Doa Keluar Masjid Lengkap Beserta Artinya, Wajib Diketahui

Doa Keluar Masjid Lengkap Beserta Artinya, Wajib Diketahui
Ilustrasi masjid. ©2019 Merdeka.com/Pixabay
JATIM | 19 Maret 2021 08:35 Reporter : Rakha Fahreza Widyananda

Merdeka.com - Masjid merupakan tempat suci bagi umat Muslim dalam menjalankan ibadah sholat. Dapat diumpamakan bahwa masjid merupakan rumah Allah SWT tempat kita beribadah, berdoa, dan memohon ampunan kepada-Nya.

Sudah selayaknya jika masjid memang menjadi tempat suci dan juga memiliki aturan yang telah tercantum di dalam agama Islam. Islam telah mengajarkan kepada kita untuk menghormati dan patuh terhadap Allah SWT, begitupun sesederhana kita saat hendak memasuki atau keluar dari masjid.

Karena masjid merupakan tempat sakral yang harus kita jaga kesuciannya, maka sudah selayaknya doa keluar masjid kita lafalkan saat hendak melakukannya.

Masjid merupakan rumah Allah SWT tempat kita beribadah, berdoa, dan menghadap kepada-Nya, maka sudah selayaknya kita patuh terhadap ketentuan yang telah ditetapkan Allah SWT.
Melansir dari Nu online, berikut doa keluar masjid lengkap beserta artinya.

2 dari 4 halaman

Adab Masuk Masjid

Masjid merupakan tempat yang dimuliakan oleh Allah SWT serta dikhususkan bagi umat Muslim untuk mendekatkan diri kepada-Nya.

Dengan dimuliakannya masjid tersebut, maka Rasulullah SAW telah memberikan sejumlah tuntunan kepada kita mengenai bagaimana menghormati masjid yang benar, seperti halnya mulai dari masuk, saat berada di dalam, ataupun setelah kita selesai dan keluar meninggalkan masjid.

Pertama, pastikan kita sudah dalam dalam keadaan bersih dari hadas, najis serta kotoran, baik itu yang melekat di badan, pakaian ataupun mulut. 

Kedua, selalu menggunakan pakaian yang bersih, putih, bagus, sopan, serta menutup aurat, yang sebagaimana telah diperintahkan oleh Allah SWT:

۞ يٰبَنِيْٓ اٰدَمَ خُذُوْا زِيْنَتَكُمْ عِنْدَ كُلِّ مَسْجِدٍ وَّكُلُوْا وَاشْرَبُوْا وَلَا تُسْرِفُوْاۚ اِنَّهٗ لَا يُحِبُّ الْمُسْرِفِيْنَ ࣖ

Artinya, Wahai anak cucu Adam! Pakailah pakaianmu yang bagus pada setiap (memasuki) masjid, makan dan minumlah, tetapi jangan berlebihan. Sungguh, Allah tidak menyukai orang yang berlebih-lebihan.

Ketiga, selalu memakai wewangian serta sebaiknya hindari sebelumnya konsumsi makanan yang beraroma tak sedap.

Keempat, saat hendak masuk masjid, selalu dahulukan kaki sebelah kanan sambil membaca doa memasuki masjid.

Kelima, berniatlah untuk iktikaf atau berdiam diri di masjid dan semata-mata beribadah kepada Allah dan mendekatkan diri kepada-Nya. Sebagai sebuah ibadah, tentunya tidak sah apabila tidak diniati.

Selanjutnya, yang keenam adalah setelah berniat untuk iktikaf maka hendaknya kita tak langsung duduk kecuali memang setelah menunaikan dua rakaat tahiyyatul masjid walaupun memang tujuannya utama masuk masjid hanya sekedar untuk menumpang kamar mandi.

3 dari 4 halaman

Doa Masuk Masjid

Setelah mengetahui adab-adab memasuki masjid, jika kita mengetahui doa keluar masjid, tentunya kita juga harus membaca doa masuk masjid terlebih dahulu sebelumnya.

Masjid bisa saja menjadi gudang kebaikan serta lautan ampunan bagi mereka yang hendak memasukinya. Namun sebaliknya, rumah ibadah ini juga dapat menyumbangkan dosa bagi mereka yang melanggar etika masjid di dalamnya.Contohnya saja menyebarkan kebencian serta kemungkaran lainnya yang ada dalam masjid.

Berikut doa masuk masjid agar Allah dapat membimbing perilaku kita saat ada di dalam serta di luar masjid. Sebelum memasuki masjid, hendaknya kita melangkahkan kaki kanan terlebih dahulu:

A‘ûdzu billâhil ‘azhîm wa biwajhihil karîm wa sulthânihil qadîm minas syaithânir rajîm. Bismillâhi wal hamdulillâh. Allâhumma shalli wa sallim ‘alâ sayyidinâ muhammadin wa ‘alâ âli sayyidinâ muhammadin. Allâhummaghfirlî dzunûbî waftahlî abwâba rahmatik.

Artinya, “Aku berlindung kepada Allah Yang Maha Besar, kepada Dzat-Nya Yang Maha Mulia, dan kepada kerajaan-Nya Yang Sedia dari setan yang terlontar. Dengan nama Allah dan segala puji bagi Allah. Hai Tuhanku, berilah shalawat dan sejahtera atas Sayyidina Muhammad dan atas keluarga Sayyidina Muhammad. Hai Tuhanku, ampuni untukku segala dosaku. Buka lah bagiku segala pintu rahmat-Mu. 

4 dari 4 halaman

Doa Keluar Masjid

Setelah kita telah selesai melaksanakan ibadah di dalam masjid, pastinya kita juga haruslah tak lupa untuk membaca doa keluar masjid. Doa keluar masjid biasanya akan dibaca sembari kita melangkahkan kaki kiri terlebih dahulu.

Dengan membaca doa ini, setidaknya kita sudah termasuk golongan orang yag telah menjaga etika serta memuliakan tempat suci ini. Berikut doa keluar masjid:

A‘ûdzu billâhil ‘azhîm wa biwajhihil karîm wa sulthânihil qadîm minas syaithânir rajîm. Bismillâhi wal hamdulillâh. Allâhumma shalli wa sallim ‘alâ sayyidinâ muhammadin wa ‘alâ âli sayyidinâ muhammadin. Allâhummaghfirlî dzunûbî waftahlî abwâba fadhlik.

Artinya, “Aku berlindung kepada Allah Yang Maha Besar, kepada Dzat-Nya Yang Maha Mulia, dan kepada kerajaan-Nya Yang Sedia dari setan yang terlontar. Dengan nama Allah dan segala puji bagi Allah. Hai Tuhanku, berilah shalawat dan sejahtera atas Sayyidina Muhammad dan atas keluarga Sayyidina Muhammad. Hai Tuhanku, ampuni untukku segala dosaku. Bukakan lah bagiku segala pintu kemurahan-Mu.”

(mdk/raf)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami