membelinya. Untuk menambahkannya, Anda dapat menggunakan kembali elektronik lama yang tidak berguna lagi untuk tujuan penggunaan mereka. Misalnya, ponsel lama dapat berfungsi sebagai pemutar mp3 atau bahkan sebagai perangkat GPS.

6. Menyimpan Data Secara Online

Cara mengurangi sampah elektronik yang keenam dengan menyimpan data secara online. Layanan cloud jauh lebih baik daripada yang Anda kira dalam mengurangi dampak lingkungan akibat sampah elektronik.

Dengan menyimpan data secara online, Anda dapat mengakses data dari mana saja di seluruh dunia, tanpa perlu membawa perangkat penyimpanan setiap saat. Penyimpanan data secara online juga memberi Anda ruang penyimpanan dalam jumlah besar, gratis atau jika berbayar pun sangat murah.

Hal ini tidak hanya menawarkan kemudahan bagi Anda, tetapi juga mengurangi kebutuhan untuk perangkat penyimpanan baru. Ini secara tidak langsung mengurangi jejak karbon dan membatasi jumlah limbah elektronik yang dihasilkan.

6 dari 7 halaman

Beli Barang Elektronik Hemat Energi & Perbaiki Barang yang Rusak

7. Beli Barang Elektronik Hemat Energi

Cara mengurangi sampah elektronik yang ketujuh dengan membeli barang-barang elektronik yang hemat energi. Berinvestasi dalam elektronik ramah lingkungan memiliki manfaat yang sangat besar. Perangkat dengan peringkat Energy Star mengonsumsi lebih sedikit energi, sehingga mengurangi tagihan listrik secara signifikan.

Selain itu, karena lebih sedikit energi yang dibutuhkan, ia terus mengawasi penipisan sumber daya (energi) dengan menghindari penggunaan yang berlebihan. Ini secara tidak langsung menyelamatkan lingkungan dengan mengurangi beban pada ekstraksi dan penipisan sumber daya (energi). Untuk itu, saat membeli carilah barang elektronik dan peralatan dengan logo Energy Star.

8. Memperbaiki Barang Elektronik yang Rusak

Cara mengurangi sampah elektronik yang kedelapan dengan berusaha memperbaiki barang elektronik yang rusak, alih-alih menggantinya dengan yang baru. Beberapa merek perangkat elektronik modern memang hanya dimaksudkan untuk bertahan selama beberapa tahun dalam penggunaan rutin sebelum rusak.

Namun, selain memelihara perangkat elektronik dengan membersihkannya secara teratur agar tahan lebih lama, Anda juga dapat mempelajari cara memperbaiki masalah perangkat keras pada perangkat elektronik atau membawanya ke tukang reparasi barang elektronik. Saat ini, banyak situs online dan juga video YouTube yang mengajarkan cara memperbaiki laptop rusak atau melakukan penggantian layar ponsel sendiri.

Dengan belajar memperbaiki elektronik di rumah, Anda akan mendapatkan pengetahuan dan pemahaman yang lebih detail tentang perangkat keras elektronik. Anda juga akan mempelajari keterampilan perbaikan yang berguna, dan menghindari keharusan pergi ke bengkel profesional dan membayar biaya mahal kepada orang lain untuk memperbaiki perangkat yang rusak.

7 dari 7 halaman

Sewa Daripada Membeli & Sebarkan Informasi Mengenai Bahaya Sampah Elektronik

9. Sewa Alat Elektronik Daripada Membeli

Cara mengurangi sampah elektronik yang selanjutnya dengan menyewa peralatan-peralatan elektronik tertentu alih-alih membelinya. Jika Anda berencana untuk menggunakan peralatan elektronik tertentu dalam jangka waktu terbatas, lebih baik menyewanya daripada membelinya.

Misalnya, jika Anda menggunakan timbangan industri untuk mengukur, misalnya, berat limbah elektronik, sewalah timbangan tersebut. Menyewa peralatan adalah pilihan yang hemat biaya dan ramah lingkungan, karena Anda hanya perlu membayar selama Anda menyewa daripada membeli peralatan secara langsung dan kemudian membiarkannya membusuk lalu rusak setelah satu atau dua kali penggunaan.

10. Sebarkan Informasi Mengenai Bahaya Sampah Elektronik

Cara mengurangi sampah elektronik yang terakhir dengan menyebarkan informasi mengenai bahaya dan dampak negatif yang dihasilkan oleh penumpukan sampah elektronik. Katakanlah Anda setia dalam upaya mengurangi limbah elektronik. Anda membeli lebih sedikit barang elektronik yang tidak perlu dan menyumbangkan barang-barang lama Anda.

Hal ini menandakan Anda telah melakukan bagian Anda dalam upaya mengatasi penumpukan sampah elektronik. Sekarang, saatnya berbagi pengetahuan Anda dengan orang lain yang mungkin kurang sadar tentang bahaya e-waste.

Jika Anda melihat anggota keluarga membuang komputer lama secara tidak benar atau membeli smartphone baru tanpa alasan, luangkan waktu dan bagikan pengetahuan Anda tentang efek merugikan dari tindakan mereka. Terpenting, beri orang-orang itu alasan untuk bertindak atas saran Anda.

Misalnya, jika Anda tahu tempat terdekat yang bagus untuk mendonasikan barang elektronik lama, Anda dapat memberi tahu mereka. Mengadakan diskusi tentang cara-cara yang bertanggung jawab untuk mengurangi limbah elektronik berpotensi membuat perbedaan positif baik di komunitas maupun dalam skala global.

(mdk/edl)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini