5 Fungsi Air Ketuban untuk Pertumbuhan Janin, Ibu Hamil Wajib Tahu

5 Fungsi Air Ketuban untuk Pertumbuhan Janin, Ibu Hamil Wajib Tahu
Ilustrasi hamil. ©2013 Merdeka.com/Shutterstock/Subbotina Anna
JATIM | 27 Mei 2020 10:15 Reporter : Edelweis Lararenjana

Merdeka.com - Ketuban adalah membran yang membungkus fetus (janin). Sementara, air ketuban adalah cairan yang terdapat di dalam rongganya yang diliputi oleh selaput janin. Air ketuban berwarna putih, agak keruh, serta mempunyai bau agak amis dan manis.

Air ketuban terdiri atas 98% air, sisanya terdiri atas garam anorganik serta bahan organik dan bila diteliti benar, terdapat rambut lanugo (rambut halus berasal dari bayi), sel-sel epitel, dan verniks kaseosa (lemak yang meliputi kulit bayi). Fungsi air ketuban antara lain untuk menjaga janin dari benturan.

Air ketuban akan muncul setelah kantung ketuban terbentuk. Kantung ketuban akan terbentuk ketika pembuahan telah terjadi selama 12 hari. Pada awalnya, air ketuban berasal dari cairan tubuh sang ibu. Ketika usia kandungan telah mencapai sekitar 20 minggu, air ketuban akan didominasi oleh urine yang diproduksi oleh janin.

Dalam artikel kali ini, akan dibahas secara lengkap mengenai pengertian beserta fungsi air ketuban pada janin yang wajib diketahui oleh ibu hamil.

Baca Selanjutnya: Mengenal Tentang Air Ketuban...

Halaman

(mdk/edl)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami