Imbas Corona Bikin Stok Darah Menipis, Begini Cara Donor Darah yang Aman Dilakukan

Imbas Corona Bikin Stok Darah Menipis, Begini Cara Donor Darah yang Aman Dilakukan
JATIM | 8 April 2020 10:59 Reporter : Rakha Fahreza Widyananda

Merdeka.com - Wabah corona atau Covid-19 yang masih merebak sejak awal Maret lalu, dan mengubah kehidupan masyarakat Indonesia. Roda perekonomian melambat, aktivitas warga juga terhambat seiring dengan diterapkannya social distancing atau physical distancing guna memutus mata rantai penularan virus tersebut.

Contohnya adalah Palang Merah Indoneia atau PMI saat ini juga terkena imbas Covid-19 ini. Lembaga yang bertugas untuk mengumpulkan darah tersebut telah mengungkapkan bahwa stoknya menurun drastis setelah adanya social distancing. Stok darah di sejumlah daerah telah berada di ambang batas kekhawatiran seiring persediaan yang kian menipis.

"Stok darah PMI memang menurun, apalagi persis awal-awal pemberitahuan adanya social distancing. Kantor-kantor dan segala macamnya tutup. Nah itu, kita menurun sampai 50 persen. Tapi sekarang sudah lebih tertata, jadi kalau pun ada kekurangan, pastilah masih karena belum ada perubahan social distancing-nya," kata Ketua Bidang Unit Transfusi Darah Pusat PMI, Linda Lukita Waseso saat dihubungi oleh pihak Liputan6.com, pada Senin (6/4/2020).

Dia bersyukur, saat ini sudah banyak gerakan-gerakan dan komunitas, baik TNI dan Polri yang bersedia mendonorkan darah. Selain itu, ASN juga turut berpartisipasi meskipun libur tetap memberikan rasa peduli dengan tergerak untuk mendonorkan darah.

"Itu di rumahnya bisa mengumpulkan 10 orang dengan protokol yang sudah dibuat oleh kita, bahwa harus ada jarak, harus pakai masker, ruangannya harus didisinfektan dan yang lainnya. Seperti itu. Kita sudah ada protokolnya," ujar Linda.

Untuk itu, bagaimana protokol donor darah yang aman dilakukan pada saat masa pandemi corona seperti saat ini? berikut kami telah rangkum dan dilansir dari Liputan6.com

Baca Selanjutnya: Protokol Donor Darah Saat Corona...

Halaman

(mdk/raf)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami