Mengenal Diet Mayo, Cara Populer Untuk Menurunkan Berat Badan

Mengenal Diet Mayo, Cara Populer Untuk Menurunkan Berat Badan
JATIM | 25 Maret 2020 07:00 Reporter : Edelweis Lararenjana

Merdeka.com - Tren diet datang dan pergi. Namun, para ilmuwan dan ahli diet terregistrasi setuju bahwa membangun dan menjalankan kebiasaan hidup sehat adalah pendekatan yang cerdas untuk tetap menjaga berat badan agar tetap ideal untuk jangka panjang. Salah satu program diet yang sering dibicarakan dan direkomendasikan adalah Diet Mayo.

Mayo Clinic Diet, atau yang biasa disebut Diet Mayo adalah program diet resmi yang dikembangkan oleh Mayo Clinic berdasarkan penelitian dan pengalaman klinis. Diet ini berfokus pada mengonsumsi makanan sehat yang enak dan meningkatkan aktifitas fisik.

Diet ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan pribadi dan riwayat kesehatan masing-masing. Karena diet mayo bukanlah program dengan pendekatan satu untuk semua. Mayo Clinic Diet secara konsisten berada di peringkat atas dari daftar diet terpopuler untuk kesehatan dan penurunan berat badan menurut survei tahunan AS News & World Report.

1 dari 4 halaman

Apa Itu Diet Mayo dan Bagaimana Cara Kerjanya?

sebelum mencoba diet vegan ini sisi positif dan negatifnya

2020 Merdeka.com


Diet mayo dirancang untuk membantu membentuk kembali gaya hidup Anda dengan mengadopsi kebiasaan baru yang sehat dan menghentikan kebiasaan lama yang tidak sehat. Tujuannya adalah untuk membuat perubahan yang sederhana dan menyenangkan yang akan menghasilkan berat badan sehat dan ideal, yang dapat Anda pertahankan sepanjang waktu.

Menurut mayoclinic.org, diet mayo berfokus pada mengubah rutinitas harian dengan menambah dan menghentikan kebiasaan yang dapat berpengaruh pada berat badan Anda. Seperti mengonsumsi lebih banyak buah dan sayuran, tidak menonton TV sambil makan, dan menggerakkan tubuh selama 30 menit sehari.

Diet mayo juga menekankan komponen kunci dari perubahan perilaku. Seperti menemukan motivasi terdalam untuk menurunkan berat badan, menetapkan tujuan yang harus di capai, dan bagaimana meng-handle kemunduran.

Terdapat dua fase dalam diet mayo, yaitu faseLose It!danLive It!. Masing-masing memiliki perbedaan dalam instruksinya. Fase pertama (Lose It!) adalah untuk proses menurunkan berat badan, sementara fase dua (Live It!) adalah bagaimana melanjutkan dan mempertahankan kebiasaan sehat tersebut.

2 dari 4 halaman

LOSE IT! Apa Saja yang Ada Dalam Fase Pertama Diet Mayo

Fase dua minggu ini dirancang untuk memulai penurunan berat badan agar Anda dapat kehilangan 2,6 hingga 4,5 kilogram dengan cara yang aman dan sehat. Pada fase ini, Anda fokus pada kebiasaan gaya hidup yang berhubungan dengan berat badan.

Anda akan belajar bagaimana menambahkan lima kebiasaan sehat dan menghentikan lima kebiasaan tidak sehat serta mengadopsi lima kebiasaan sehat tambahan lainnya. Fase ini membantu Anda melihat beberapa hasil cepat yang didasari oleh dorongan psikologis, dan mulai mempraktikkan kebiasaan penting yang akan Anda bawa pada fase berikutnya.

Contoh kebiasaan buruk yang harus Anda buang pada fase ini adalah makan sambil menonton TV. Hal ini Anda ganti dengan olahraga selama 30 menit per hari.

Fase Lose It! lebih ketat daripada fase Live It! karena fase in bertujuan untuk mengurangi berat badan secara cepat dan membangun gaya hidup lebih sehat.

Beberapa hal yang tidak bisa Anda lakukan ketika berada di fase Lose It!:

  • Minum alkohol
  • Makan sambil menonton TV
  • Makan di luar

Yang tidak boleh Anda makan:

  • Gula yang tidak terkandung dalam buah secara alami
  • Junk fooddan makanan ringan

Apa yang bisa Anda lakukan:

  • Mulai berolahraga secara rutin selama 30 menit per hari

Apa yang bisa Anda makan:

  • Buah-buahan dan sayuran sebanyak apapun
  • Gandum
  • Protein tanpa lemak dan susu
  • Lemak sehat
3 dari 4 halaman

LIVE IT! Apa Saja yang Ada Dalam Fase Kedua Diet Mayo

Fase ini merupakan pendekatan seumur hidup terhadap diet dan kesehatan. Dalam fase ini, Anda akan belajar lebih banyak tentang pilihan makanan, ukuran porsi, perencanaan menu, aktivitas fisik, olahraga, dan berpegang teguh pada kebiasaan hidup sehat.

Anda mungkin akan terus melihat penurunan berat badan yang stabil antara 0,5 hingga 1 kilogram seminggu hingga akhirnya Anda mencapai berat badan tujuan. Fase ini juga membantu Anda mempertahankan berat badan tujuan secara permanen.

Fase ini tidak menugaskan Anda untuk memotong makanan apa pun dari diet, namun sebaliknya berfokus pada porsi makan dalam jumlah sedang. Jika Anda mengikuti pedoman diet tradisional dari US Department of Agriculture, berikut adalah makanan yang harus anda konsumsi dalam jumlah lebih:

  • Sayur
  • Buah
  • Gandum
  • Protein tanpa lemak dan susu
4 dari 4 halaman

Tipikal Menu Diet Mayo

Mayo Clinic Diet menyediakan beberapa level kalori. Berikut adalah daftar makanan harian pada level 1.200 kalori sehari;

Sarapan - 1/2 cangkir oatmeal matang dengan 1 cangkir susu dan 2 sendok makan kismis, 1/4 cangkir mangga, minuman bebas kalori.

Makan Siang - Quinoa dengan kue ubi jalar, salad dengan saus bebas lemak, minuman bebas kalori.

Makan Malam - 1 pita pizza, 3/4 cangkir buah campur, minuman bebas kalori.

Snack - 1 cangkir paprika iris dan 2 sendok makan hummus.

Anda boleh mengonsumsi makanan manis, selama Anda membatasinya hingga 75 kalori sehari.

(mdk/edl)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami