Ciri-Ciri Pasar Beserta Pengertiannya yang Perlu Diketahui, Menarik Dipelajari

Ciri-Ciri Pasar Beserta Pengertiannya yang Perlu Diketahui, Menarik Dipelajari
Ilustrasi uang. ©2013 Merdeka.com/shutterstock.com/club4Traveler
JATIM | 6 Juli 2022 17:53 Reporter : Edelweis Lararenjana

Merdeka.com - Pasar adalah sebuah istilah dalam dunia ekonomi yang umum terdengar dan digunakan secara luas oleh masyarakat. Pasar merupakan tempat di mana orang mencari barang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Selain itu, pasar juga bisa didefinisikan sebagai tempat orang untuk memperoleh informasi mengenai harga, produk dan mendapatkan keuntungan yang efisien. Pasar biasanya lebih sering dipilih terutama oleh ibu-ibu untuk berbelanja, lantaran harga yang lebih murah dan barang yang lebih variatif.

Pengertian pasar dapat dititik beratkan dalam arti ekonomi, yaitu untuk transaksi jual dan beli. Pada prinsipnya, aktivitas perekonomian yang terjadi di pasar didasarkan dengan adanya kebebasan dalam bersaing, baik itu untuk pembeli maupun penjual.

Banyak hal yang bisa dipelajari mengenai pasar, seperti pengertiannya menurut para ahli, ciri-ciri pasar secara umum, dan lainnya. Dalam artikel kali ini, merdeka.com akan mengulasnya dengan lengkap.

2 dari 4 halaman

Pengertian Pasar Menurut Para Ahli

Pasar menurut kajian ilmu ekonomi adalah suatu tempat atau proses interaksi antara permintaan (pembeli) dan penawaran (penjual) dari suatu barang/jasa tertentu, sehingga akhirnya dapat menetapkan harga keseimbangan (harga pasar) dan jumlah yang diperdagangkan, mengutip Cyril S. Belshaw dalam buku  Tukar-Menukar Tradisional dan Pasar Modern.

Beberapa pengertian pasar menurut beberapa para ahli adalah sebagai berikut:

1. William J.Stanton

William J.Stanton berpendapat bahwa pengertian pasar adalah sekumpulan orang yang memiliki keinginan untuk puas, uang yang digunakan untuk berbelanja, serta memiliki kemauan untuk membelanjakan uang tersebut.

2. Kotler dan Amstrong

Kotler dan Amstrong berpendapat bahwa pengertian pasar merupakan seperangkat pembeli aktual dan juga potensial dari suatu produk atau jasa. Ukuran dari pasar itu sendiri tergantung dengan jumlah orang yang menunjukkan tentang kebutuhan, mempunyai kemampuan dalam bertransaksi.

Banyak pemasar yang memandang bahwa penjual dan pembeli sebagai sebuah pasar, di mana penjual tersebut akan mengirimkan produk serta jasa yang mereka produksi dan juga guna menyampaikan atau mengkomunikasikan kepada pasar. Sebagai gantinya, mereka akan mendapatkan uang dan informasi dari pasar tersebut.

3. Handri Ma’aruf

Kata “pasar” mempunyai 3 pengertian, antara lain;

1) Pasar dalam arti “tempat”, merupakan sebuah tempat untuk bertemunya para penjual dengan pembeli,

2) Pasar dalam arti “penawaran serta permintaan”, merupakan pasar sebagai tempat terjadinya kegiatan transaksi jual beli, dan 

3) Pasar dalam arti “sekumpulan anggota masyarakat yang mempunyai kebutuhan serta daya beli”, lebih merujuk pada 2 hal, yaitu daya beli dan kebutuhan. Pasar merupakan sekumpulan orang yang berusaha untuk mendapatkan jasa atau barang serta mempunyai kemampuan untuk membeli barang tersebut.

Sementara menurut KBBI, pasar diartikan sebagai tempat sekumpulan orang melakukan transaksi jual-beli. Merupakan sebuah tempat untuk jual beli yang diadakan oleh sebuah organisasi atau perkumpulan dan sebagainya dengan maksud untuk dapat mencari derma.

3 dari 4 halaman

Fungsi dan Ciri-Ciri Pasar

Pasar berfungsi sebagai tempat atau wadah untuk pelayanan bagi masyarakat. Hal ini dapat dilihat dari berbagai segi atau bidang. Menurut Soeratno (2003), pasar memiliki lima fungsi utama, yakni:

1) Pasar menentukan harga dan nilai barang. Permintaan barang yang meningkat menunjukkan kebutuhan masyarakat yang lebih banyak, sehingga mendorong produksi barang lebih banyak pula. Hal ini dikarenakan dalam jangka yang relatif singkat perusahaan tidak bisa menambah jumlah barang yang ditawarkan dengan seketika. Akibatnya harga barang naik.

2) Pasar mengorganisasi produksi. Harga barang akan menjadi acuan perusahaan dalam menentukan metode produksi yang paling efisien.

3) Pasar mendistibusikan barang dan jasa yang dihasilkan perusahaan.

4) Pasar menyediakan barang dan jasa untuk kebutuhan dimasa mendatang.

5) Pasar melakukan penjatahan.

Sementara itu, berdasarkan penjelasan di atas dapat disimpulkan beberapa ciri-ciri pasar secara umum adalah:

  1. Terdapat calon pembeli dan penjual.
  2. Terdapat jasa ataupun barang yang hendak untuk diperjualbelikan.
  3. Terdapat proses permintaan serta penawaran oleh kedua pihak.
  4. Terdapat interaksi diantara pembeli dan penjual baik itu secara langsung ataupun tidak langsung.
4 dari 4 halaman

Ciri-Ciri Pasar Tradisional

Setelah mengetahui ciri-ciri pasar secara umum, akan lebih lengkap jika Anda juga tahu apa saja ciri-ciri pasar tradisional terutama yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia. Mengutip Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 20 Tahun 2012 tentang Pengelolaan dan Pemberdayaan Pasar Tradisional, ciri-ciri pasar tradisional adalah sebagai berikut:

1. Pasar tradisional dimiliki, dibangun dan atau dikelola oleh pemerintah daerah.

2. Adanya sistem tawar menawar antara penjual dan pembeli. Tawar menawar ini adalah salah satu budaya yang terbentuk di dalam pasar. Hal ini yang dapat menjalin hubungan sosial antara pedagang dan pembeli yang lebih dekat.

3. Tempat usaha beragam dan menyatu dalam lokasi yang sama. Meskipun semua berada pada lokasi yang sama, barang dagangan setiap penjual menjual barang yang berbeda-beda. Selain itu juga terdapat pengelompokan dagangan sesuai dengan jenis dagangannya seperti kelompok pedagang ikan, sayur, buah, bumbu dan daging.

4. Sebagian besar barang dan jasa yang ditawarkan berbahan lokal. Barang dagangan yang dijual di pasar tradisional ini adalah hasil bumi yang dihasilkan oleh daerah tersebut. Meskipun ada beberapa dagangan yang diambil dari hasil bumi dari daerah lain yang berada tidak jauh dari daerah tersebut namun tidak sampai mengimport hingga keluar pulau atau negara.

(mdk/edl)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini